Tulang memiliki banyak peranan pada tubuhmu seperti melindungi organ tubuh, menyimpan kalsium, membangun struktur tubuh dan membantu pembentukan otot. Tentu hal ini yang membuat bahwa tulang adalah salah satu bagian terpenting tubuh yang sangat berpengaruh besar dalam menjalani ativitas sehari-hari. Walau pembentukan tulang yang sehat lebih mudah dilakukan saat kanak-kanak, namun bukan berarti tidak berlaku oleh orang dewasa. Tentunya saat kamu dewasa, menjaga kekuatan tulang adalah hal yang cukup penting, untuk itu kamu bisa cek 5 cara yang bisa kamu lakukan agar tulangmu tetap kuat!

1. Menambahkan asupan kalsium yang cukup tinggi

Biar Tulang Tetap Sehat dan Kuat, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu LakukanGohealthylivewealthy.com

Karena setiap hari tulang bekerja untuk membentuk struktur yang baru, dan kalsium sangat dibutuhkan dalam hal tersebut karena kalsium adalah mineral yang terdapat pada tulangmu. Untuk itu, seringlah mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi seperti susu, almond, brokoli, salmon dan juga kacang kedelai.

2. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin D

Biar Tulang Tetap Sehat dan Kuat, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukannpr.org

Vitamin D memiliki peran yang sangat penting dalam penyerapan kalsium pada tulangmu. Dari sejak muda hingga dewasa, vitamin D tetap menjadi kandungan yang wajib kamu konsumsi. Kamu bisa menemukan vitamin D dari tuna, kuning telur, susu dan suplemen minyak ikan agar lebih praktis.

3. Rajin menggerakan tubuh

Biar Tulang Tetap Sehat dan Kuat, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukanrunnersworld.com

Untuk mengurangi resiko tulang yang rapuh dan juga membantumu untuk mendapatkan tulang yang kuat adalah dengan melakukan kegiatan ringan yang kamu temui dalam kegiatan sehari-harimu. Kamu bisa membiasakan diri dengan melakukan kegiatan jogging, bermain tennis, berjalan kaki, menggunakan fasilitas tangga dll.

4. Menjaga berat badan

Biar Tulang Tetap Sehat dan Kuat, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukanoowomaniya.com

Ternyata, berat badan juga menjadi salah satu yang dapat mempengaruhi kekuatan tulangmu lho. Kelebihan atau kekurangan berat badan dapat menyebabkan kepadatan tulangmu menurun, sehingga dapat terjadinya risiko oestoporosis. Ada baiknya untuk menjaga berat badanmu menjadi stabil dengan rajin berolahraga juga mengatur pola makan.

5. Kurangi kebiasaan buruk

Biar Tulang Tetap Sehat dan Kuat, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukanfortbendlifestylesandhomes.com

Kalau kamu memiliki kebiasaan buruk seperti meminum alkohol, merokok, tidur larut malam dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, sebaiknya segera hentikan. Karena kebiasaan inilah yang dapat menghambat asupan nutrisi baik untuk tulangmu.

Nah, jadi ke-5 hal inilah yang wajib kamu perhatikan untuk menjaga kekuatan tulangmu, jangan sampai ada yang terlewat ya Bela!

Baca Juga: 5 Olahraga Ini Buktikan Bisa Bikin Tubuh Sehat