Bela, apakah kamu pernah melihat orang yang kejang secara tiba-tiba? Mungkin teman atau saudaramu? Buat beberapa kaum awam yang kurang paham dengan penyakit yang satu ini, mungkin akan sangat panik dan kewalahan saat menghadapi orang yang mengalami penyakit epilepsi. Dalam artikel ini, Popbela akan membahas secara dalam mengenai pengertian, penyebab, dan cara mengobati penyakit epilepsi sehingga kamu nggak perlu panik lagi. Ikuti terus artikelnya sampai habis!

Kenali Pengertian Serta Cara Mengobati Penyakit Epilepsi Di Sini Yuk!

Penyakit epilepsi umumnya dikenal dengan penyakit ayan adalah penyakit yang diakibatkan sistem saraf pusat akibat pola aktivitas listrik yang kurang normal. Pola yang terjadi adalah ketika timbul impuls listrik pada otak melebihi batas normal yang kemudian mengirim sinyal pada otot dan menjalar ke seluruh tubuh sehingga dapat menimbulkan kejang-kejang yang tak dapat terkendali. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal yaitu kelainan pada otak atau ketidakseimbangan zat kimia pada bagian otak. 

Kenali Pengertian Serta Cara Mengobati Penyakit Epilepsi Di Sini Yuk!

Tanda fisik atau ciri-ciri yang terlihat ketika seseorang mengalami penyakit epilepsi dimulai dari tatapan mata yang kosong kemudian dilanjutkan oleh kejang-kejang ringan pada beberapa bagian tubuh seperti siku, lutut dan berujung pada kejang-kejang hebat pada sekujur tubuh. 

Kenali Pengertian Serta Cara Mengobati Penyakit Epilepsi Di Sini Yuk!

Epilepsi umumnya tergolong menjadi dua bagian yaitu epilepsi umum dan epilepsi parsial. Epilepsi umum dapat terjadi pada orang dewasa dan biasanya dikenal dengan ciri-ciri tatapan yang kosong dan bisa terjadi hanya dalam beberapa detik atau menit saja. Kalau epilepsi parsial biasanya terjadi pada anak-anak dan pengobatannya tak hanya terapi tetapi harus mengonsumsi obat khusus dan rajin konsultasi dengan dokter.

Kenali Pengertian Serta Cara Mengobati Penyakit Epilepsi Di Sini Yuk!

Saat melihat orang yang mengalami penyakit yang satu ini, jangan panik dan usahakan untuk dapat membawa orang ini ke tempat yang tenang. Kamu bisa mencari sesuatu yang dapat mengganjal mulutnya agar terhindar dari menggigit lidahnya secara tiba-tiba. Hal lain yang dapat dilakukan adalah langsung membawa ke rumah sakit dan bawa dalam penanganan dokter. Biasanya dokter akan memberi obat antiepilepsi yang dapat membuatnya tenang juga terapi secara rutin untuk mengurangi kejang pada tubuh.

Nah, itu tadi pengertian, ciri, penyebab dan cara mengobati penyakit epilepsi. semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: Jangan Disepelekan, 7 Tanda Ini Bisa Jadi Penyakit Serius Pada Tubuh!