Makeup tanpa menggunakan brush rasanya kurang lengkap yah, Bela. Tapi, kamu sadar nggak, jika menggunakan brush terus-menerus tanpa pernah dibersihkan justru akan menjadikan brush menjadi rumah baru untuk kuman dan bakteri. Jika kamu menggunakan brush tersebut mukamu bisa mengalami break out atau yang lebih parah terkena alergi. Jadi, alangkah baiknya jika kamu membersihkan brush secara rutin. Intip cara mudahnya di bawah ini!

Yuk, Intip 5 Cara Mudah Membersihkan Brush dengan Benar!

Sabun cair atau sabun cuci piring bisa menjadi pilihan buat kamu dalam membersihkan brush. Kamu hanya perlu mencampurkan sedikit sabun cuci piring dengan air di dalam gelas atau mangkuk, lalu masukkan brush ke dalam wadah tersebut dan rendam selama kurang lebih 15 menit. Setelahnya, aduk campuran air dan sabun dengan brush tersebut agar semua kotoran dan sisa produk makeup yang menempel keluar. Bilas dengan air bersih dan tepuk lembut menggunakan tisu dan biarkan mengering sendiri agar brush tidak mengembang.

Yuk, Intip 5 Cara Mudah Membersihkan Brush dengan Benar!

Cara lain yang bisa kamu lakukan jika ingin membersihkan brush adalah dengan menggunakan silicone mat. Yang perlu kamu lakukan sangat mudah. Beri sedikit sabun di silicone mat, basahi brush, lalu gosokkan brush ke silicone tersebut hingga kuasmu bersih kembali. Mudah, kan? Silicone mat ini bisa kamu dapatkan di toko kecantikan, kok.

Yuk, Intip 5 Cara Mudah Membersihkan Brush dengan Benar!

Kuasmu juga bisa dibersihkan dengan menggunakan sampo bayi lho. Sampo bayi yang memiliki formula lembut tidak akan membuat brushmu jadi kasar setelah dibersihkan.

Yuk, Intip 5 Cara Mudah Membersihkan Brush dengan Benar!

Jika kamu menggunakan cleansing balm untuk membersihkan mukamu, mulai sekarang kamu juga bisa menggunakannya untuk membuat brushmu menjadi bersih.

Yuk, Intip 5 Cara Mudah Membersihkan Brush dengan Benar!

Jika kamu ingin cara canggih untuk memberesihkan peralatan makeup mu, maka kamu bisa membeli brush cleaning machine. Barang yang bentuknya mirip telur ini bisa membersihkan lebih dari 3 brush sekaligus. Kamu hanya perlu memasukkan brush yang ingin dibersihkan, lalu masukkan sabun khusus yang kamu dapat ketika membeli mesin dan tinggal tekan tombol yang tersedia. Praktis ya?

Yuk, segera bersihkan kuasmu!

BACA JUGA: Brush Set Lengkap dan Praktis dengan Harga Terjangkau