Menurut beberapa penelitian, hampir sebagian besar penduduk tercatat meninggal akibat mengidap penyakit kanker darah yang dikenal juga sebagai penyakit yang cukup mematikan. 

Disebabkan oleh produksi sel-sel darah putih yang abnormal dengan berkembang pesat sehingga merusak fungsi sumsum tulang dalam menghasilkan sel darah merah sehingga tidak mampu untuk melawan infeksi dengan baik. 

Hal tersebut tentunya akan menghasilkan beberapa tanda pada tubuhmu yang biasa dikenal sebagai gejala kanker darah. Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya kamu wajib mengerti tentang gejala kanker darah yang akan Popbela jelaskan pada artikel yang satu ini.

1. Demam dan infeksi

Jangan Anggap Sepele! Ini Gejala Kanker Darah yang Wajib Kamu Ketahuimedicalnewstoday.com

Ciri pertama dari gejala kanker darah yang umum terjadi ialah terjadi demam dan infeksi pada tubuhmu. Hal tersebut terjadi karena sel darah yang terganggu dan menyerang imun yang dapat membuat tubuhmu mudah terserang penyakit.

2. Merasakan rasa lelah yang berlebihan

Jangan Anggap Sepele! Ini Gejala Kanker Darah yang Wajib Kamu Ketahuiexpatchild.com

Sel darah memiliki pengaruh cukup besar pada stamina tubuhmu. Begitu juga jika produksi sel darah terganggu, tentunya tubuhmu akan terasa sangat lelah dan dapat membuat si penderita menjadi pingsan. Jika hal itu terjadi padamu, segera cek ke dokter karena bisa jadi itu gejala kanker darah.

3. Tubuh menjadi lebih kurus

Jangan Anggap Sepele! Ini Gejala Kanker Darah yang Wajib Kamu Ketahuiuhgmaternity.com

Berat badan memang bisa turun atau naik secara perlahan, namun apabila berat badanmu turun secara drastis, kamu harus lebih berhati-hati. Pasalnya, hal tersebut bisa jadi salah satu gejala kanker darah lho. Karena beberapa penelitian mengatakan bahwa sel kanker dapat menyerap nutrisi dari tubuh di penderita.

4. Tubuh mudah memar dan berdarah

Jangan Anggap Sepele! Ini Gejala Kanker Darah yang Wajib Kamu Ketahuipregnancyhealth.net

Saat kamu mengalami gejala kanker darah biasanya kulitmu akan memunculkan bintik merah atau ruam ungu seperti lebam yang disertai pendarahan melalui hidung, gusi, atau kotoran. Melihat hal tak wajar tersbut disebabkan oleh sel darah yang membeku akibat penyakit kanker pada tubuhmu.

5. Perut terasa sangat sakit

Jangan Anggap Sepele! Ini Gejala Kanker Darah yang Wajib Kamu Ketahuihealthline.com

Salah satu gejala kanker darah ialah perut terasa sangat sakit dan mual, hal tersebut terjadi karena sel-sel darah pada limpa mulai meningkat sehingga menghasilkan rasa sakit pada perut atau bisa juga merasa sangat kenyang usai makan sedikit.

6. Sering berkeringat pada malam hari

Jangan Anggap Sepele! Ini Gejala Kanker Darah yang Wajib Kamu Ketahuipregnancyhealth.net

Walau keadaan kamarmu tidak panas, tetapi tubuhmu terus menerus mengeluarkan keringat yang disertai bagian sendi yang nyeri. Bisa jadi kamu mengalami gejala kanker darah lho! Karena biasanya, keringat berlebihan yang keluar merupakan tanda bahwa sel kanker menyerang tubuhmu.

7. Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening

Jangan Anggap Sepele! Ini Gejala Kanker Darah yang Wajib Kamu Ketahuiverywellhealth.com

Gejala kanker darah lainnya yang wajib kamu ketahui ialah terjadinya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti leher, ketiak, dan paha. Hal tersebut terjadi karena sel kanker darah yang mulai menyebar ke bagian kelenjar getah bening. Jika hal ini terjadi padamu, sebaiknya kamu harus waspada karena dapat menyebabkan penyakit komplikasi kanker lainnya.

Itulah gejala kanker darah yang penting sekali untuk kamu ketahui. Jika beberapa gejala kanker darah di atas terjadi pada dirimu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Selain itu, jangan lupa juga untuk tetap selalu menjaga kesehatan tubuh dengan membiasakan gaya hidup sehat ya Bela!

Baca Juga: Ini 3 Jenis Kanker Darah yang Wajib Kamu Ketahui