Keputihan memang merupakan hal normal yang dialami oleh kaum perempuan, karena keputihan adalah cara alami tubuh untuk melindungi organ intim serta agar terjaga kelembapannya. Namun, bagaimana jika keputihan yang keluar sangat banyak? Mungkin, beberapa perempuan pun pernah merasakannya dan bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab keputihan berlebihan. 

Tentu saja, untuk memudahkanmu mengatasi masalah keputihan, kamu pun juga harus mengenal beberapa yang menjadi penyebab keputihan berlebihan. Yuk simak artikel yang satu ini Bela!

1. Kamu sedang menuju masa menstruasi

7 Penyebab Keputihan Berlebihan yang Harus Kamu Tauverywellhealth.com

Penyebab keputihan berlebihan yang satu ini kerap kali merupakan penyebab yang sering terjadi pada hampir seluruh perempuan. Setiap perempuan pastinya memiliki hormon yang berbeda sesuai dengan gen masing-masing setiap orang. Walau, penyebab yang satu ini bisa dikatakan cukup normal, namun, tetap saja kamu harus menjaga kebersihan organ intimmu ya Bela!

2. Mengalami stres yang berlebihan

7 Penyebab Keputihan Berlebihan yang Harus Kamu Taualighahary.ca

Sadar atau tidak sadar, saat kamu membiarkan dirimu mengalami rasa stres yang berlebihan dapat menjadi penyebab keputihan berlebihan lho! Karena rasa stres dapat mempengaruhi hormon menjadi tidak seimbang. Untuk itu, penting sekali untuk kamu belajar dalam mengontrol rasa stres tersebut yaitu salah satunya dengan menenangkan diri.

3. Reaksi alergi

7 Penyebab Keputihan Berlebihan yang Harus Kamu Tauthedoctor.pk

Penyebab keputihan berlebihan lainnya yaitu bisa dikarenakan reaksi tubuh yang sedang alergi. Biasanya alergi terjadi karena salah mengonsumsi makanan atau benda asing yang menyentuh organ intim seperti bahan tisu, bahan celana dalam, atau bahkan sabun kewanitaan yang sering digunakan sehari-hari. Untuk mengetahuinya, cek kebiasaan sehari-harimu dan ketahuilah apa yang menjadi penyebab spesifiknya. Biasanya reaksi alergi akan disertai rasa gatal yang sangat hebat.

4. Tanda mengalami kehamilan

7 Penyebab Keputihan Berlebihan yang Harus Kamu Tauself.com

Meski penyebab keputihan berlebihan yang satu ini cukup jarang dialami, namun tak menutup kemungkinan bahwa keputihan berlebihan yang kamu alami merupakan tanda bahwa kamu sedang memasuki tanda kehamilanmu. Namun, biasanya disertai oleh berbagai tanda lainnya seperti payudara yang mengeras, rasa mual yang begitu hebat, serta rasa kram. Jika mengalami hal ini, segera konsultasikan ke dokter ya!

5. Sedang masa menyusui

7 Penyebab Keputihan Berlebihan yang Harus Kamu Tauusatoday.com

Selain karena kehamilan, penyebab keputihan berlebihan lainnya ialah karena kamu sedang masa menyusui. Sama seperti saat sedang menstruasi, biasanya saat menyusui pun hormon menjadi tidak stabil dan tentunya dapat mempengaruhi organ kewanitaanmu yang mengeluarkan keputihan berlebihan. Namun, tak perlu khawatir, karena penyebab yang satu ini cukup normal kok.

6. Mengalami infeksi pada area kewanitaan

7 Penyebab Keputihan Berlebihan yang Harus Kamu TauDoc istimewa

Menurut penelitian penyebab keputihan berlebihan yang satu ini kerap dialami oleh hampir sebagian karena beberapa faktor kebiasaan yang dilakukan tanpa disadari seperti menggunakan celana yang terlalu ketat, kurangnya mengonsumsi makanan sehat sehingga sistem kekebalan tubuh menurun, dan lagi-lagi kurangnya menjaga kebersihan organ intim.

7. Vaginosis bakteri

7 Penyebab Keputihan Berlebihan yang Harus Kamu Tauadelmangerman.com

Mungkin buat kamu yang tak pernah mendengar nama yang satu ini, ketahuilah bahwa vaginosis bakteri merupakan salah satu penyebab keputihan berlebihan yang dapat terjadi kepada siapapun yang kurang menjaga kebersihan organ intim. Vaginosis bakteri adalah keadaan dimana bakteri pada organ intim berkembang dengan sangat berlebihan sehingga dapat menyebabkan keputihan menjadi berlebihan, terkadang disertai dengan aroma yang tak sedap dan rasa nyeri yang tak tertahankan.

Dari mulai karena hal-hal normal hingga hal yang berbahaya, itu dia beberapa penyebab keputihan berlebihan yang dapat dialami oleh semua perempuan. Buat kamu yang sedang mengalaminya, jangan lupa cek untuk benar-benar mengetahui penyebab apa yang terjadi padamu ya Bela!

Baca Juga: 7 Makanan Penyebab Keputihan yang Harus Kamu Hindari