Beberapa penelitian mengatakan bahwa kanker merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian, untuk itu penting sekali menjaga kesehatan serta waspada jika terjadi sesuatu pada seluruh bagian tubuh. Salah satu jenis kanker yang sering ramai dibicarakan, kanker kelenjar getah bening memang dangat berbahaya pada tubuh walau bisa diobati dengan cara medis. 

Pasalnya, penyakit yang satu ini dapat menyerang secara tiba-tiba. Untuk itu, penting sekali untuk mengetahui beberapa ciri-ciri kanker kelenjar getah bening yang bisa saja menyerang siapapun. Mau tahu apa saja? Keep scrolling!

1. Lelah berlebihan

Waspadai 7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening womenshealth.com.au

Walaupun rasa lelah dapat diatasi dengan memperbanyak waktu istirahat, namun jika rasa lelah yang muncul terlalu berlebihan, kamu perlu waspada lho. Pasalnya, rasa lelah yang berlebihan bisa merupakan salah satu dari ciri-ciri kelenjar getah bening yang dapat menyerangmu paling awal.

2. Berat badan turun drastis

Waspadai 7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening rush.edu

Selain rasa lelah berlebihan, tentunya ciri-ciri kelenjar getah bening pun dapat mempengaruhi penurunan berat badan yang sangat drastis. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh tubuh yang kehabisan kalori akibat berjuang melawan sel-sel kanker, oleh itu tubuh pun dapat turun hingga 10 persen dalam sebulan.

3. Merasakan nyeri dan sesak

Waspadai 7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening medicalnewstoday.com

Jika seseorang mengalami penyakit yang satu ini, biasanya mempengaruhi bagian timus yaitu organ kecil yang berada di antara paru-pari dan tulang dada. Ciri-ciri kelenjar getah bening yang satu ini dapat membuatmu sesak napas dan hal tersebut sudah harus diatasi segera.

4. Terdapat ruam

Waspadai 7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening doctoroz.com

Salah satu ciri-ciri kelenjar getah bening lainnya ialah munculnya ruam pada kulit seperti kemerahan yang berwarna sedikit biru seperti luka. Sekilas ruam tersebut tampak seperti penyakit eksim, namun ternyata ruam juga dapat disebabkan karena tubuh sedang mengalami penyakit kanker kelenjar getah bening.

5. Mengalami demam tinggi

Waspadai 7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening medicalnewstoday.com

Selain beberapa hal yang dijelaskan di atas, ternyata seringnya mengalami demam tinggi juga dapat merupakan ciri-ciri kelenjar getah bening yang sering terjadi pada sebagian orang. Untuk itu, jika kamu sedang mengalami demam tinggi harus waspada juga ya!

6. Perut membesar

Waspadai 7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening hopkinsmedicine.org

Tak hanya menyerang bagian pernapasan, ternyata ciri-ciri kelenjar getah bening juga dapat dilihat dari perut yang membuncit karena dapat menyerang bagian pencernaan. 

7. Terdapat benjolan

Waspadai 7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening freepik.com

Ciri-ciri kelenjar getah bening yang terakhir ialah terdapat benjolan pada beberapa bagian tubuh dan paling sering biasanya terdapat pada bagian leher. Anehnya, benjolan tersebut tak menimbulkan rasa sakit sama sekali.

Jadi, jika tubuhmu mengalami beberapa ciri-ciri kanker kelenjar getah bening yang sudah Popbela sebutkan, kamu pun perlu konsultasikan ke dokter jika ingin terhindar dari berbagai hal yang dapat terjadi.

Baca Juga: Kisah Nadya Valerie, Pengidap Kanker yang Viral Lewat Media Sosial