Tak dapat dipungkiri, setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stres. Stres merupakan suatu respon tubuh saat sedang mengalami berbagai tekanan yang membuat rasa gelisah dan ketidaknyamanan. Walaupun stres kerap kali disebut sebagai kondisi yang normal, namun tetap saja tak boleh dibiarkan begitu saja karena dapat meningkat menjadi serangan depresi. 

Nah, buat kamu yang mungkin seringkali mengalami berbagai gejala stres, sebaiknya segera lakukan penanganan dan biar kamu tak bingung, simak cara menangani stres di ulasan berikut ini!

1. Mengontrol berbagai pikiran negatif

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan stres ialah pikiran negatif yang memenuhi isi pikiran dan terus menerus dipikirkan. Oleh karena itu, cara menangani stres yang paling utama dapat dilakukan ialah mengontrol isi pikiran dari berbagai pikiran negatif, banyak mengucap syukur, dan mulai pikirkanlah hal-hal positif yang dapat menenangkan jiwa.

2. Melakukan yoga

Di tengah hiruk pikuk kota dan banyaknya pekerjaan, setiap tubuh manusia pasti memerlukan waktu tenang. Biasanya yoga sering dipilih sebagai salah satu cara menangani stres yang paling ampuh. Selain dapat membakar kalori, yoga pun dipercaya mampu membantu menenangkan pikiran dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

7 Cara Menangani Stres dengan Mudahcon-solu.com

3. Banyak minum air putih

Saat tubuh seseorang kekurangan cairan, biasanya oksigen yang dialirkan ke otak cukup terhambat dan dapat menyebabkan seseorang dapat berpikir kurang jernih. Sebagai salah satu cara menangani stres, perbanyaklah meminum air putih setiap hari untuk terus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuhmu.

4. Tidurlah dengan cukup

Selain banyak minum air putih, memperhatikan waktu tidur juga merupakan salah satu cara menangani stres yang wajib untuk dilakukan lho! Setelah melakukan segudang aktivitas, tubuhmu juga sangat membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk menambah energi kembali dan pikiranmu akan terasa lebih ringan.

7 Cara Menangani Stres dengan MudahPinterest.com

5. Lakukan refreshing

Tak dapat dipungkiri, setiap orang sangat membutuhkan yang namanya refreshing. Cara menangani stres yang satu ini terbukti sangat ampuh, lakukanlah minimal 2 kali dalam sebulan. Refreshing yang kamu lakukan bisa dengan berpergian ke suatu tempat yang kamu inginkan atau pergi ke tempat spa dan salon untuk memanjakan diri.

6. Cari seseorang yang dapat dipercaya

Memendam unek-unek memang membuat sangat tersiksa dan tentunya bisa menjadi penyebab stres juga. Untuk itu, lakukan salah satu cara menangani stres dengan mencari teman cerita yang bisa kamu percaya dan keluarkanlah segala keluh kesah serta isi pikiranmu. Biasanya cara yang satu ini cukup bekerja pada hampir semua orang lho!

7 Cara Menangani Stres dengan MudahSHEfinds.com

7. Kurangi mengonsumsi makanan dan minuman penyebab stres

Tak melulu dikarenakan keadaan sekitar, stres juga dapat dipicu oleh beberapa jenis makanan seperti alkohol, kafein, makanan yang terlalu manis, hingga jenis makanna berkarbohidrat tinggi. 

Cara menangani stresnya tentu dengan memperbanyak mengonsumsi makanan yang mampu membuat pikiran menjadi lebih rileks seperti teh chamomile, salad buah, sayuran segar, dan makanan lainnya yang juga bergizi tinggi.

Jadi, jika kamu sedang mengalami stres, ketahuilah sumbernya dan beberapa cara menangani stres yang dapat kamu lakukan sebagai penanganan mudah. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: 7 Tanda Stres yang Tidak Kamu Sadari Tapi Bisa Fatal Jika Dibiarkan