Hasil makeup sering nggak sesuai ekspetasi? Mungkin kamu salah memilih warna lipstik. Simak 5 cara memilih warna lipstik yang tepat sesuai warna kulit di bawah ini.

1. Mengenal skin tone

5 Cara Memilih Lipstik yang Tepat Untukmu Biar Nggak Menyesal!Pinterest.com

Langkah awal untuk membeli lipstik yang tepat adalah dengan mengenal skintone yang kamu miliki. Misalnya pemilik kulit terang lebih cocok dengan warna lipstik light pink, coral, peach, dan nude. Sedangkan, pemilik kulit sawo matang lebih cocok menggunakan warna merah terang atau pink gelap.

2. Mengetahui undertone 

5 Cara Memilih Lipstik yang Tepat Untukmu Biar Nggak Menyesal!WitKonijn.net

Selain mengenal skin tone, kamu juga perlu mengetahui undertone skin yang dimiliki. Ingin tahu bedanya? Skin tone merupakan warna kulit yang langsung terlihat oleh mata, sedangkan undertone harus dilihat dari warna pembuluh darah di pergelangan tangan atau perhiasan. Jika warna pembuluh darah di pergelangan tanganmu cenderung hijau, maka undertone-mu adalah warm. Jika warnanya didominasi ungu dan biru, berarti undertone-mu adalah cool. Namun, jika sulit dibedakan, kemungkinan kamu memiliki undertone neutral.

3. Bentuk bibir

5 Cara Memilih Lipstik yang Tepat Untukmu Biar Nggak Menyesal!laqaandco.com

Pemilik bibir tipis sebaiknya menghindari warna-warna gelap karena akan membuatnya terlihat lebih kecil. Sedangkan, pemilik bibir tebal, hindari memilih warna yang terlalu terang dan bertekstur glossy atau glittery.

4. Warna rambut

5 Cara Memilih Lipstik yang Tepat Untukmu Biar Nggak Menyesal!eacoedoyo.com

Perhatikan pula warna rambutmu. Pemilik rambut gelap cocok menggunakan warna lipstik bernuansa cokelat, plum atau pink. Sedangkan pemilik rambut terang sebaiknya pilih warna lipstik yang sedikit gelap dan hangat.

5. Warna gigi

5 Cara Memilih Lipstik yang Tepat Untukmu Biar Nggak Menyesal!arrowheaddental.com

Jika memiliki warna gigi yang putih, kamu bisa menggunakan warna apapun. Namun, jika warna gigimu sedikit kekuningan hindari warna yang terlalu terang seperti pink. 

 

BACA JUGA: Biar Nggak Salah Pilih, Ini Tips Memilih Lipstik Nude Sesuai Warna Kulit