Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 7 Akibat Kalau Kamu Nggak Menghapus Makeup Sebelum Tidur 

Jangan sampai kamu melakukannya ya

Bernadette Celine

Setelah lelah beraktivitas seharian, membersihkan makeup bisa jadi malas kamu lakukan. Seberapa lelahnya kita, jangan sampai kamu lupa menghapus makeup-mu ya, Bela. Memang hal sepele, tapi dampaknya sangat besar bagi wajah kamu sekarang dan ke depannya lho. Nggak mau kan kalau kulit wajah kita jadi nggak sehat? Yuk, simak beberapa akibat di bawah ini kalau kamu nggak menghapus makeup-mu sebelum tidur.

1. Kulit menjadi kering

Skinbeautytips.net

Lupa atau kebiasaan nggak membersihkan makeup sebelum tidur dapat membuat kulit wajahmu kering lho. Hal ini dapat menyebabkan tekstur permukaan kulitmu lebih memburuk 10 persen. Nggak hanya lapisan kulit saja yang kering, lapisan make up yang masih menempel pada wajah juga dapat menghalangi regenerasi kulit sehingga berdampak buruk bagi pernapasan kulitmu.

2. Merusak sel kulit wajah

Pinterest.com

Kesalahan sepele seperti lupa membersihkan makeup juga dapat membuat rusaknya sel kulit pada kulit wajahmu. Karena kandungan bahan kimia yang terdapat di makeup bisa berdampak langsung ke jaringan dan sel kulit wajah. Hal ini bisa menyebabkan penuaan dini, bahkan kanker kulit. Wah nggak mau kan, Bela?

3. Menimbulkan komedo

Pinterest.com

Mungkin terdengar biasa jika komedo ada di kulit wajah kamu. Tentu kamu nggak mau kan kalau komedo di wajahmu bertambah banyak? Makeup bisa menimbulkan bintik-bintik hitam atau komedo jika kamu terlalu lama menggunakannya. Untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkan wajah dengan menggunakan scrub secara rutin 2-3 kali seminggu.

4. Munculnya jerawat dan bakteri pada wajah

Remediesforme.com

Hal ini sudah nggak aneh kalau kamu lupa menghapus makeup-mu. Produk-produk yang menempel pada wajah sepanjang malam akan bercampur dengan sel kulit mati, kotoran, minyak, dan debu yang berasal dari aktivitasmu seharian sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Jangan lupa juga untuk membersihkan makeup sebelum tidur dengan melakukan deep cleansing untuk merawat kulit wajahmu lebih maksimal.

5. Infeksi mata

Pinterest.com

Nggak hanya muka saja, area matamu juga bisa terkena dampaknya bila kamu nggak membersihkan makeup. Produk-produk seperti eyeshadow, eyeliner, dan maskara yang kamu gunakan sehaian sangat berbahaya untuk kondisi matamu, karena mata merupakan salah satu bagian tubuh yang mudah teriritasi. Nggak hanya itu, bulu matamu juga bisa rontok akibat maskara atau lem bulu mata yang kamu gunakan.

6. Penuaan dini

Pinterest.com

Perempuan mana yang nggak mengeluh dengan kulit yang semakin hari semakin menua. Jika kamu malas menghapus makeup, dampak penuaan dini pada kulit wajahmu semakin cepat karena makeup menutup kulit wajahmu dan membuatnya nggak bernapas,. Jangan kaget kalau garis-garis halus mulai bermunculan ya.

7. Merusak kesehatan bibir

hairmadnessalon.com

Selain mata, bagian wajahmu yang nggak sehat adalah bibir. Terlalu lama menggunakan lipstik juga nggak baik untuk kesehatan bibirmu. Pasalnya lipstik mengandung bahan-bahan kimia yang dapat membuat bibirmu kering dan mengelupas. Kamu dapat menggunakan scrub bibir jika menggunakan produk lipstik terlalu lama. Jangan lupa aplikasikan lip balm setelahnya ya.

Nah, itu dia akibat yang bisa terjadi bila kamu lupa atau malas menghapus makeup. Nggak mau itu terjadi pada dirimu kan? Ayo jangan malas untuk membersihkan makeup, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Make Up