Memiliki mata yang sehat merupakan impian banyak orang. Dengan memiliki mata yang sehat, pastinya kamu pun semakin banyak dapat melakukan aktivitas dengan sangat baik. Pasalnya, setiap kegiatan pasti membutuhkan hanya cukup penglihatan yang baik. Untuk itulah, penting sekali lho untuk menjaga kesehatan mata. 

Walaupun terlihat baik-baik saja, namun kamu nggak boleh mengabaikan kesehatan mata. Sama seperti organ tubuh lainnya, mata pun juga harus mendapat perawatan yang cukup agar tetap terjaga kesehatannya. Buat kamu yang penasaran bagaimana cara menjaga kesehatan mata, yuk simak terus artikel ini sampai habis ya!

1. Kurangi penggunaan kontak lensa

Penting Banget Lho untuk Menjaga Kesehatan Matamu, Berikut Caranya!abcnews.go.com

Kontak lensa memang merupakan alat bantu penglihatan yang paling praktis dan membuatmu tampak lebih stylish dibandingkan dengan kacamata. Melihat banyak kasus buruk yang diakibatkan oleh kontak lensa maka untuk keamanannya masih sangat diragukan. Untuk itulah, sebaiknya kurangi pemakaian kontak lensa. Sesekali biarkan matamu beristirahat dengan menggunakan kacamata. Selain itu matamu pun terhindar dari iritasi akibat bakteri. 

2. Gunakan kacamata pelindung saat melakukan pekerjaan rumah

Penting Banget Lho untuk Menjaga Kesehatan Matamu, Berikut Caranya!videohive.net

Pekerjaan rumah yang dimaksudkan ialah seperti memasang perabotan rumah, memasang paku, membersihkan ruangan yang sudah lama tak dibersihkan juga melakukan hal lainnya yang berhubungan dengan banyak serpihan debu, kayu yang rawan sekali untuk dapat masuk ke dalam mata. Agar terhindar dari hal tersebut, sebaiknya gunakan kacamata pelindung saat akan melakukan pekerjaan tersebut ya.

3. Kompres kelopak matamu menggunakan air hangat

Penting Banget Lho untuk Menjaga Kesehatan Matamu, Berikut Caranya!reviews.com

Demi mendapatkan mata yang lembap dan air mata yang sehat, cobalah sesekali untuk melakukan perawatan ini. Caranya sangat mudah, kamu hanya cukup membutuhkan kain lembut yang diberi air hangat untuk dapat dikompres pada kelopak matamu sebelum tidur. Setelah melakukan hal tersebut, kelopak mata yang memiliki kelenjar Meibomian akan memompa kelenjar minyak pada mata sehingga jauh lebih sehat.

4. Mengonsumsi makanan yang menyehatkan mata

Penting Banget Lho untuk Menjaga Kesehatan Matamu, Berikut Caranya!TheHealthSite.com

Salah satu cara menjaga kesehatan matamu adalah dengan memerhatikan makanan yang hendak kamu konsumsi. Ada beberapa makanan yang dipercaya membuat matamu terhindar dari penyakit, salah satunya dengan kandungan vitamin E seperti sayuran hijau, biji-bijian dan kacang-kacangan. Makanan ini dapat melindungi sel-sel pada matamu, asam lemak omega-3 yang di dapat dari ikan juga dapat memaksimalkan kerja saraf mata dan otak.

5. Hindari kontak dengan radiasi cahaya terlalu lama

Penting Banget Lho untuk Menjaga Kesehatan Matamu, Berikut Caranya!health.com

Siapa nih yang masih sering bermain ponsel sambil tiduran, menatap layar komputer atau televisi dengan jarak yang sangat dekat? Jika kamu masih masih sering melakukan kebiasaan ini, sebaiknya kurangi agar terhindar dari kerusakan saraf mata yang diakibatkan radiasi cahaya. Jika kamu mulai merasa sekitar matamu terasa sangat pegal, sebaiknya berhenti dahulu selama beberapa menit. Kamu juga bisa meneteskan obat tetes mata khusus untuk perawatan mata.

6. Cek kesehatan matamu di dokter

Penting Banget Lho untuk Menjaga Kesehatan Matamu, Berikut Caranya!lasikid.com

Selain melakukan cek kesehatan tubuh seperti tekanan darah, tensi ataupun jantung, ada baiknya untuk melakukan tes mata juga. Hal tersebut dilakukan agar kamu lebih mengetahui tentang kesehatan matamu dan langkah yang harus  dilakukan untuk dapat menjaga matamu tetap sehat.

Dengan melakukan keenam hal yang dapat menjaga kesehatan matamu, tentulah kamu bisa memiliki mata sehat dan tentunya berpengaruh dengan aktivitas yang hendak dilakukan. Dimulai dari perlindungan mata hingga gaya hidup yang sehat menjadi hal yang dapat mulai kamu latih secara perlahan demi kesehatan matamu. Untuk itu, lakukan dengan kedisiplinan agar berhasil!

Baca Juga: 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Supaya Mata Lebih Sehat