Saat ini hampir semua orang mulai tergila-gila dengan segala makanan yang gluten-free dan paleo. Bahkan sebagian besar orang menghindari karbohidrat untuk memperlancar program dietnya. Padahal, tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali justru merupakan kesalahan besar. Simak nih penjelasannya!

Wah, Ternyata Karbohidrat Nggak Bikin Gemuk Lho!

Karbohidrat, protein, dan lemak merupakan makronutrien yang bisa ditemukan dalam semua makanan. Makronutrien sendiri adalah zat gizi (nutrien) yang memberikan energi bagi tubuh dan diperlukan tubuh dalam jumlah besar untuk bertahan hidup. Selama ini, kita hanya tahu bahwa karbohidrat bisa membuat gemuk. Namun kita tidak tahu jika karbohidrat dapat ditemukan pada semua makanan, termasuk buah dan sayuran.  Jadi, jika kamu menghindari karbohidrat sama sekali, kamu mungkin akan kehilangan sumber penting dari serat, vitamin, dan energi.

Wah, Ternyata Karbohidrat Nggak Bikin Gemuk Lho!

Karena ketakutan pada karbohidrat, maka akhirnya kita memilih makanan yang rendah karbohidrat dan glutten free. Kebanyakan dari makanan tersebut justru dibuat dari lemak, bisanya roti yang glutten free dibuat dari tepung almond atau tepung kelapa dengan kalori yang sama. Dari pada mengganti asupan karbohidratmu, akan lebih baik kamu makan makanan yang mengandung karbohidrat langsung seperti buah, sayur, roti, atau pun pasta. Asal kamu memakannya dengan porsi yang tidak berlebihan, tentunya ini akan bagus bagi keberhasilan dietmu.

Wah, Ternyata Karbohidrat Nggak Bikin Gemuk Lho!

Karbohidrat merupakan sumber energi, jadi amu perlu untuk mengonsumsi setiap hari agar memiliki energi. Apalagi jika kamu melakukan exercise, kamu butuh karbohidrat setelah exercise agar tenagamu lekas pulih.  Nah, jika kamu menghilangkan karbohidrat maka kamu juga bisa kehilangan energi.

Wah, Ternyata Karbohidrat Nggak Bikin Gemuk Lho!

Terlalu banyak makan roti, pasta, sereal, dan bagel memungkin berat badanmu kian bertambah, karena kelebihan karbohidrat yang tidak terolah dalam tubuh akan dikonversi menjadi lemak. Yang perlu kamu lakukan adalah membedakan antara karbohidrat kompleks dan karbohidrat olahan. Karbohidrat kompleks seperti kentang, ubi, dan kacang-kacangan mengandung nutrisi penting bagi tubuh seperti magnesium, antosianin, zinc, dan zat besi. Sedangkan karbohidrat olahan seperti roti, cake, atau biskuit justru mengandung banyak gula dan garam. Jadi, kalau kamu benar-benar peduli dengan berat badanmu, hindarilah makanan yang terlalu lama diolah (hyperprocess), bukan karbohidratnya.