Selain darah tinggi, terdapat juga sebagian orang yang terlahir dengan tekanan darah rendah. Disebabkan oleh banyak faktor, bisa faktor genetika, hormon, sedang memasuki masa kehamilan, atau menderita penyakit jantung. Meski kelihatannya tidak membutuhkan penanganan yang terlalu serius, namun sama halnya dengan penderita darah tinggi, buat seseorang yang menderita darah rendah pun wajib diatasi karena kalau dibiarkan bisa terjadi berbagai hal yang tak diinginkan yaitu salah satunya mudah pingsan. 

Selain membiasakan diri dengan pola hidup sehat, rutin mengonsumsi vitamin, bagi kamu yang menderita darah rendah juga wajib menghindari beberapa makanan yang kerap kali disebut makanan yang perlu dihindari untuk penderita darah rendah karena kandungannya yang bersifat menurunkan tekanan darah. Apa saja itu? Baca terus artikelnya sampai habis!

1. Seledri

7 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari untuk Penderita Darah Rendahwell-beingsecrets.com

Meski seledri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya ialah mengatasi berbagai masalah kulit, namun ternyata seledri juga disebut sebagai salah satu makanan yang perlu dihindari untuk penderita darah rendah lho! Kandungan metanol dan heksana yang terdapat pada seledri dapat bekerja untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Walau masih aman jika dikonsumsi sesekali, namun tetap saja porsinya harus secukupnya ya, Bela!

2. Mentimun

7 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari untuk Penderita Darah Rendahthekitchn.com

Jarang diketahui, mentimun yang dikenal memiliki berbagai kandungan vitamin yang sangat baik untuk tubuh pun termasuk kedalam salah satu makanan yang perlu dihindari untuk penderita darah rendah. Namun, tak seperti seledri, kamu tetap dapat mengonsumsinya asal jangan berlebihan.

3. Bawang putih

7 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari untuk Penderita Darah Rendahhomedepot.com

Masih masuk dalam kategori makanan yang perlu dihindari untuk penderita darah rendah yang bersifat alami, bawang putih nyatanya juga termasuk di kategori ini. Ada beberapa senyawa yang terdapat didalam bawang putih harus dihindari karena dapat menyebabkan penderita darah rendah menjadi semakin lemas.

4. Makanan berminyak

7 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari untuk Penderita Darah Rendahtoday.com

Makanan yang perlu dihindari untuk penderita darah rendah yaitu makanan yang mengandung minyak. Tentu saja jenis makanan ini wajib untuk kamu hindari karena kandungan lemak trans yang terdapat pada makanan berminyak dapat memperlambat aliran darah dan sangat fatal bagi penderita darah rendah.

5. Makanan asam

7 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari untuk Penderita Darah Rendahwellandgood.com

Meski hal yang satu ini belum dibuktikan secara penelitian, namun beberapa orang kerap mengatakan bahwa makanan yang asam juga termasuk makanan yang perlu dihindari untuk penderita darah rendah. Hal tersebut dikarenakan asam yang terkandung didalam makanan dapat menguras energi dalam tubuh.

6. Makanan yang mengandung kafein

7 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari untuk Penderita Darah RendahInc.com

Tak hanya kopi, beberapa jenis kafein yang juga termasuk salah satu makanan yang perlu dihindari untuk penderita darah rendah yaitu cokelat dan teh hijau. Kandungan kafein yang terkandung didalam beberapa jenis makanan tersebut pun dapat mengganggu kualitas tidurmu, padahal penderita darah rendah sangat membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak dibandingkan seseorang dengan tekanan darah normal.

7. Makanan cepat saji

7 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari untuk Penderita Darah Rendahfoodbusinessnews.net

Disamping disebut sebagai makanan yang perlu dihindari untuk penderita darah rendah, makanan cepat saji memang sebenarnya tak dianjurkan oleh semua orang karena tak sehat untuk tubuh. Namun, untuk penderita darah rendah, memang lebih harus menjaga kesehatan tubuh dengan mengawasi makanan yang dikonsumsi.

Itulah ketujuh makanan yang perlu dihindari untuk penderita darah rendah, tak perlu sedih, kamu pun bisa mulai mencoba dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat menyehatkan tubuh dan menjaga tekanan darahmu. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: Nggak Nyangka, Ini 7 Hal yang Menjadi Penyebab Gula Darah Tinggi