Mendapatkan panggilan interview atau wawancara kerja setelah lulus kuliah adalah suatu pengalaman yang paling ditunggu dan mendebarkan. Jika ingin memberikan pertemuan pertama yang berkesan, pastinya kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan sempurna. Mulai dari dokumen penting, pakaian terbaik, sampai makeup untuk wajah.

Makeup yang tepat dapat memberikan impresi baik di mata pewawancara. Dengan mengaplikasikan riasan yang sesuai, kita akan terlihat profesional sekaligus percaya diri di mata lawan bicara. Lalu, seperti apa sih, makeup yang sesuai untuk interview kerja? Dilansir dari The Muse, ini 7 tipsnya!

1. Shade complexion yang tepat

Biar Sukses Interview Kerja Coba 7 Tips Makeup Ini DehRegapo.info
 

Pastikan kamu memilih warna foundation dan bedak yang sama dengan rona kulit asli dan cocok dengan jenis kulit. Jika terdapat perbedaan warna antara leher dan wajah, tentu akan mengganggu perhatian si pewawancara saat berbincang denganmu. Kalau nggak terbiasa menggunakan foundation, bisa ganti dengan jenis produk lain yang lebih ringan dan coverage natural seperti CC atau BB Cream.

2. Concealer untuk menyamarkan kekurangan kulit

Biar Sukses Interview Kerja Coba 7 Tips Makeup Ini Dehwww.shefinds.com
 

Kalau terdapat masalah kulit seperti jerawat dan kantung mata hitam, jangan lupa menyamarkannya dengan concealer atau corrector. Dengan begitu, wajah terlihat flawless dan berseri saat berhadapan dengan pewawancara.

3. Sedikit blush untuk pipi

Biar Sukses Interview Kerja Coba 7 Tips Makeup Ini Dehpinterest.com
 

Meski jarang mengenakan perona pipi, nggak ada salahnya untuk menggunakannya pada makeup interview ini. Kamu bisa memilih warna natural seperti pinky-peach dalam jenis formula apa pun. Aplikasikan produk secara ringan pada pipi agar nggak terlihat menor. 

4. Warna eyeshadow yang netral

Biar Sukses Interview Kerja Coba 7 Tips Makeup Ini Dehwww.jamienelson.com
 

Warna yang terang atau mencolok dapat mengganggu perhatian pewawancara saat bertatap mata dengan kita. Jadi, pilih variasi warna netral yang matte untuk tampilan profesional. Sebagai contoh, Bela bisa menggunakan warna champagne atau bone pada seluruh kelopak mata, kemudian soft brown atau soft taupe pada crease, dan warna coklat atau abu-abu yang lebih gelap untuk bagian luar mata.

5. Hindari eyeliner bertekstur cair

Biar Sukses Interview Kerja Coba 7 Tips Makeup Ini Dehpinterest.com
 

Untuk interview kerja, hindari eyeliner jenis liquid karena dapat menunjukkan hasil garis yang kasar dan terlihat kurang elegan. Sebaliknya, gunakan eyeliner pensil atau crayon agar bisa dibaurkan untuk memperlihatkan kesan yang lembut. Pilih warna cokelat atau abu-abu sehingga dapat memberikan efek mata yang tegas namun tetap terlihat natural.

6. Maskara yang tahan lama

Biar Sukses Interview Kerja Coba 7 Tips Makeup Ini Dehwww.jamienelson.com
 

Pastikan Bela memilih jenis maskara yang smudge-free dan tahan lama sehingga bulu mata lentik seharian. Caranya, singkirkan kelebihan produk pada sikat maskara sebelum menyikatkannya pada bulu mata. Aplikasikan mulai dari akar hingga ke atas, dan tunggu sampai benar-benar kering sebelum lanjut mengaplikasikannya pada bulu mata bagian bawah.

7. Lipstik berwarna natural

Biar Sukses Interview Kerja Coba 7 Tips Makeup Ini Dehwww.jamienelson.com
 

Terakhir, pulaskan lipstik yang menyerupai warna asli bibir kita, seperti nude dengan tone pink, cokelat, atau coral. Namun, jangan sampai mengenakan warna lipstik yang terlalu muda karena akan membuat wajah terlihat pucat.

Itulah tips makeup agar terlihat profesional saat interview kerja. Dengan riasan yang tepat, kita dapat menciptakan kesan baik sehingga pewawancara dapat mempertimbangkan lamaran kerja kita. Good luck, Bela!

BACA JUGA: Ini yang Harus Kamu Pakai Kalau Mau Lolos Interview Kerja