Concealer jadi teman terbaik ketika kamu berhadapan dengan masalah-masalah wajah yang perlu disamarkan, seperti jerawat dan kantung mata hitam. Juga, concealer sangat membantu untuk meng-highlight beberapa area wajah, seperti pada bagian tengah wajah dan bawah mata. Namun terkadang, hasil concealer yang sudah dibaurkan pada wajah terlihat kurang cocok dengan makeup lain atau malah mengganggu penampilanmu. Padahal, kamu sudah menggunakan produk berkualitas terbaik dengan teknik mengaplikasikan yang benar. Mengapa, ya?

Melansir dari Glamour, mungkin ada beberapa kesalahan ini yang kamu lakukan dengan concealer-mu, Bela.

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Mengaplikasikan Concealer

Perlu diketahui kalau satu concealer nggak selalu bekerja sama pada setiap masalah yang ingin kamu samarkan. Teknik mengaplikasikan concealer dan foundation untuk menyembunyikan jerawat akan berbeda dengan untuk menyamarkan noda hitam, misalnya. Begitu pun dengan formula dari produk itu sendiri.

Concealer dengan daya tutup yang maksimal cocok untuk menyembunyikan noda hitam dan jerawat. Sebab, formula itu dapat menutupi jerawat lebih tahan lama. Sedangkan concealer dengan konsistensi yang lebih lembab dan lebih cair bekerja dengan baik untuk menyamarkan kantung mata hitam. Ini karena kulit sekitar mata lebih sensitif dan lebih tipis. Pemakaian concealer yang lebih kental pada area mata justru akan masuk ke dalam garis halus.

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Mengaplikasikan Concealer

Mungkin kamu lebih suka mengenakan concealer di pagi hari ketika sedang terburu-buru atau ingin makeup secara praktis? Faktanya, ini dapat membuat penampilan wajah menjadi kurang natural. Beberapa Make Up Artist menyarankan untuk selalu mengaplikasikan foundation sebelum menggunakan concealer, sekalipun hanya satu lapisan tipis. 

Sebab dengan menggunakan foundation, artinya kamu telah sedikit menyamarkan noda di wajah, dan kamu mengurangi jumlah concealer yang perlu diaplikasikan setelahnya. Dengan begitu, makeup terlihat lebih natural dan wajah terlihat lebih segar. Kecuali jika memiliki banyak jerawat dan membutuhkan daya tutup yang maksimal, baru kamu dapat mengaplikasikan concealer pada wajah, kemudian melapisinya lagi dengan foundation.

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Mengaplikasikan Concealer

Jika lingkar hitam bawah mata menjadi masalah utama pada wajah, coba atasi dengan concealer dengan undertone peach. Untuk menyamarkan lingkar hitam ini, para Make Up Artist nggak menyarankanmu untuk mulai menutupinya dengan foundation atau concealer, melainkan dengan concealer atau corrector warna peach

Produk ini dapat membantu mengimbangi tone biru dari lingkar hitam matamu. Aplikasikan concealer atau corrector berwarna peach, kemudian aplikasikan foundation dan concealer di atasnya. Langkah ini memastikan kalau masalah wajahmu tersamarkan dengan baik.

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Mengaplikasikan Concealer

Jari tangan menjadi salah satu 'alat' untuk mengaplikasikan makeup, seperti concealer. Namun, nggak semua masalah kulit dapat tersamarkan dengan baik ketika kamu menggunakan jari untuk mengaplikasikan concealer.

Untuk menyamarkan lingkar hitam, kamu perlu mengaplikasikan concealer dengan spons makeup yang telah dibasahi sebelumnya. Teknik ini membantu menghaluskan concealer di atas kulit mata yang cenderung memiliki kerutan atau garis halus. Sedangkan untuk jerawat dan noda hitam, kamu perlu mengaplikasikan concealer dengan kuas atau makeup spons untuk daya tutup yang lebih maksimal.

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Mengaplikasikan Concealer

Kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan concealer adalah lupa melapisinya dengan bedak. Padahal, bedak membantu 'mengunci' concealer agar lebih tahan lama untuk menutupi jerawat maupun masalah kulit lainnya. Namun jika jerawatmu dalam kondisi kering, langkah melapisi dengan bedak ini bisa kamu lewati, Bela.

Kamu pun perlu mengaplikasikan bedak pada concealer di bawah mata. Namun, cukup aplikasikan pada bawah mata dan hindari area luar mata yang cenderung memiliki garis halus atau kerutan. Selain itu, pilih bedak yang bersifat translucent, mencerahkan, dan ringan di kulit.

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Mengaplikasikan Concealer

Coba amati tanggal kadaluarsa concealer yang kamu gunakan. Apa sudah masuk tanggal kadaluarsa atau masih jauh dari waktu yang ditentukan? Sebab, beberapa concealer yang telah kadaluarsa akan menunjukkan perubahan, seperti mulai menggelap atau kandungan produk yang terlihat memecah. Mungkin concealer yang kadaluarsa ini nggak memberikan efek samping begitu besar. Namun, teksturnya yang telah berubah dapat memengaruhi hasil akhir penampilanmu, Bela.

Concealer-mu terlihat kurang menyatu dengan makeup, atau terlihat lebih kering dari biasanya? Coba cek, mungkin kamu melakukan 1 dari 6 kesalahan di atas ini, Bela.

Baca Juga: Begini Cara yang Tepat dalam Mengaplikasikan Concealer di Bawah Mata