Banyak orang yang beralih pada produk yang lebih ramah lingkungan. Salah satunya adalah penggunaan reusable cotton pad atau kapas yang bisa dicuci.

Penggunaan kapas untuk kebutuhan kecantikan memang cukup banyak. Maka dari itu, jika menggunakan reusable cotton pad akan sangat mengurangi sampah. Kamu tertarik mencobanya? Ketahui dulu hal-hal berikut ya.

1. Apa itu reusable cotton pad

Hal yang Harus Kamu Ketahui Jika Ingin Menggunakan Reusable Cotton Padbiossance

Reusable cotton pad merupakan alat subtitusi dari kapas. Jika kamu biasanya memakai kapas untuk membersihkan wajah dan mengaplikasikan skincare, produk ini memiliki fungsi yang sama. Perbedaannya adalah reusable cotton pad terbuat dari kain sehingga bisa dicuci dan digunakan berulang kali.

2. Bahan pembuatan

Hal yang Harus Kamu Ketahui Jika Ingin Menggunakan Reusable Cotton PadGlowrecipe

Kapas yang bisa dipakai beberapa kali ini terbuat dari kain. Biasanya kapas ini dibuat katun atau pun bambu. Tingkat kehalusan permukaan dan penyerapan cairan bisa bergantung pada bahan pembuatannya. Reusable cotton pad dengan kandungan bambu biasanya lebih mudah menyerap skincare kamu.

3. Alasan ganti dari kapas biasa

Hal yang Harus Kamu Ketahui Jika Ingin Menggunakan Reusable Cotton PadGettyimages

Reusable cotton pad tentunya menghasilkan sampah yang lebih sedikit dari kapas biasa. Jika biasanya kamu menggunakan 4 kapas dalam sehari, berarti dalam satu minggu kamu menghasilkan 120 sampah kapas. Sedangkan dengan reusable cotton pad kamu hanya perlu mencucinya. Selain lebih ramah lingkungan, benda ini juga bisa membuat kamu lebih hemat dalam jangka panjang. Kamu tak perlu lagi membeli kapas setiap minggu atau setiap bulan.

4. Tips memakai reusable cotton pad

Hal yang Harus Kamu Ketahui Jika Ingin Menggunakan Reusable Cotton Padglowrecipe

Kamu bisa langsung mencuci reusable cotton pad setelah membersihkan makeup, hal ini dilakukan agar noda yang menempel lebih mudah hilang. Namun jika kamu malas melakukan itu, kamu bisa menggunakan kantung dan masukkan ke dalam mesin cuci.

Reusable cotton pad memiliki daya serap yang berbeda, beberapa produk tidak menerap skincare secepat kapas biasa. Untuk itu, kamu bisa menuang skincare sedikit demi sedikit agar produk terserap dahulu dan tidak tumpah.

5. Kelebihan dan kekurangan reusable cotton pad

Hal yang Harus Kamu Ketahui Jika Ingin Menggunakan Reusable Cotton Padekoroo

Kamu masih bingung apakah harus berpaling pada reusable cotton pad atau bertahan dengan kapas biasa? Mari kita buat daftar kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan reusable cotton pad:

  • Lebih ramah lingkungan
  • Lebih ekonomis
  • Dapat digunakan berulang kali
  • Kekurangan reusable cotton pad:
  • Butuh waktu ekstra untuk membersihkannya
  • Beberapa produk sulit menyerap skincare

Nah, itulah hal-hal yang bisa jadi pertimbangan dan harus kamu ketahui sebelum menggunakan reusable cotton pad.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui tentang Bahan Polycotton

Baca Juga: Meski Terlihat Sepele, Inilah 12 Kegunaan Lain Cotton Buds