Trombosit adalah sel darah yang memiliki peran penting dalam pembekuan darah normal. Biasanya, jumlah trombosit kerap kali digunakan untuk melihat kondisi tubuh seseorang apakah terjangkit penyakit tertentu atau tidak. Salah satu contoh penyakit yang paling umum yang dapat dicek hanya melalui jumlah trombosit ialah demam berdarah. Selain demam berdarah, masih banyak jenis penyakit lainnya yang diakibatkan menurunnya jumlah trombosit. 

Walaupun sebenarnya sudah banyak kasus yang berhubungan dengan trombosit, namun masih banyak sekali yang kurang tahu dengan dampak kekurangan trombosit yang terjadi pada dirinya. Untuk itu, kita simak yuk penjelasannya di artikel yang satu ini.

1. Tubuh menjadi mudah lelah

Ketika trombosit pada tubuh seseorang mulai menurun, maka dampak kekurangan trombosit yang pertama kali dirasakan ialah tubuh akan semakin melemah. Rasa lemas dan lelah menyerang tubuh serta kesulitan untuk maksimal dalam beraktivitas. Untuk gejala yang satu ini memang belum cukup terlihat bahwa ini merupakan salah satu dampak kekurangan trombosit, maka sering kali orang-orang hanya mengatasinya dengan menambah jam istirahat.

2. Muncul bintik-bintik merah pada kulit

Tak cukup rasa lemas pada tubuh, dampak kekurangan trombosit lainnya yang cukup terlihat ialah munculnya bintik-bintik kemerahan pada beberapa area kulit tubuh. Kehadiran bintik-bintik ini memang tidak terasa gatal atau perih, namun cukup terlihat jelas dengan matamu sehingga mungkin kamu sudah bisa memeriksakannya.

Hati-hati, 7 Hal Ini Merupakan Dampak Kekurangan Trombositphotos.edu.pl

3. Masa menstruasi yang berkepanjangan

Buat para perempuan, dampak kekurangan trombosit ini bisa terjadi padamu. Kalau biasanya masa menstruasimu hanya 5 hari, saat trombosit menurun, maka bisa jadi hari mesntruasimu semakin bertambah dan darah yang keluar lebih banyak daripada biasanya. Hal ini tentu sangat membahayakan tubuh karena dapat menyebabkan seseorang kekurangan darah.

4. Mimisan

Pendarahan kerap kali terjadi dan itu memang salah satu dampak kekurangan trombosit yang terjadi. Selain masa mentruasi yang berkepanjangan, pendarahan pun bisa terjadi pada area hidung dan menyebabkan seseorang menjadi mimisan. Untuk itu, jangan sepelekan jika kamu sering mengalami mimisan.

Hati-hati, 7 Hal Ini Merupakan Dampak Kekurangan Trombositfashioneditorials.com

5. Terjadi pendarahan pada area lambung

Salah satu dampak kekurangan trombosit yang paling parah adalah terjadinya ancaman pada area lambung. Terlebih buat kamu yang punya masalah lambung, maka akan lebih mudah terjadinya pendarahan pada lambung dan disertai dengan tanda nyeri pada lambung, rasa mual yang berlebihan, hingga perubahan warna pada feses.

6. Luka yang sulit sembuh

Karena dampak kekurangan trombosit dapat memicu pendarahan, maka ketika kamu sedang terluka, maka area luka yang biasanya akan sembuh dengan sendirinya malah akan kesulitan untuk pulih meski sudah dibantu dengan obat luka.

Hati-hati, 7 Hal Ini Merupakan Dampak Kekurangan Trombositryanconduit.com

7. Didiagnosa penyakit tertentu

Jika beberapa dampak kekurangan trombosit di atas telah kamu alami dan setelah itu kamu memeriksakan ke dokter, maka biasanya ada beberapa jenis penyakit yang kemungkinan akan terdiagnosa pada tubuhmu yaitu tipes, demam berdarah, atau bahkan kanker darah.

Wah, ternyata tak boleh disepelekan jika beberapa dampak kekurangan trombosit ini terjadi padamu ya, Bela. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh dengan membiasakan diri bergaya hidup sehat!

Baca Juga: 7 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari untuk Penderita Darah Rendah