Punya eyeshadow lama yang sudah terlihat menuju kedaluwarsa namun nggak habis-habis? Atau mungkin, punya eyeshadow yang masih terlihat baru namun jarang terpakai? Jangan khawatir dan kamu nggak perlu kebingungan cara menghabiskan eyeshadow itu. Sebab, kamu dapat menjadikannya sebagai kuteks buatan sendiri, loh!

Siapa sangka jika eyeshadow milikmu dapat kamu manfaatkan sebagai kutek atau DIY nail polish. Bagaimana cara membuatnya? Melansir dari Byrdie, ini langkah-langkah membuat kuteks dari eyeshadow!

1. Siapkan bahan dan peralatannya

Membuat Kuteks dari Eyeshadow Tak Terpakai, Ini CaranyaPexels.com/Cottonbro

Apa saja bahan dan peralatan yang kamu butuhkan untuk membuat kuteks? Ini daftarnya:

  • Eyeshadow (Pilih warna yang ingin kamu ubah menjadi kuteks, boleh dari palette lama atau yang jarang kamu pakai)
  • Kutek bening atau clear nail polish (Boleh base coat atau top coat)
  • Cuticle pusher
  • Paper funnel (opsional)

2. Keluarkan sedikit kuteks bening dari tempatnya

Membuat Kuteks dari Eyeshadow Tak Terpakai, Ini CaranyaPinterest.com/The Skincare Edit

Jika menggunakan kuteks bening yang baru saja kamu beli, tuangkan sedikit isinya agar ada ruang untuk memasukkan eyeshadow nanti. Namun jika menggunakan kuteks bening lama yang sudah beberapa kali terpakai, kamu dapat melewati langkah pertama ini. Sangat disarankan untuk menggunakan kutek bening yang menggunakan wadah transparan sehingga kamu dapat melihat isinya saat membuat kutek dengan eyeshadow nanti.

3. Hancurkan eyeshadow

Membuat Kuteks dari Eyeshadow Tak Terpakai, Ini CaranyaByrdie.com/Holly Rhue

Pilih warna eyeshadow yang ingin kamu jadikan sebagai kutek. Lalu, gunakan cuticle pusher untuk menghancurkan eyeshadow padat agar menjadi bubuk. Nggak perlu menggunakan tenaga berlebihan, cukup dorong cuticle pusher secara perlahan dan sedikit menekan. Hancurkan sampai eyeshadow berubah menjadi partikel bubuk halus. Jangan sampai tersisa bongkahan kecil, ya!

4. Tuangkan ke dalam kuteks bening

Membuat Kuteks dari Eyeshadow Tak Terpakai, Ini CaranyaByrdie.com/Holly Rhue

Jika sudah menjadi bubuk halus, tuangkan eyeshadow tersebut ke dalam wadah kutek bening yang telah kamu siapkan. Kamu bisa menggunakan paper funnel untuk memasukkan bubuk eyeshadow ke dalam wadah kutek yang umumnya memiliki leher botol kecil. Alternatif lainnya, kamu dapat menggunakan kertas kecil dan membentuknya seperti sekop mini untuk menuangkan bubuk ke dalam kutek. Jika ingin menghindari bubuk yang berantakan, kamu melakukannya di atas tisu atau koran sehingga mudah membersihkannya setelah selesai.

Kamu dapat menuangkan eyeshadow sebanyak yang diinginkan. Semakin banyak bubuknya, semakin nyata warna kutek tersebut.

5. Kocok kuteks hingga tercampur rata

Membuat Kuteks dari Eyeshadow Tak Terpakai, Ini CaranyaByrdie.com/Holly Rhue

Setelah selesai menuangkan bubuk eyeshadow, tutup botol kuteks dan kocok untuk mencampurkan cairan dan bubuk menjadi rata. Cukup mengocoknya sebentar, dan kutek buatanmu sendiri sudah jadi! Jika merasa warnanya kurang terang, kamu dapat menambahkan lagi bubuk eyeshadow ke dalam kutek.

Terlepas dari banyaknya pigmen yang kamu tambahkan ke dalam kutek, formula ini akan menjadi sedikit mencair dibandingkan kutek lain pada umumnya. Artinya, cairan kuteks akan lebih sulit untuk kamu atur saat mengaplikasikannya ke atas kuku. Namun, kamu dapat mengakalinya dengan membersihkan sisi kuku menggunakan cairan pembersih kutek maupun menggunakan teknik lainnya.

Mudah, bukan? Yuk, coba membuat kuteks sendiri menggunakan eyeshadow yang nggak terpakai di rak. Selamat mencoba, Bela!   

Baca Juga: Nggak Sulit, Ini Cara Bikin DIY Eyebrow Gel yang Bisa Kamu Ikuti