Selain jerawat, salah satu masalah kulit yang sulit untuk disamarkan adalah kemerahan. Entah karena bekas jerawat yang nggak memudar, reaksi alergi pada suatu bahan, atau karena gangguan kulit seperti rosacea, kesemuanya membutuhkan trik makeup tingkat tinggi agar kemerahan dapat tertutupi dengan baik. Sebab terkadang, produk makeup hanya bertahan beberapa jam sehingga pada pertengahan hari, kemerahan itu kembali terlihat dan membuat warna kulit jadi nggak merata.

Apa kamu mengalami masalah yang sama, Bela? Melansir dari Self, Makeup Artist Patrick Eichler berbagi tips dan trik untuk menyamarkan kemerahan di wajah. Dia pun mengaplikasikan trik ini pada perempuan dengan keluhan rosacea dan hasilnya terlihat natural sehingga bisa digunakan sebagai riasan sehari-hari! Jadi, apa saja langkahnya?

1. Gunakan primer yang bersifat color-correcting

Ini 5 Tips Makeup yang Dapat Menyamarkan Kemerahan pada Wajahmillicentlambert.com

Langkah pertama adalah mengaplikasikan primer yang bersifat color-correcting. Dari semua warna, Eichler mengatakan kalau primer hijau adalah pilihan terbaik untuk menyamarkan kemerahan karena keduanya bersifat komplementer atau saling melengkapi dalam roda warna. Takut wajah terlihat kehijauan? Jangan khawatir, Bela. Warna itu akan menyatu dengan kulit ketika kamu mengaplikasikannya. Namun, tetap menyamarkan masalah kulitmu.

2. Aplikasikan color corrector untuk daya tutup ekstra

Ini 5 Tips Makeup yang Dapat Menyamarkan Kemerahan pada Wajah

Eichler mengingat kalau banyak kliennya memiliki kemerahan di sekitar pipi, tepat di bagian tengah pipi. Jika membutuhkan daya tutup ekstra,  MUA yang juga bekerja sebagai Make Up For Ever Executive Director of Education and Artistry ini menyarankanmu untuk menggunakan color corrector warna hijau pada area itu. Langkah ini dapat menutupi kemerahan yang terlihat jelas di atas kulitmu.

3. Tutupi dengan concealer yang full-coverage

Ini 5 Tips Makeup yang Dapat Menyamarkan Kemerahan pada Wajahtabatatimes.com

Setelah menggunakan color-correcting primer dan color corrector, Eichler kemudian mengaplikasikan concealer di area kemerahan yang ingin kamu tutupi. Langkah ini untuk menyamarkan rona hijau dari produk-produk yang kamu gunakan sebelumnya. Eichler menggunakan full-coverage concealer untuk hasil menutupi yang maksimal. Ia pun mengaplikasikan concealer di beberapa bagian wajah yang mudah kemerahan, seperti di sekitar alis dan dagu.

4. Set dengan powder foundation

Ini 5 Tips Makeup yang Dapat Menyamarkan Kemerahan pada Wajahyoutube.com

Baurkan concealer dan aplikasikan powder foundation di seluruh wajah sebagai langkah akhir. Eichler memilih foundation tipe bedak atau bubuk untuk menutupi kemerahan karena memberikan daya tutup yang lebih ringan. Kombinasi concealer dan bedak akan memberikan daya tutup maksimal di area yang membutuhkan, namun tetap ringan di bagian wajah yang lain

5. Alternatif lain, gunakan cream foundation

Ini 5 Tips Makeup yang Dapat Menyamarkan Kemerahan pada Wajahbustle.com

Langkah akhir dengan powder foundation cocok untuk riasan sehari-hari. Namun jika ingin hasil akhir full-coverage di seluruh wajah untuk riasan di kesempatan tertentu, seperti acara pesta, kamu dapat mengaplikasikan foundation cream. Baurkan ke seluruh wajah, kemudian set dengan bedak agar riasan tahan lama sepanjang hari.

Kamu nggak perlu menutupi kemerahan di wajahmu jika nggak ingin melakukannya, kok. Misalnya karena dokter melarang, atau karena kamu merasa percaya diri sehingga nggak perlu menyamarkannya. Namun ketika membutuhkan langkah tepat untuk menyamarkannya pada saat tertentu, tips ini bisa kamu coba!

BACA JUGA: Ini Fungsi dari Warna Color Corrector yang Perlu Kamu Tahu​