Kaya akan rempah dan tanaman herbal, dari dulu hingga kini masyarakat Indonesia percaya bahwa minuman tradisional seperti jamu menyimpan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Nah, salah satu jenis jamu yang paling populer dan memiliki banyak penggemar adalah beras kencur.

Dengan rasa yang khas dan mampu menghangatkan perut, jamu yang berbahan dasar dari beras dan kencur ini juga memiliki berbagai khasiat untuk tubuh, mulai dari menambah stamina hingga merawat kulit. Wah jadi penasaran, kira-kira apa saja sih manfaat jamu beras kencur? Simak baik-baik, ya! 

1. Menambah stamina tubuh

5 Manfaat Jamu Beras Kencur, Menjaga Stamina hingga Merawat Kulitzesquare.com

Kandungan kencur dipercaya dapat meningkatkan energi dan mengembalikan kondisi tubuh yang lelah. Jika dikonsumsi secara rutin, maka jamu beras kencur juga berfungsi memperkuat sistem imun tubuh serta membantu meningkatkan nafsu makan. Jadi pas sekali dikonsumsi di tengah kondisi saat ini atau ketika sakit.

2. Menangkal radikal bebas

5 Manfaat Jamu Beras Kencur, Menjaga Stamina hingga Merawat Kulitverywellhealth.com

Ternyata, jamu beras kencur kaya akan anti-oksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas. Kandungan anti-infeksi dan anti-inflamasi juga dapat mencegah zat yang merangsang terjadinya radang atau nyeri. Karena mampu menangkal radikal bebas, maka jamu beras kencur membantu mencegah berbagai penyakit seperti kanker atau penyempitan pembuluh darah.

3. Mengatasi batuk dan flu

5 Manfaat Jamu Beras Kencur, Menjaga Stamina hingga Merawat Kulitfreepik.com

Adanya kandungan kencur di dalam jamu ini juga berfungsi mengatasi batuk dan flu, lho. Karena kencur akan membuat tubuhmu terasa hangat, sehingga dapat melegakan tenggorokan dan membuat perut terasa lebih nyaman. Untuk itu, jika kamu sedang batuk atau flu jangan buru-buru konsumsi obat, mungkin dengan minum jamu beras kencur, tubuh akan terasa lebih sehat. 

4. Mengurangi stres

5 Manfaat Jamu Beras Kencur, Menjaga Stamina hingga Merawat Kulitfreepik.com

Manfaat jamu beras kencur selanjutnya adalah mampu mengurangi stres berlebih. Kencur dipercaya sebagai salah satu tanaman herbal yang mampu menghangatkan tubuh dan juga menenangkan pikiran. Sehingga, cocok banget dikonsumsi sebelum beristirahat agar pikiran dan tubuhmu terasa lebih rileks.

5. Merawat kesehatan kulit

5 Manfaat Jamu Beras Kencur, Menjaga Stamina hingga Merawat Kulitlivingmagazine.net

Selain menggunakan skincare yang tepat, ternyata mengonsumsi beras kencur juga bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit. Seperti meredakan jerawat yang meradang, mencerahkan, hingga mengembalikan elastisitas kulit. Ternyata lengkap banget nih manfaat jamu beras kencur!

So, itu dia lima manfaat jamu beras kencur untuk tubuhmu. Harus diakui, minuman tradisional nggak hanya lezat tetapi  juga kaya akan manfaat. Selamat mencoba!

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Jenis Jamu yang Wajib Kamu Cicipi

Baca Juga: Aman dan Murah, Yuk Coba Obat Tradisional Penyakit Kulit Ini

Baca Juga: Resep Turun Temurun, Ini 8 Tanaman Obat Herbal dari Rempah-Rempah