Bagi perempuan, tak lengkap rasanya bila beraktivitas tanpa menggunakan makeup. Tak hanya mempercantik diri, menggunakan makeup juga bisa meningkatkan rasa percaya diri yang dimiliki. Tak jarang, sebagian orang rela menghabiskan koceknya untuk membeli sejumlah peralatan makeup. Dari yang harganya murah hingga harga yang bikin kantong menangis. 

Sayangnya, tidak semua jenis kulit wajah bisa diaplikasikan makeup dan bisa tahan dengan lama di wajah. Terutama untuk kalian pemilik kulit wajah yang cenderung kering. Pasalnya, meski kulit jenis ini sukar untuk dihinggapi jerawat, tetapi kurangnya produksi minyak di wajah membuatnya mudah mengalami penuaan dini. Selain itu, jenis kulit ini juga tak bisa diaplikasian sembarang jenis makeup karena tak bisa bertahan atau menempel dengan lama di wajah. 

Nah, berikut adalah 6 langkah untuk membuat makeup tahan lama meski wajah cenderung kering. Yuk, simak! 

1. Membersihkan wajah

6 Langkah Makeup Tahan Lama Pada Kulit Kering, Dijamin Ampuh! health.com

Salah satu kunci yang paling mudah untuk menjaga kecantikan adalah dengan membersihkan wajah. Di wajah kita, terdapat berbagai macam residu dan polutan, salah satu cara untuk membuatnya terangkat dengan cara yang lebih lembut dan mudah yaitu dengan membersihkannya. Membersihkan wajah juga membantu kulit kita untuk terhindar dari jerawat dan komedo. Terdapat dua cara dalam membersihkan wajah, dengan mencuci wajah menggunakan sabun ataupun dengan membersihkan menggunakan cleanser

2. Menggunakan pelembap

6 Langkah Makeup Tahan Lama Pada Kulit Kering, Dijamin Ampuh! coveteur.com

Untuk menjaga kecantikan salah satu caranya yaitu dengan mengaplikasikan pelembap di wajah. Tak hanya menutrisi kulit, pelembap juga berfungsi untuk mencegah timbulnya berbagai masalah kulit, menyamarkan noda di wajah, dan menjaga kulit wajah untuk tetap terhidrasi dengan baik. Untuk kalian yang memiliki kulit kering, tentunya pelembap sangat berguna untuk membuat kulit kalian lembap. Untuk hasil terbaik, aplikasikan pelembap terutama di bagian wajah yang kering ya! 

3. Mengaplikasikan primer

6 Langkah Makeup Tahan Lama Pada Kulit Kering, Dijamin Ampuh! millicentlambert.com

Salah satu kunci supaya hasil makeup terlihat sempurna, yaitu dengan mengaplikasikan primer. Primer dapat membuat makeup kita lebih menyatu dengan kulit wajah dan mencegah cakey. Jadi, meski sudah menggunakan pelembap, jangan lupa untuk tetap menggunakan primer ya! 

4. Menggunakan foundation cair/krim

6 Langkah Makeup Tahan Lama Pada Kulit Kering, Dijamin Ampuh! alluringphoenix.com

Foundation atau yang bisa disebut dengan alas bedak merupakan salah satu jenis makeup yang dapat membuat wajah lebih mulus. Foundation memiliki beberapa fungsi seperti menyamarkan noda dan garis halus pada wajah, meratakan warna kulit, dan membuat makeup yang diaplikasikan tahan lama. Untuk hasil terbaik gunakan foundation dalam bentur cair atau memiliki tekstur krim, hal ini karena foundation jenis ini memiliki kandungan minyak yang dapat membuat wajahmu lebih lembap. 

5. Lip balm

6 Langkah Makeup Tahan Lama Pada Kulit Kering, Dijamin Ampuh! goodhousekeeping.com

Memiliki bibir pecah-pecah seringkali membuat rasa percaya diri kita turun dan menimbulkan rasa tak nyaman ketika berhadapan atau bertemu dengan orang lain. Tak hanya kulit, bibirpun juga wajib dijaga kelembapannya. Salah satu caranya dengan mengoleskan lip balm di bibir. Lip balm merupakan salah satu jenis makeup yang tepat untuk menjaga kelembapan bibir, selain itu lip balm juga membuat bibir kita tak terlihat pecah-pecah ketika memakai lipstik dengan warna nude. Tentunya memiliki bibir yang sehat dan cerah bisa membuat penampilan kita menjadi terlihat segar, cantik dan percaya diri.  

6. Menyemprotkan setting spray

6 Langkah Makeup Tahan Lama Pada Kulit Kering, Dijamin Ampuh! pinterest.com

Paparan sinar matahari dan tingginya aktivitas yang kita gunakan, seringkali membuat makeup tidak bertahan lama dan terlihat cakey ketika berkeringat. Salah satu langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk membuat makeup dapat bertahan lebih lama yaitu dengan menyemprotkan setting spray ke seluruh area wajah. Setting spray berfungsi untuk menjaga agar makeup kalian tidak mudah bergeser, tahan lama dan tidak mudah luntur. Dan juga memberikan efek glowing pada wajah kalian. 

Nah, itulah 6 langkah mudah untuk membuat makeup tahan lama pada kulit kering. Yuk, coba dan buktikan! 

Baca Juga: 5 Kesalahan Makeup yang Bikin Riasanmu Cepat Luntur