Jika anggapan sosial masa kini mengatakan tampilan memengaruhi kemenarikan seseorang, sebaliknya ada banyak penelitian ilmiah mengungkapkan jika kemenarikan diri nggak selalu berasal dari kecantikan fisik. Jadi, daya tarikmu nggak selalu berasal dari bentuk tubuh yang kamu miliki, keserasian baju yang kamu kenakan,  makeup yang kamu aplikasikan, gaya rambut atau hijab yang kamu kreasikan. Nggak, Bela. daya tarikmu datang dari dalam dirimu sendiri.

Melansir dari Byrdie, berbagai penelitian juga menemukan cara mudah untuk membuat diri sendiri merasa dan terihat lebih menarik. Bagaimana caranya?

1. Tersenyum saat bercermin

5 Cara Mudah Membuat Diri Sendiri Jadi Lebih Menarikdaniellebernock.com

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Cardiff di Wales pada tahun 2009, mereka menemukan kalau orang yang tersenyum akan merasa lebih bahagia. Lebih dari itu, seorang terapis hubungan bernama Shadeen Francis menjelaskan kalau otak manusia telah diprogram untuk menerjemahkan senyum sebagai salah satu tanda keramahan, mudah didekati, dan kemenarikan diri, bahkan ketika saat melihat bayangan diri sendiri tersenyum di cermin. Jadi, mulailah tersenyum, Bela!

2. Berbicara pada dirimu sendiri dengan lantang

5 Cara Mudah Membuat Diri Sendiri Jadi Lebih Menariknpr.com

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 oleh para ilmuwan dari University of Illinois menemukan kalau orang-orang dengan kepercayaan diri yang tinggi dan karier sukses, sering berbicara pada diri sendri dengan lantang sebelum melakukan acara besar. Sama seperti memberikan nasihat dan tips pada teman sebagai bentuk dukungan, anggap kamu sedang menyemangati dirimu sendiri ketika mood sedang meredup.

3. Mengenakan warna merah

5 Cara Mudah Membuat Diri Sendiri Jadi Lebih Menarikharpersbazaar.com

Ada banyak penelitian yang mengungkapkan pengaruh warna pada diri manusia. Salah satunya ditemukan oleh para peneliti dari University of Rochester. Mereka mengungkapkan jika merah menandakan gairah dan sensualitas. Warna yang mengesankan keberanian ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri sendiri, misalnya mengenakan lipstik merah pada bibir. Jika ingin mendapatkan tambahan kepercayaan diri, hiasi rumahmu dengan aksen merah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan semangatmu secara visual.

4. Berdiri tegak dan tinggi

5 Cara Mudah Membuat Diri Sendiri Jadi Lebih Menarikharpersbazaar.com

Meluruskan tulang belakang bukan sekadar gerakan yoga yang penuh manfaat sehat, loh. Penelitian yang dilakukan oleh Association of Psychological Science tahun 2010 silam menunjukkan, subjek yang duduktegak mengalami penurunan kortisol (senyawa yang menandakan ketakutan) dan merasa lebih bersemangat. Entah sedang memesan segelas kopi atau menuju ruang rapat, gunakan pose ini unutk mendapatkan lebih banyak pikiran positif.

5. Pikirkan saat-saat kamu merasa sangat percaya diri

5 Cara Mudah Membuat Diri Sendiri Jadi Lebih Menarikrefinery29.com

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Social Psychological menemukan kalau mengingat pengalaman saat merasa percaya diri memiliki efek yang dramatis pada cara menghasut orang lain. Jadi, memikirkan pengalaman saat kamu merasa dalam keadaan terbaik atau memiliki kepercayaan diri yang tinggi, membuatmu jadi lebih bersemangat. Kemudian, efek ini akan membuatmu jadi lebih persuasif di hadapan orang lain. 

Makeup, baju, gaya rambut maupun hijab, serta lainnya, hanya faktor pendukung yang menambah kemenarikan dirimu. Daya tarik sebenarnya berasal dari dalam dirimu sendiri, Bela. Coba 5 cara ini. Kamu akan melihat kalau dirimu sendiri jadi lebih percaya diri dan menarik di mata orang lain.

Baca Juga: 5 Gaya Makeup Fantasi a la Ini Vindy yang Unik dan Menarik