Memilih produk makeup yang sesuai memang tidak mudah. Dibutuhkan trial and error sampai kita menemukan yang benar-benar cocok dengan kulit wajah kita. Tapi nggak jarang kita membeli produk dan tidak sadar kalau sebenarnya produk tersebut kurang sesuai dengan keadaan wajah dan kita tetap menyimpannya, bahkan terus-terusan memakainya. Seperti apa sih memang tandanya? Simak di bawah ini!

1. Warna foundation tidak menyatu dengan kulit

6 Tanda Kalau Kamu Harus Segera Mengganti Produk Makeup-muaol.com

Foundation-mu memberi efek gelap pada bagian rahang? Atau justru warna kulit jadi abu-abu? Segera singkirkan dan ganti dengan yang baru yah, Bela! Ini adalah salah satu tanda kalau kamu menggunakan shade foundation yang salah. Ketika membeli yang baru, pastikan kamu mencobanya dulu di bagian rahang dan lihat perubahan warnanya setelah beberapa jam.

2. Maskara meninggalkan serbuk hitam

6 Tanda Kalau Kamu Harus Segera Mengganti Produk Makeup-mupopsugar.com

Maskara yang baik seharusnya dapat membuat bulu mata jadi terlihat lentik dan tebal. Selain itu, maskara yang bagus juga tidak meninggalkan bekas seperti serbuk hitam walaupun kamu memakainya seharian. Jika kamu mengalami hal ini, segera ganti maskaramu dengan yang waterproof!

3. Concealer tidak bekerja dengan baik

6 Tanda Kalau Kamu Harus Segera Mengganti Produk Makeup-muaol.com

Penggunaan concealer seharusnya dapat menutupi atau menyamarkan kekurangan pada wajah seperti lingkaran mata yang hitam, noda bekas jerawat, hingga noda kemerahan. Jika concealer milikmu tidak dapat melakukan hal ini, berarti saatnya kamu membeli yang baru. Coba intip rekomendasinya dari Popbela berikut ini deh!

4. Eyeliner mudah luntur

6 Tanda Kalau Kamu Harus Segera Mengganti Produk Makeup-mubeautyheaven.com

Pengaplikasian eyeliner dapat membuat mata terlihat lebih besar dan hidup. Namun, nggak jarang eyeliner yang kita pakai mudah luntur atau mulai berubah warna setelah beberapa jam pemakaian. Untuk mengatasinya, coba ganti produkmu dengan yang berbentuk spidol karena akan lebih tahan lama. Lalu, jika biasanya kamu menggunakan warna hitam, nggak ada salahnya mencoba warna lain seperti coklat atau nude yang akan memberi efek mata yang lebih segar.

5. Foundation tidak memberi coverage yang baik

6 Tanda Kalau Kamu Harus Segera Mengganti Produk Makeup-mupinterest.com

Salah satu kegunaan foundation adalah untuk memberi warna pada kulit wajah. Jika produk yang biasa kamu pakai tidak dapat melakukan hal ini, ini saatnya beralih ke foundation lain. Saat membeli, pastikan kamu mengetahui skintone-mu agar tidak salah pilih shade yah! Jangan lupa juga sesuaikan formulanya dengan jenis kulit.

6. Lipstik membuat bibir kering

6 Tanda Kalau Kamu Harus Segera Mengganti Produk Makeup-muvierge.com

Lipstik merupakan salah satu senjata andalan para perempuan untuk mendapatkan penampilan yang menarik. Tapi nggak jarang beberapa lipstik membuat bibir menjadi kering ketika dipakai seharian. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mengeksfoliasi bibir, menggunakan lip balm, dan gunakan lipstik dengan formula yang dapat melembapkan.

Itu tadi enam tanda kalau kamu harus segera mengganti produk makeup-mu. Jika mengalami satu atau lebih dari tanda-tanda di atas, segera beli yang baru yah!

BACA JUGA: Hasil Makeup Nggak Sesuai Ekspetasi? Mungkin Kamu Melakukan 7 Hal Ini​