Bulan Ramadan identik dengan hadirnya aneka jenis buah kurma. Buah yang berwarna cokelat dan memiliki rasa manis ini membuat kurma menjadi hidangan wajib untuk berbuka puasa. 

Tak hanya memiliki rasa yang lezat, kurma juga kaya akan protein, vitamin, mineral, dan beragam nutrisi yang baik untuk tubuh kamu. Nah, ini dia lima manfaat yang akan kamu dapatkan ketika sering mengonsumsi buah kurma. Apa saja? Langsung intip aja yuk!

1. Membantu menurunkan berat badan

Selain Manis, Ini 5 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatanfreepik.com

Walau memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, kurma juga kaya akan serat dan protein yang tidak larut. Sehingga, buah ini dapat membantu menurunkan berat badan kamu. Selain itu, dua kandungan tersebut akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Cocok banget untuk cemilan kamu ketika sahur dan berbuka nih! 

2. Mencegah risiko diabetes

Selain Manis, Ini 5 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatanlatinamoms.com

Walaupun memiliki rasa manis, jika dikonsumsi dalam jumlah tepat, kurma tidak akan meningkatkan risiko diabetes. Justru, kandungan dalam buah kurma dapat mengurangi diabetes. Karena, serat larut dicerna lebih lambat di dalam perut, sehingga membantu tubuh menjadi lebih baik mengontrol kadar gula dalam darah. 

3. Baik untuk kesehatan jantung

Selain Manis, Ini 5 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehataneverydayhealth.com

Kurma mengandung magnesium dan kalium yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Dua zat ini dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kurma mengandung antioksidan asam fenolik yang berfungsi sebagai anti radang. Sehingga, baik untuk menurunkan risiko hipertensi, penyakit jantung dan stroke.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Selain Manis, Ini 5 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatanfreepik.com

Manfaat kurma selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Karena, kurma mengandung serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan kamu. Selain itu, nikotin yang terdapat pada kurma dapat menyembuhkan berbagai jenis kelainan usus. Serta, kurma mengandung fenolik yang dapat membersihkan usus sehingga menurunkan resiko terkena kanker usus. 

5. Menangkal radikal bebas

Selain Manis, Ini 5 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatantheonformer.com

Buah kurma tinggi akan antioksidan, sehingga mampu mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, tiga kandungan dalam kurma seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak sel bahkan menyebabkan kanker.

Itu dia lima manfaat baik kurma untuk kesehatan tubuh kamu. Jangan lupa untuk konsumsi buah kurma setiap berbuka puasa, sehingga tubuh selalu sehat dan bugar! 

Baca Juga: 7 Tips untuk Kamu yang Ingin Berdiet Saat Menjalani Puasa

Baca Juga: Konsumsi Gorengan Ketika Berbuka Puasa? Ini 5 Bahaya yang Mengintai! 

Baca Juga: Hindari Dehidrasi Saat Puasa dengan 6 Tips di Bawah Ini