Meskipun sudah sahur, ketika menjalankan puasa pasti kamu tetap merasa lapar dan haus. Terlebih di bulan puasa tahun ini, udara di siang hari terasa panas sekali, hingga membuat tenggorokanmu makin kering. 

Nah, tapi jangan menjadikan dahaga sebagai alasan untuk berbuka puasa di tengah hari ya. ternyata ada kok cara-cara untuk mengatasi rasa haus ketika menjalankan puasa. Wah apa aja tuh? Langsung intip aja tujuh cara menghilangkan haus saat puasa berikut ini!

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

7 Cara Menghilangkan Haus Saat Puasa, Tahan Sampai Adzan Magrib!eatthis.com

Cara pertama untuk mengatasi rasa haus ketika puasa adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Kamu dianjurkan untuk minum air mineral tiga gelas ketika sahur, dua gelas saat berbuka puasa, dan tiga gelas saat malam hari. Dengan pola minum seperti ini, maka tubuhmu akan terhidrasi dengan baik meskipun sedang puasa. 

2. Hindari melakukan aktivitas yang menghasilkan banyak keringat

7 Cara Menghilangkan Haus Saat Puasa, Tahan Sampai Adzan Magrib!racked.com

Olahraga saat menjalankan ibadah puasa memang dianjurkan, tapi ada baiknya kamu menghindari latihan fisik yang berat dan menghasilkan banyak keringat. Kegiatan yang mengeluarkan banyak keringan akan membuat cadangan airmu berkurang dan tenggorokan terasa lebih haus. Selama bulan puasa sebaiknya pilih olahraga yang ringan saja, ya! 

3. Mandi atau berendam dengan air sejuk

7 Cara Menghilangkan Haus Saat Puasa, Tahan Sampai Adzan Magrib!medicalnewstoday.com

Jika sinar matahari semakin terik dan rasa haus makin menjadi, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mandi atau berendam dengan air sejuk. Pastikan suhu air tidak terlalu dingin, karena tak baik juga untuk kesehatan kulit. Agar makin semangat, kamu bisa menggunakan sabun mandi yang beraroma segar. 

4. Jangan mengonsumsi makanan asin atau pedas

7 Cara Menghilangkan Haus Saat Puasa, Tahan Sampai Adzan Magrib!sandiegorestaurantweek.com

Berbuka puasa atau sahur memang paling nikmat dengan makanan yang memiliki rasa gurih atau pedas. Tapi, tahukah kamu kalau makanan pedas akan membuat tubuhmu kehilangan cairan karena mendorong produksi keringat. Selain itu, makanan asin akan membuat tenggorokan terasa makin kering. 

5. Hindari minuman berkafein

7 Cara Menghilangkan Haus Saat Puasa, Tahan Sampai Adzan Magrib!healthline.com

Minum kopi ketika sahur sudah menjadi kebiaasaan karena dianggap efektif melawan rasa kantuk. Padahal minuman berkafein seperti kopi, teh, atau soda bisa membuat kamu lebih sering buang air yang menyebabkan kekurangan cairan selama menjalankan ibadah puasa. Jika tak perlu, sebaiknya jangan mengonsumsi minuman berkafein ya. 

6. Konsumsi yogurt

7 Cara Menghilangkan Haus Saat Puasa, Tahan Sampai Adzan Magrib!seriouseats.com

Selain baik untuk pencernaan, ternyata yogurt juga kaya akan air, lho. Dalam satu cangkir yogurt mengandung 85 persen air yang dapat mengatasi haus saat puasa. Nah, untuk itu kamu bisa banget menyelipkan yogurt ketika sahur. Pilih rasa favoritmu biar makin semangat! 

7. Jaga tubuh dari sinar matahari berlebihan

7 Cara Menghilangkan Haus Saat Puasa, Tahan Sampai Adzan Magrib!pinterest.com

Kondisi seperti saat ini memang dianjurkan untuk berjemur di bawah sinar matahari. Tak hanya baik untuk tulang, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Meski begitu, ketika puasa baiknya hindari sinar matahari yang berlebihan, karena akan membuat tubuh menghasilkan keringat dan kehilangan cairan. Cukup 10 menit saja di jam 9-10 pagi ya, Bela! 

So, itu dia tujuh cara menghilangkan haus saat puasa. Nggak ada lagi deh batal puasa dengan alasan haus. Selamat mencoba, Bela! 

Baca Juga: Tanpa Minum, Ini 5 Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa

Baca Juga: Rekomendasi Face Mist untuk Lembapkan Kulit Ketika Berpuasa

Baca Juga: 5 Tips Sehat Saat Puasa, Tubuh Segar Ibadah Lancar!