Memasuki bulan yang suci ini, melakukan puasa adalah suatu kewajiban yang wajib dijalankan bagi umat Muslim. Selain mendapatkan pahala, banyak juga lho orang yang merasakan manfaat yang luar biasa dari menjalankan puasa. 

Kalau biasanya manfaat puasa yang cukup dikenal adalah menurunkan berat badan, kali ini Popbela akan mengulas lebih lagi mengenai manfaat puasa bagi kesehatan. Ternyata manfaatnya banyak sekali lho, lebih dari sekedar memiliki pengaruh dalam menurunkan berat badan.

Buat kamu yang sudah penasaran, apa saja sih manfaat puasa bagi kesehatan, yuk intip ke 7 manfaat di bawah ini ya, Bela!

1. Dapat mengontrol gula darah

Inilah 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatanwholefoodsmagazine.com

Saat menjalankan puasa, secara nggak sadar tubuhmu akan mengurangi resistensi insulin yang punya peran dalam mengontrol gula darah pada tubuhmu. Bagi kamu yang mengalami gula darah tinggi, inilah salah satu manfaat puasa bagi kesehatan pada tubuhmu.

2. Mengurangi tingkat inflamasi

Inilah 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatancourant.com

Hal berbahaya yang dapat terjadi pada tubuhmu saat mengalami inflamasi adalah serangan jantung, kanker dan penyakit lainnya. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa kamu dapat mencegah pernyakit tersebut dengan fokus mengurangi inflamasi yang dapat dilakukan dengan salah satu caranya adalah berpuasa dikarenakan kalori yang juga berkurang.

3. Menjaga kesehatan jantung

Inilah 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehataneehealth.org

Salah satu manfaat puasa bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui adalah dapat menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari risiko serangan jantung. Hal tersebut terjadi dikarenakan saat puasa, aliran darahmu berjalan dengan lancar.

4. Memperlancar fungsi kerja otak

Inilah 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatanfreepngdownload.com

Karena puasa dapat mengurangi tingkat inflamasi pada tubumu, tentunya hal tersebut tak hanya berpengaruh baik pada beberapa anggota tubuhmu, tetapi berpengaruh juga pada fungsi kerja otakmu lho. Selain itu, melakukan puasa juga dipercaya dapat terhindar dari penyakit saraf bagian otak.

5. Menurunkan berat badan

Inilah 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatanmedicalnewstoday.com

Walaupun mungkin hal tersebut sudah banyak yang mengetahui, perlu diketahui alasan mengapa puasa dapat menurunkan berat badan. Ketika kamu berpuasa, glukosa pada tubuhmu akan digunakan pertama kali sebagai sumber energi yang nantinya akan habis dan selanjutnya tubuhmu akan menggunakan lemak sebagai sumber energi. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa puasa berpengaruh cukup besar dalam penurunan berat badan.

6. Membantumu menghilangkan kebiasaan buruk

Inilah 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatanhealth.com

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk dalam mengonsumsi makanan dan minuman seperti sering mengemil makanan manis, kecanduan minuman berkafein atau makan dengan porsi yang sangat banyak. 

Saat puasa, kamu memiliki kesempatan untuk dapat belajar menghilangkan kebiasaan tersebut secara perlahan. Dimulai dari suatu keharusan sampai membentukmu menjadi kebiasaan yang baik.

7. Sehat secara mental

Inilah 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatanthepositivewindow.com

Ternyata selain bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu, berpuasa juga dapat mempengaruhi mentalmu lho. Ketika puasa, otomatis kamu akan lebih banyak menenangkan diri dan melakukan kebersamaan dengan orang-orang sekitarmu saat sedang berbuka puasa. Hal ini dapat meningkatkan hormon endorfin yang secara nggak sadar, kamu akan tampak lebih bahagia.

Wah ternyata manfaat puasa bagi kesehatan nggak hanya menambah wawasan saja tetapi juga dapat menambah rasa semangat saat menjalani puasa. Namun, harus diingat bahwa yang paling terpenting dalam menjalankan puasa adalah hati yang tulus dan bersih agar melakukannya dengan sepenuh hati. Selamat puasa bagi yang menjalankannya!