Buah tin merupakan buah surga yang tertulis dalam kitab suci Alquran. Dikatakan sebagai buah yang istimewa karena menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Buah yang memiliki warna hitam pada kulit bagian luar dan merah dengan biji kecil di dalamnya ini mampu mencegah penyakit-penyakit berisiko tinggi. Berikut ini beberapa manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh yang bisa kamu peroleh. Keep scrolling ya, Bela!

1. Mengatur kadar gula darah

Jadi Lebih Sehat, Ini 5 Manfaat Buah Tin untuk Tubuhfreepik.com

Menjalani pola hidup yang kurang sehat seolah jadi gaya hidup yang banyak dilakukan masyarakat kekinian. Dibutuhkan penetralisir untuk mengembalikan kesehatan tubuh. Satu buah tin mengandung kandungan air, karbohidrat, serat dan kalori ini sangat baik dikonsumsi setiap hari. Tapi ingat ya, konsumsi secara utuh, bukan buah tin yang telah diproses dikeringkan. 

2. Mencegah penyakit jantung

Jadi Lebih Sehat, Ini 5 Manfaat Buah Tin untuk Tubuhtoday.com

Gangguan jantung menjadi penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat modern saat ini. Bahkan, penderitannya didominasi oleh usia 25 tahun ke atas. Konsumsi buah tin bisa menekan kadar lemak dalam darah sehingga kecil kemungkinan mengalami penyakit jantung. Kemudian, manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh juga bisa dirasakan untuk menurunkan tekanan darah dan menggantikannya dengan kolesterol baik.

3. Mempermudah program diet

Jadi Lebih Sehat, Ini 5 Manfaat Buah Tin untuk TubuhFreepik.com

Ternyata untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh bisa mengonsumsi buah tin. Pasalnya, buah tin tinggi akan serat dan air sehingga bisa membuat tubuh lebih stabil. Buah tin juga meningkatkan metabolisme tubuh. Cocok banget deh buat kamu yang ingin diet tapi tetap bahagia. 

4. Meningkatkan kesuburan

Jadi Lebih Sehat, Ini 5 Manfaat Buah Tin untuk TubuhFreepik.com

Buah tin telah teruji secara klinis dapat meningkatkan kesuburan. Kandungan zat besi pada buah tin mampu melindungi kesehatan sel telur dan ovulasi perempuan. Bahkan, konsumsi buah tin bisa mengurangi rasa mual dan muntah selama kehamilan. Nggak hanya perempuan, laki-laki juga bisa kok mengonsumsi buah tin dengan porsi yang sama. 

5. Begini cara mudah konsumsi buah tin

Jadi Lebih Sehat, Ini 5 Manfaat Buah Tin untuk TubuhFreepik.com

Sebenarnya cara mengonsumsi buah tin cukup beragam, setiap negara memiliki kekhasannya. Misalnya, masyarakat India kuno terbiasa mencampurkan buah tin dengan susu. Mereka mengklaim campuran ini bisa meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan. Sebelumnya, cuci bersih buah tin kemudian potong-potong sesuai selera.  

Untuk mempertahankan khasiat dan kesegarannya, ada baiknya menghabiskan buah tin kurang dari 7 jam usai dipotong. Kamu juga bisa menyajikannya dengan yoghurt dan granola untuk menciptakan rasa yang lebih kaya.

Baca Juga: Pahit Namun Kaya Nutrisi, Ini 7 Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan