Normalnya, setiap perempuan yang sudah mengalami masa pubertas, pastinya selalu mengalami siklus mesntruasi setiap bulannya. Pada masa menstruasi, kerap kali yang menjadi salah satu kendalanya ialah waktu menstruasi yang tidak teratur. Walaupun kelihatannya hal tersebut cukup normal, namun tak sedikit perempuan yang resah jika masa menstruasinya tidak teratur. 

Sebelum mencari tahu cara mengatasinya, tentu kamu pun harus kenali beberapa penyebab menstruasi tidak teratur yang akan kita bahas di artikel ini. Yuk cari tahu apa saja!

1. Diet yang tak sehat

Hati-hati dengan program diet yang sedang kamu jalani, karena bisa saja hal yang satu ini menjadi salah satu penyebab menstruasi tidak teratur. Untuk itu, hindari program diet yang terlalu ketat atau yang membuat tubuhmu menjadi kurang gizi dan perbanyaklah mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayur-sayuran.

2. Stres

Penyebab menstruasi tidak teratur juga dapat disebabkan oleh rasa stres. Karena saat tubuhmu mengalami stres, maka hormon reproduksimu menjadi tidak seimbang dan menyebabkan waktu menstruasimu menjadi tidak teratur. Untuk mencegah, tentu kamu harus belajar mengatasi rasa stres tersebut dengan rutin melakukan yoga atau relaksasi.

Ternyata Ini Lho yang Menjadi Penyebab Menstruasi Tidak Teraturinnomech.co.uk

3. Gaya hidup yang tak sehat

Jika kamu mengalami ketidakteraturan masa menstruasi, coba perhatikan gaya hidup yang kamu jalani apakah sehat atau justru malah menjadi penyebab menstruasi tidak teratur. Contohnya, sering begadang, mengonsumsi makanan cepat saji terlalu banyak, jarang berolahraga, dan hal-hal lainnya yang disebut gaya hidup yang kurang sehat.

4. Efek mengonsumsi pil KB

Pil KB memang dikhususkan untuk para perempuan yang ingin menunda atau mengontrol kehamilan. Maka itu, jika kamu memang sedang mengonsumsi pil KB, tak heran jika pil yang satu ini menjadi salah satu penyebab menstruasi tidak teratur. Jika berangsur cukup lama, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.

Ternyata Ini Lho yang Menjadi Penyebab Menstruasi Tidak TeraturRefinery29.com

5. Tanda-tanda hamil

Nggak melulu penyebab menstruasi tidak teratur itu negatif, bisa saja hal yang satu ini membawa berita baik. Apa lagi kalau bukan tanda-tanda kehamilan yang sedang kamu alami. Untuk bisa membuktikan benar atau tidaknya, tentu saja kamu harus cek dengan menggunakan test pack atau segera periksa ke dokter jika disertai tanda lainnya seperti mual atau perut yang kram.

6. Menopause

Selain karena tanda kehamilan, tanda menuju masa menopause menjadi salah satu penyebab menstruasi tidak teratur. Namun, hal yang satu ini terjadi pada perempuan yang sudah berumur dan tentu bukanlah menjadi hal yang perku dikhawatirkan karena cukup normal.

Ternyata Ini Lho yang Menjadi Penyebab Menstruasi Tidak Teraturpiecesofeight.com.au

7. Mengidap penyakit

Untuk penyebab menstruasi tidak teratur yang satu ini, sepertinya kamu harus lebih waspada. Jika terdapat tanda lainnya seperti perut bagian rahim terasa sangat sakit, demam, atau tanda lainnya yang cukup janggal, segera periksakan ke dokter yang dipercaya agar terhindar dari penyakit kelamin atau kanker pada rahim.

Jadi, buat kamu yang mungkin sedang mengalami kebingungan dengan penyebab menstruasi tidak teratur, itulah beberapa penyebabnya yang dapat kamu selidiki lebih lanjut dengan menyamakan ciri-cirinya dengan yang terjadi padamu. Semoga artikelnya bermanfaat ya, Bela!

Baca Juga: Menurut Ahli, Ini 10 Hal yang Jadi Pantangan Saat Menstruasi