Hampir semua orang memiliki kekebalan tubuh yang dapat bereaksi dengan cepat terhadap perubahan apapun, suhu, makanan, cuaca, maupun gaya hidup. Dalam hal perubahan, reaksi alergi merupakan salah satu yang dapat terjadi pada hampir banyak orang. 

Alergi pun dapat terjadi secara tiba-tiba dan tentunya dapat menimbulkan rasa panik saat mengalaminya. Tak dapat dipungkiri, rasa panik yang menyerang saat sedang alergi disebabkan karena alergi dapat mengganggu penampilan dan membuat seseorang menjadi tidak nyaman. 

Namun tak perlu cemas, Bela, karena Popbela akan bagikan beberapa rekomendasi antibiotik untuk gatal alergi sebagai langkah penanganan awal yang dapat menjadi solusi instan dalam mengurangi tanda-tanda alergi yang kamu alami. Apa saja ya? Yuk baca terus sampai habis!

1. Fexofenadine

Menjadi antibiotik untuk gatal alergi di urutan paling awal, Fexofenadine merupakan satu-satunya jenis antibiotik yang paling ringan dan minim efek samping jika dibandingkan dengan jenis antibiotik lainnya. Bahkan, Fexofenadine kerap disebut sebagai produk antibiotik untuk gatal alergi terbaik karena tidak menyebabkan kantuk sama sekali.

2. Loratadine

Walaupun masih tergolong kedalam kategori antibiotik untuk gatal alergi yang aman, namun berbeda dengan Fexofenadine, jenis antibiotik yang satu ini dapat menyebabkan kantuk walau tidak berlebihan dan karena sangat ringan, Loratadine tidak cocok digunakan untuk mengatasi gatal alergi yang sudah parah.

7 Jenis Antibiotik yang Cocok untuk Mengobati Alergihealth.com

3. Cetirizine

Produk antibiotik untuk gatal alergi berikut ini juga tak menyebabkan rasa kantuk dan masih tergolong sebagai obat antibiotik yang ringan untuk dikonsumsi. Namun, beberapa sumber mengatakan bahwa pemakaian Cetirizine haruslah melalui resep dokter dan tak boleh sembarang saat mengonsumsinya. 

4. Kortikosteroid

Buat seseorang yang mengalami tanda alergi yang cukup serius, gunakanlah antibiotik untuk gatal alergi yang satu ini. Kortikosteroid memiliki cara kerja lebih ampuh jika dibandingkan dengan jenis antibiotik lainnya. Namun, hal tersebut jugalah yang membuat Kortikosteroid memiliki efek samping seperti insomnia, nafsu makan yang berlebih, dan efek samping lainnya.

7 Jenis Antibiotik yang Cocok untuk Mengobati Alergiwaldorfderm.com

5. Antihistamin

Sama ampuhnya seperti Kortikosteroid, Antihistamin pun kerap disebut sebagai antibiotik untuk gatal alergi yang bekerja dengan maksimal dalam mengatasi gatal alergi juga tanda lainnya. Beberapa efek samping yang ditimbulkan seusai mengonsumsi Antihistamin ialah pusing, rasa kantuk yang luar biasa, mual, dan bermasalah saat sedang buang air kecil. 

6. Epinephrine

Antibiotik untuk gatal alergi selanjutnya merupakan salah satu jenis antibiotik yang dapat dikonsumsi hanya jika dokter memberikan saran. Karena Epinephrine merupakan salah satu jenis antibiotik yang cukup keras dan tak bisa dikonsumsi oleh seseorang dengan kondisi jantung yang bermasalah. 

7 Jenis Antibiotik yang Cocok untuk Mengobati Alergistyleandminimalism.com

7. Diphenhydramine

Di urutan yang terakhir ini, Diphenhydramine memang menjadi salah satu antibiotik untuk gatal alergi yang paling cepat meredakan rasa gatal serta tanda alergi lainnya. Namun, antibiotik yang satu ini jugalah yang mampu memberikan efek kantuk yang luar biasa. Jadi, disarankan saat mengonsumsi jenis antibiotik ini, pastikan kamu banyak beristirahat di rumah dan hindari melakukan berbagai aktivitas yang berat ya, Bela!

Ternyata, antibiotik untuk mengatasi gatal akibat alergi cukup beragam dan tersedia untuk berbagai tingkatan alergi yang dialami seseorang. Perhatikan dengan detail untuk dapat mengonsumsi jenis antibiotik yang sesuai dengan kondisi alergi yang kamu alami.

Baca Juga: Dijamin Ampuh, Coba 7 Obat Gatal Alergi Alami Ini Yuk