Menakutkan, ternyata kosmetik lokal Indonesia ini tak lulus BPOM dan bisa menyebabkan kanker. Walaupun belakangan banyak kosmetik lokal bagus yang bermunculan, ternyata ada beberapa yang tersandung BPOM dan dinilai tak layak untuk digunakan. Padahal salah satu merek kosmetik lokal ini terkenal sering meng-endorse selebritas dan beauty blogger ternama di Indonesia.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan produk kosmetik ilegal senilai Rp 112 miliar sepanjang tahun 2018 ini. Jenisnya pun beragam mulai dari lipstik, pensil alis, hingga eyeshadow. Produk-produk tersebut umumnya beredar melalui jalur yang tidak seharusnya, dipalsukan, atau mengandung bahan berbahaya. Sebanyak 6 kosmetik berbahaya bahkan dipasarkan di jalur resmi dan memiliki nomor notifikasi.

Iklannya Dibintangi Kimberly Ryder

Dipakai Seleb, Ternyata Kosmetik Lokal Ini Bisa Menyebabkan Kanker!instagram.com

4 Produk yang disita oleh BPOM agar dihentikan penjualannya adalah QL Matte Lipstick 07 (Sunset Orange), QL Matte Lipstick 08 (Flaming Red), QL Matte Lipstick 09 (Pretty Peach), dan QL Matte Lipstick 10 (Lady in Red).

Pernah Endorse Marion Jola

Dipakai Seleb, Ternyata Kosmetik Lokal Ini Bisa Menyebabkan Kanker!instagram.com

Produk lipstik tersebut disebutkan oleh BPOM mengandung bahan merah K3, yaitu bahan pewarna yang seharusnya untuk tekstil. Bahan-bahan tersebut bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker), keratogenik (menyebabkan kelainan pada janin), dan iritasi kulit.

Digunakan oleh Gracia Indri

Dipakai Seleb, Ternyata Kosmetik Lokal Ini Bisa Menyebabkan Kanker!instagram.com

Walaupun bukan produk yang ditarik dan dihentikan oleh BPOM, selebriti seperti Gracia Indri juga pernah terlihat di Instagram mempromosikan merek kosmetik ini. Memang betul, merek kosmetik satu ini sudah cukup dikenal di kalangan beauty enthusiast Indonesia.

Perhatikan Kosmetik yang Kamu Gunakan, Bela!

Dipakai Seleb, Ternyata Kosmetik Lokal Ini Bisa Menyebabkan Kanker!instagram.com

Cukup mengejutkan bahwa merek kosmetik yang banyak dipromosikan oleh selebritas dan influencer ini ternyata mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan dan kehidupan kita. Hal ini tentunya patut jadi perhatian setiap kali kita hendak membeli atau menggunakan kosmetik, agar lebih peduli terhadap kandungan yang ada di dalamnya.

Always be mindful and careful on what products you choose to apply on your skin, Bela!

Baca Juga: #IAMREAL: Modal Nekat Dinar Amanda Bikin Lipstik Lokal Jadi Berkelas