Setelah seharian menggunakan makeup, jangan pernah malas dan lupa untuk membersihkannya. Termasuk makeup mata. Salah satu produk makeup mata yang cukup sulit dan tricky ketika membersihkannya adalah maskara. Ada 2 jenis maskara yang tersedia di pasaran, yang waterproof dan non-waterproof. Terkadang, maskara non-waterproof lebih mudah hilang saat dipakai sehairan sehingga lebih mudah ketika dibersihkan. Dalam membersihkan maskara, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan lho, Bela. Simak artikel di bawah ini, yuk!

1. Gunakan cotton pad, bukan cotton ball

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membersihkan Maskarainnisfree.com

Ketika membersihkan maskara, pastikan kamu menggunakan cotton pad dan bukan cotton ball. Cotton pad tersedia dalam bentuk kotak dan lingkaran. Keduanya sama-sama efektif untuk membersihkan makeup mata. Lain halnya dengan cotton ball. Daya serap dan kemampuan yang dimiliki untuk membersihkan makeup antara cotton pad dan cotton ball cukup berbeda. Selain itu, jika kamu menggunakan cotton ball ketika membersihkan eye makeup, biasanya akan meninggalkan partikel-partikel atau serpihan-serpihan kapas pada mata yang cukup mengganggu.

2. Pilih eye makeup remover khusus

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membersihkan Maskarasephora.com

Remover yang diformulasikan khusus untuk membersihkan makeup mata terdiri dari dua komposisi yaitu air dan minyak. Tugas minyak adalah untuk mengangkat produk makeup mata seperti maskara, eyeliner, dan eyeshadow. Sedangkan air berfungsi untuk menghilangkan sensasi licin dan efek greasy yang ditimbulkan oleh minyak tadi. Makeup remover khusus mata dapat membersihkan makeup mata lebih baik daripada makeup remover untuk wajah yang biasanya hanya berbahan dasar air, tanpa minyak. Jangan lupa untuk mengocok remover sebelum dituangkan ke kapas agar air dan minyak dapat tercampur. 

3. Bersihkan dengan gerakan yang searah bulu mata

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membersihkan Maskarasimpleskincare.com

Agar mata tidak terkena banyak gesekan dengan kapas, bersihkan maskara langsung pada bulu mata. Caranya, gerakkan kapas yang sudah dibasahi oleh eye makeup remover sesuai arah tumbuhnya bulu mata. Tidak perlu terburu-buru dan menggosoknya teralu keras. Cukup dengan gerakan perlahan namun berulang hingga maskara benar-benar terangkat seluruhnya dari bulu mata. Menggesek bulu mata dengan kapas secara memutar atau horizontal hanya akan membuat maskara berpindah di antara bulu mata.

4. Tutup mata ketika membersihkan maskara

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membersihkan Maskaralorealparisusa.com

Ketika membersihkan makeup mata, ada kemungkinan partikel maskara bisa masuk ke dalam mata dan menyebabkan iritasi. Agar hal ini tidak terjadi, tutup mata ketika membersihkan maskara. Menutup mata ketika membersihkan maskara juga membantu untuk menjangkau seluruh area bulu mata. Jika ada partikel maskara yang tidak sengaja masuk ke dalam mata, segera basuh dengan air mengalir dan jangan dikucek. 

5. Gunakan eye cream setelah membersihkan maskara

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membersihkan Maskarawomenshealthmag.com

Membersihkan mata dengan eye makeup remover sekalipun dapat membuat kulit daerah mata kehilangan kelembapan alaminya. Akibatnya, kulit di daerah sekitar mata menjadi kering. Padahal kulit kering dapat memicu keriput dan menghilangkan kelenturan kulit. Untuk mengembalikan kelembapan alami kulit, oleskan eye cream pada kelopak dan bagian bawah mata. Gunakan dengan perlahan, jangan terlalu menekan, dan secara merata. 

 

 

Penulis: Filza Intan Mariezka

BACA JUGA: Jarang Bersihkan Maskara, Perempuan Ini Alami Hal Menyeramkan