Pada dasarnya, hampir semua penyakit bisa diderita baik laki-laki ataupun perempuan.Tetapi, selain memiliki perbedaan baik fisik maupun mental, beberapa penyakit ini lebih sering menyerang perempuan dibandingkan laki-laki. Hal ini dapat disebabkan dari beberapa faktor seperti perbedaan hormon, asupan nutrisi, stres, dan gaya hidup. Lantas, penyakit apa saja yang sering menyerang perempuan? Silahkan disimak ya! 

1. Lupus

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Perempuanmedindia.net

Penyakit yang sedang ramai diperbincangkan ini merupakan penyakit peradangan kronis karena adanya sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh sendiri, atau biasa dikenal dengan penyakit autoimun. Sampai saat ini, belum ada penelitian lebih lanjut mengapa penyakit lupus lebih sering menyerang perempuan.

Gejala umum penyakit lupus adalah sakit kepala, mudah merasa lelah, persendian terasa sakit, dan munculnya bercak merah yang sensitif jika terkena matahari. Jika kamu mengalami gejala tersebut, langsung periksa ke dokter ya, Bela!

2. Depresi

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Perempuanthewestsidestory.net

Tidak hanya kesehatan fisik, beberapa penyakit mental juga lebih sering menyerang perempuan, termasuk depresi. Walau tidak menutup kemungkinan laki-laki juga merasakan hal ini. Namun, menurut penelitian, perempuan cenderung lebih mudah mengalami tingkat stres yang lebih tinggi.

3. Penyakit menular seksual

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Perempuanself.com

Penyakit ini lebih rentan menyerang perempuan karena lapisan organ intip pada perempuan cenderung lebih lembut dan tipis dibandingkan dengan organ intim laki-laki. Bakteri dan virus akan lebih mudah menembus vagina. Sehingga penyakit ini lebih sering menyerang perempuan. Jadi, mulai saat ini selalu perhatikan kebersihan organ intim kamu ya.

4. Eating disorder

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Perempuanmyzeo.com

Penyakit gangguan makan ini sering dialami oleh perempuan. Faktor yang mempengaruhi gangguan makan ini adalah kombinasi antara faktor tubuh dan lingkungan sosial yang biasanya memengaruhi perempuan di bandingkan dengan laki-laki. 

Penyakit gangguan makan ini contohnya seperti anoreksia dan bulimia. Jangan sampai ya penyakit ini menyerang kamu, jika ingin mendapatkan tubuh yang ideal, atur pola makan dan olahraga yang teratur agar mendapatkan tubuh indah dengan cara yang sehat.

5. Sindrom kelelelahan kronis

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Perempuanmedicalnewstoday.com

Kondisi ini lebih banyak dialami perempuan karena perempuan dianggap lebih mudah terpengaruh lingkungan sosial dan stres. Sindrom kelelahan kronis ini merupakan rasa lelah yang bisa muncul meskipun tidak melakukan aktivitas apapun dan tidak hilang walaupun sudah beristirahat. Penyakit ini juga disertai dengan gejala nyeri otot, sakit kepala, berkurangnya daya ingat, dan susah tidur.

6. Infeksi saluran kemih

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Perempuanwellandgood.com

Ternyata, letak saluran kencing perempuan sangat dekat dengan vagina dan rectum, dimana banyak bakteri yang hidup pada area tersebut. Itu mengapa, perempuan lebih berisiko terkena infeksi saluran kemih. Selain itu, sering menahan buang air kecil juga meningkatkan risiko penyakit infeksi saluran kemih. Mulai saat ini, jangan pernah menahan buang air kecil ya.

7. Kanker tiroid

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Perempuanmedicalnewstoday.com

Penyakit yang menyerang daerah leher ini akan lebih sering menyerang perempuan. Kanker tiroid pada umumnya terjadi ketika usia 35-37 tahun dan usia 70 tahun ke atas. Meski penyebab pasti kanker tiroid ini belum diketahui, tetapi ada kemungkinan penyakit ini karena berkaitan dengan perubahan hormon pada sistem reproduksi perempuan. Gejala yang muncul adalah sakit tenggorokan, kesulitan menelan, suara menjadi serak dalam jangka waktu yang lama, dan pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher.

Itu dia tujuh penyakit yang lebih sering menyerang tubuh perempuan. Yuk, mulai saat ini kita ubah semua kebiasaan buruk dan mulai menerapkan gaya hidup sehat dan seimbang. Semangat untuk terus hidup sehat ya, Bela!