Selain cantik dan memiliki kulit yang putih dan mulus, para perempuan Jepang juga terkenal dengan tubuh langsing dan awet muda. Eits, jangan salah paham dulu. Kecantikan fisik yang mereka punya tak serta merta hanya karena faktor keturunan yang diwarisi dari nenek moyang mereka lho. Tapi juga karena gaya hidup dan kebiasaan yang sudah terbangun sejak dulu. Apa aja sih kebiasaan mereka itu? Yuk simak rahasianya!

1. Makan dalam porsi yang kecil

Ternyata, Ini Rahasia Langsing dan Awet Muda Para Perempuan Jepang theculturetrip.com/Leopold von Ungern /Alamy Stock Photo

Makan dalam porsi kecil  jadi rahasia kenapa perempuan Jepang punya badan langsing dan sehat. Mereka biasanya menggunakan wadah yang lebih kecil saat makan, sehingga mereka bisa mengontrol porsi makanannya. Mereka juga sangat mengutamakan nutrisi tubuh daripada porsi atau jumlah makanan yang mereka santap lho!

2. Rutin ke pemandian air panas

Ternyata, Ini Rahasia Langsing dan Awet Muda Para Perempuan Jepang marriottraveller.com

Berendam di air panas bisa menurunkan kadar stres dalam tubuh sehingga tubuh lebih rileks dan aliran darah lebih lancar. Oleh karena itu, banyak orang Jepang rutin mandi air panas sehingga mereka terlihat awet muda. Oh ya, berendam di permandian air panas juga dipercaya bisa menurunkan berat badan lho.

3. Makanan laut jadi favorit

Ternyata, Ini Rahasia Langsing dan Awet Muda Para Perempuan Jepang japanesecooking101.com

Dibandingkan daging, para perempuan Jepang lebih suka mengonsumsi makanan laut seperti ikan-ikanan sebagai lauk mereka. Makanan laut berkhasiat untuk menyehatkan jantung, kecantikan kulit hingga kecerdasan otak. Pantas, orang Jepang pintar-pintar ya!

4. Selalu berjalan kaki

Ternyata, Ini Rahasia Langsing dan Awet Muda Para Perempuan Jepang tokyogirlsupdate.com

Berjalan kaki memang sudah menjadi budaya di beberapa negara, termasuk Jepang. Kegiatan ini termasuk bentuk olahraga paling sederhana yang bisa dilakukan dimana pun dan kapan saja. Dibanding menggunakan kendaraan atau naik lift, perempuan Jepang lebih suka berjalan kaki untuk menjaga kesehatan tubuh mereka.

5. Rutin minum teh hijau

Ternyata, Ini Rahasia Langsing dan Awet Muda Para Perempuan Jepang healthywomen.org

Bukan rahasia umum lagi kalau perempuan Jepang suka mengonsumsi teh hijau. Bahkan, banyak yang menyebut bahwa kebiasaan mengonsumsi teh hijau inilah yang membuat para perempuan Jepang memiliki tubuh langsing dan jauh dari obesitas. Teh hijau juga berkhasiat membakar lemak sehingga sering digunakan untuk menurutkan berat badan.

6. Mengonsumsi makanan hasil fermentasi

Ternyata, Ini Rahasia Langsing dan Awet Muda Para Perempuan Jepang tokyotreat.com

Mengonsumsi makanan hasil fermentasi bisa menjaga pencernaan agar tetap lancar. Pasalnya, makanan hasil fermentasi mengandung bakteri baik yang bisa membantu mencerna makanan dalam tubuh. Oleh karena itu, perempuan Jepang tidak pernah lupa mengonsumsi makanan hasil fermentasi. 

Nah, itu dia 6 kebiasaan sederhana perempuan Jepang yang bikin mereka awet muda dan langsing. Bisa ditiru nih!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Langsing dan Awet Muda, 6 Kebiasaan Ini Jadi Rahasia Wanita Jepang"

Baca Juga: Nggak Nyangka, 5 Gerakan Olahraga Ini Bisa Bikin Tubuh Lebih Langsing