Banyak penelitian yang mengatakan bahwa salah satu kunci hidup sehat dan bahagia ialah terhindar dari rasa stres. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa terkadang rasa stres dapat menghampiri siapa saja tanpa mengenal usia dan gender. Jika kamu salah seorang yang sering mengalami stres, sebaiknya segera atasi agar terhindar dari rasa stres yang berkelanjutan atau yang biasa disebut depresi. 

Namun, sebelum kamu mengambil langkah menuju banyaknya solusi yang ditawarkan, penting sekali untuk mengetahui lebih banyak mengenai penyebab stres yang mungki belum kamu ketahui. Biar kamu semakin tahu apa saja itu, simak terus artikelnya!

1. Kebiasaan makan yang tidak teratur

Ternyata Inilah Penyebab Stres yang Wajib Kamu Ketahuivideoblocks.com

Penyebab stres yang terjadi tanpa kamu sadari ialah saat kamu terbiasa dengan pola makan yang tidak teratur. Tak sedikit orang yang melewatkan sarapan ataupun jam makan siang karena beberapa hal. Walaupun terlihat sepele, namun kebiasaan makan yang tidak teratur dapat berpengaruh pada kondisi gula darah yang menjadi tidak stabil sehingga dapat menimbulkan rasa cemas dan stres secara mendadak.

2. Tidak memiliki waktu tidur yang berkualitas

Ternyata Inilah Penyebab Stres yang Wajib Kamu Ketahuidailymail.co.uk

Selain pola makan, kamu juga harus memperhatikan pola tidurmu. Karena pola tidur yang tidak teratur juga dapat menjadi penyebab stres yang kamu ciptakan sendiri. Hal tersebut sudah tak menjadi rahasia umum. 

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa ketika seseorang tak memiliki waktu tidur yang berkualitas, maka dapat menyerang bagian otak penyebab stres. Untuk itu, sebaiknya perhatikan waktu tidurmu, hindari penggunaan gadget sebelum tidur.

3. Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein

Ternyata Inilah Penyebab Stres yang Wajib Kamu Ketahuicleo.com.sg

Menjadi hal umum yang diketahui banyak orang bahwa minuman berkafein seperti kopi maupun teh dapat menjadi penyebab stres yang kamu alami. Kandungan kafein yang terdapat pada minuman yang kamu konsumsi dapat membuat jantung berdebar dan menimbulkan rasa cemas yang membuatmu terus terjaga sehingga dapat menimbulkan stres. Untuk itu, biasakan untuk mengurangi porsi dari kebiasaanmu meminum minuman berkafein.

4. Terlalu sering berada di depan layar

Ternyata Inilah Penyebab Stres yang Wajib Kamu Ketahuicleo.com.sg

Penyebab stres lainnya yang sering terjadi pada setiap orang ialah terlalu sering berada di depan layar televisi maupun layar komputer. Entah itu bekerja maupun sedang santai menonton. Namun, radiasi yang dihasilkan dari layar tak hanya dapat merusak matamu, tetapi juga dapat berpengaruh pada saraf bagian otak yang membuat stres.

5. Kurang bersosialisasi

Ternyata Inilah Penyebab Stres yang Wajib Kamu Ketahuird.com

Tak disadari hal yang satu ini ternyata dapat menjadi penyebab stres juga lho! Kurangnya bersosialisasi juga dapat memicu seseorang menjadi stres. Karena saat bersosialisasi, kamu dapat membagikan apa yang kamu rasakan dengan orang sekitarmu sehingga beban pikiran menjadi lebih ringan. Cobalah sesekali mengikuti kegiatan yang melibatkanmu dalam bersosialisasi.

6. Bekerja terlalu keras

Ternyata Inilah Penyebab Stres yang Wajib Kamu Ketahuitheodysseyonline.com

Memiliki rasa bekerja keras tinggi sih sah sah saja, tetapi jika hal tersebut membuatmu melewatkan jam makan, mengurangi waktu tidur, dan menjadikanmu terlalu fokus pada pekerjaan hanya malah membuatmu menjadi stres. Sebaiknya, perhatikan juga kesehatan mental dan juga fisikmu ya Bela!

7. Melakukan hal monoton

Ternyata Inilah Penyebab Stres yang Wajib Kamu Ketahuivideoblocks.com

Penyebab stres lainnya ialah melakukan hal-hal terlalu monoton tanpa adanya variasi. Bagi sebagian orang, melakukan hal yang monoton hanya akan membuat stres. Sebaiknya, variasikan kegiatan yang menyenangkan ke dalam hari-harimu seperti menonton teater atau melakukan olahraga yang menyenangkan.

Jadi, itu dia beberapa penyebab stres yang dapat melanda dirimu! Dengan mengetahui penyebab stres, pastinya akan membuatmu lebih mudah untuk mengatasi rasa stres yang kamu alami. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: 6 Tips Berlatih Mengelola Stres Saat Banyak Kerjaan Menumpuk