Mendengar banyak berita mengenai polusi udara yang sedang marak dibicarakan, tampaknya hampir seluruh kota mengalami polusi udara. Dapat disebabkan oleh kondisi alam maupun efek dari aktivitas manusia, polusi udara yang merupakan tercemarnya udara dengan kehadiran substansi fisik, kimia, atau biologi yang tentunya dapat membahayakan seluruh mahluk hidup ini tak boleh disepelekan. 

Karena penting untuk setiap kita semakin peduli dengan menjaga kesehatan pernapasan melalui hal-hal sederhana yang bisa dilakukan seperti selalu menggunakan masker saat hendak beraktivitas di luar, perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang sehat, serta menyeimbangkan dengan gaya hidup yang baik. Jika tidak, maka beberapa dampak polusi udara ini bisa menyerang kesehatanmu lho. Yuk simak!

1. Tubuh kekurangan oksigen

Salah satu yang menyebabkan adanya polusi udara ialah karbon monodioksida atau yang disingkat CO. Salah satu dampak polusi udara yang disebabkan oleh CO ini adalah berkurangnya pemasukkan oksigen dalam tubuh dikarenakan kandungan CO mencegah terikatnya oksigen dengan sel darah merah sehingga oksigen yang masuk pada tubuh menjadi berkurang.

2. Mudah terserang flu

Tak hanya membuat tubuh kekurangan oksigen, dampak polusi udara lainnya ialah menurunnya sistem kekebalan tubuh sehingga virus atau bakteri sangat mudah untuk menyerang tubuh. Salah satu penyakit yang sering menyerang banyak orang ialah flu, tentu saja si penderita harus disarankan menggunakan masker saat hendak beraktivitas di luar.

Bahaya! Ini Dampak Polusi Udara Bagi Kesehataneastcoastmakeup.com

3. Terjadi infeksi saluran pernapasan

Kehadiran polusi udara merupakan ancaman terbesar bagi saluran pernapasan. Oleh karena itu, salah satu dampak polusi udara yang sering dialami banyak orang ialah terjadinya infeksi pada saluran pernapasan dan biasanya menyebabkan beberapa gangguan pada area pernapasan seperti bronkitis, asma, ispa, dan gangguan pernapasan lainnya.

4. Tingginya resiko penyakit jantung

Karena dampak polusi udara dapat menyebabkan tubuh kekurangan oksigen, maka jantung pun juga kurang mendapat oksigen sehingga dapat memicu tingginya resiko penyakit jantung. Dampak yang satu ini cukup membahayakan karena dapat menyebabkan kematian.

Bahaya! Ini Dampak Polusi Udara Bagi Kesehatanblogarredamento.com

5. Menghambat perkembangan otak

Saat otak sedang bekerja, asupan oksigen sangatlah dibutuhkan dan jika polusi mengancam tubuh sehingga kekurangan oksigen, maka hal itu tak hanya mempengaruhi area jantung, tetapi juga berdampak pada perkembangan otak. Walau dampak polusi udara yang satu ini dapat dialami oleh hampir semua orang, tetapi paling sering dialami oleh kalangan anak-anak.

6. Ancaman bagi ibu hamil

Sama halnya yang terjadi pada ibu hamil, bahwa dampak polusi udara akan terasa sangat merugikan buat sang ibu karena dapat merusak saluran pernapasan, serta buat janin yang membutuhkan oksigen sangat banyak untuk bisa berkembang. Oleh karena itu, polusi udara sering kali mengancam kesehatan serta nyawa janin, maka ibu hamil tidak dianjurkan untuk sering beraktivitas di luar terlebih saat udara sedang dalam kondisi tidak sehat.

Bahaya! Ini Dampak Polusi Udara Bagi KesehatanPintower.com

7. Menyebabkan kanker paru-paru

Dampak polusi udara yang paling mengancam tubuh ialah memicunya sel-sel kanker berkembang pada area paru-paru. Biasanya hal ini terjadi jka orang tersebut juga memicunya dengan merokok atau mengonsumsi alkohol, sehingga untuk bisa mengatasinya harus mengontrol gaya hidup sehari-hari.

Ya, itu dia 7 dampak polusi udara yang sangat berbahaya bagi tubuh, dapat mengancam kesehatan serta nyawa seseorang. Maka itu, jangan lupa untuk terus menjaga area pernapasanmu dan membiasakan gaya hidup sehat.

Baca Juga: Ikuti 7 Cara Menjaga Area Pernapasan yang Baik dan Benar