Bermimpi saat tidur merupakan hal yang wajar terjadi. Semua orang bisa saja mendapatkan mimpi selama tidur. Namun semua orang pasti tidak menginginkan datangnya mimpi buruk. Kedatangan mimpi buruk sangatlah mengganggu kualitas tidur, dan akan berdampak pada keesokan harinya. Membuat kita dihantui oleh mimpi buruk tersebut.

Waduh! Benarkah Mimpi Buruk Bisa Disebabkan dari Makanan?

 

Banyak mitos yang beredar bahwa makanan berat dan pedas bisa menjadi penyebab datangnya mimpi buruk. Menurut Gary Wenk, seorang neuroscientist di Ohio State University sekaligus penulis buku Your Brain on Food: How Chemicals Control Your Thought and Feelings, “Hingga saat ini belum ada yang melaporkan secara sistematis tentang bukti mitos tersebut. Di luar sana mungkin sudah ada yang merasakan, namun belum ada data yang terorganisir.”

Waduh! Benarkah Mimpi Buruk Bisa Disebabkan dari Makanan?

Pada tahun 2015, sebuah studi pada jurnal Frontier in Psychology menemukan bahwa beberapa orang mengalami mimpi buruk setelah mengonsumsi susu dan makanan pedas. Namun belum ada korelasi ilmiah yang bisa menjelaskan terjadinya hal ini. Kemungkinan yang terjadi adalah mereka mengalami placebo efek, yaitu berprasangka akan mengalami mimpi buruk karena sudah mendengar tentang mitos tersebut secara turun-temurun. Di sini lain, para peneliti juga mencatat bahwa gangguan pencernaan cukup bisa menjadi penyebab tidur tidak nyenyak dan mimpi buruk. Saat ini penelitian masih terus dikembangan mengenai daftar makanan yang bisa memicu mimpi buruk.

Bagaimana menurutmu, Bela? Ingin membuktikannya? Atau bahkan pernah mengalaminya? Kamu bisa lho berbagi dengan Popbela melalui kolom komentar.

BACA JUGA: Gara-gara Percaya Sama Mitos Ini Makanya Badanmu Tak Kunjung Seksi!