Tren minuman sehat saat ini tengah digandrungi perempuan muda dan dewasa. Olahan kolagen bukanlah hal baru di dunia kecantikan. Sejak lama, kolagen dimanfaatkan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam. Pada dasarnya kolagen merupakan protein yang menyusun tubuh manusia, kurang lebih ada 30 persen kolagen dalam tubuh manusia yang berguna untuk pembentukan tulang, gigi, otot dan kulit.  

Sebagian besar masyarakat khususnya perempuan percaya akan keampuhan kolagen yang membuat kulit tampak awet muda. Berikut ini fakta menarik seputar minuman kolagen yang perlu kamu tahu. 

1. Minuman kolagen tren dari Jepang

5 Fakta Menarik Minuman Kolagen, Benarkah Efektif untuk Kulit? Freepik.com

Jepang sebagai negara pertama yang mempopulerkan minuman kolagen untuk perawatan kulit. Mulanya, minuman kolagen diperkenalkan untuk mencukupi kebutuhan kolagen dalam tubuh. Minuman kolagen terbagi menjadi dua yakni marine collagen yang terbuat dari ikan. Dan, grass-fed collagen yang berasal dari ayam, sapi atau babi.  

2. Kolagen mempertahankan kecantikan kulit, efektifkah?

5 Fakta Menarik Minuman Kolagen, Benarkah Efektif untuk Kulit? Freepik.com

Olahan kolagen sebagai suplemen atau minuman memang telah dipercaya. Sejumlah penelitian mengklaim bahwa minuman kolagen dapat membantu dan memperbaiki kondisi kulit. Namun, fakta tersebut baru terjadi pada hewan saja. Sedangkan pada kulit manusia masih bersifat bias. Bila selama ini beberapa orang mengatakan merasakan manfaat setelah minum minuman kolagen, bisa jadi itu hanyalah efek dari bahan tambahan lainnya. 

3. Manfaat kolagen yang masih jadi perdebatan

5 Fakta Menarik Minuman Kolagen, Benarkah Efektif untuk Kulit? Freepik.com

Seperti yang diketahui bahwa kolagen merupakan salah satu protein terpenting yang ada dalam tubuh manusia. Sejumlah pendapat mengungkapkan bahwa minuman kolagen mampu menjadikan kulit tampak lebih kenyal, kencang dan awet muda. Faktanya, kolagen akan menyusut seiring bertambahnya usia. 

Selain itu, kebiasaan buruk seperti merokok, konsumsi gula tinggi dan terpapar sinar matahari. Artinya, minuman kolagen yang dipercaya mengandung banyak manfaat tidak akan memberikan efek apapun, apabila kamu masih menjalani pola hidup yang keliru.  

4. Tetap boleh dikonsumsi secara general

5 Fakta Menarik Minuman Kolagen, Benarkah Efektif untuk Kulit? Freepik.com

Meski masih dalam perdebatan, kamu tetap bisa mengonsumsi minuman kolagen kok. Hanya saja, minuman kolagen dijadikan sebagai pemeliharaan kulit secara general. Misalnya, menjadikan kulit lebih sehat untuk menghalau terjadinya kerutan atau penuaan dini, kesehatan rambut dan lainnya. Namun, untuk proses pengobatan, sebaiknya tetap mempercayai keampuhan skincare maupun produk kecantikan lainnya selain minuman kolagen.  

5. Butuh waktu panjang untuk dapatkan manfaat kolagen

5 Fakta Menarik Minuman Kolagen, Benarkah Efektif untuk Kulit? Freepik.com

Tiap tubuh manusia itu berbeda, maka hasil yang diberikan dari minuman kolagen tentu akan berbeda. Tak peduli merek dan harga dari suatu minuman kolagen tersebut, karena minuman kolagen tidak akan memberikan hasil yang signifikan pada kulit maupun rambut. 

Artinya, dibutuhkan waktu panjang untuk menuai manfaat dari minuman kolagen. Ibaratnya, perempuan muda yang rutin konsumsi minuman kolagen saat ini akan mendapatkan manfaatkan 20-30 tahun mendatang.  

Itulah fakta menarik seputar minuman kolagen. Kamu masih tertarik mencobanya?

Baca Juga: Semakin Tampil Cantik dengan Mengonsumsi 7 Makanan Tinggi Kolagen