Keberadaan softlens menjadi titik terang bagi pengguna kacamata. Pasalnya, menggunakan softlens dapat membantu penglihatan sekaligus menunjang penampilan. Tetapi nggak sedikit yang menyampingkan pentingnya menjaga kebersihan softlens. Padahal jika menggunakan softlens yang kotor bisa memicu terjadinya iritasi mata, lho! 

Nah, ternyata membersihkan softlens tak sulit dan praktis banget. Kamu cukup ikuti lima cara mudah mencuci softlens di rumah berikut ini! 

1. Pastikan tangan dalam keadaan bersih

5 Tips Mencuci Softlens di Rumah, Mata Sehat Terhindari dari Iritasi

Sebelum memegang softlens, baik ketika memasang ataupun melepaskan, pastikan tangan kamu sudah dicuci menggunakan air bersih dan sabun. Setelah itu, jangan lupa keringkan tangan menggunakan handuk bersih. Meski terkesan sepele, langkah ini penting banget untuk menjaga kesehatan mata ketika gunakan softlens.

2. Jangan biarkan kuku tanganmu panjang

5 Tips Mencuci Softlens di Rumah, Mata Sehat Terhindari dari Iritasilifesavvy.com

Kuku panjang memang terlihat cantik dan lebih mudah dipulaskan cat kuku. Namun, bagi pengguna softlens, jangan biarkan kukumu panjang. Karena, kuku panjang berisiko membuat softlens robek. Nggak hanya itu, bakteri dan kotoran juga lebih mudah tertinggal di sela-sela kuku. Jadi penting banget memiliki kuku yang pendek dan bersih ketika menggunakan softlens.

3. Air keran tidak untuk membersihkan softlens

5 Tips Mencuci Softlens di Rumah, Mata Sehat Terhindari dari Iritasinews.sky.com

Untuk alasan kenyamanan dan kesehatan, softlens sebaiknya dibersihkan baik sebelum maupun sesudah dikenakan. Tapi, jangan pernah membersihkan softlens menggunakan air keran. Meski terlihat bersih, kita tak pernah tahu bakteri apa saja yang ada di air keran tersebut. Bisa-bisa, bakteri tersebut memicu terjadinya iritasi pada mata. Jangan sampai, deh! 

4. Bersihkan menggunakan cairan khusus softlens

5 Tips Mencuci Softlens di Rumah, Mata Sehat Terhindari dari Iritasi1800contacts.com

Terus, membersihkan softlens pakai apa dong? Kamu bisa gunakan cairan khusus untuk membersihkan softlens. Tentu saja cairan tersebut sudah teruji aman untuk membersihkan softlens dan kesehatan mata. 

Nah, cara membersihkan softlens juga perlu kamu perhatikan lho. Gosok softlens dengan lembut dan bilas menggunakan cairan pembersih. Lalu letakan pada wadah softlens. Pastikan tidak ada debu atau kotoran yang tertinggal, ya.

5. Selalu jaga kebersihan wadah softlens

5 Tips Mencuci Softlens di Rumah, Mata Sehat Terhindari dari Iritasiwebeyecare.com

Nggak hanya softlens saja,  wadah penyimpanannya juga harus rutin dibersihkan. Kamu bisa menggunakan cairan softlens untuk membersihkan wadah penyimpanan. Agar kebersihannya selalu terjaga, pastikan mengganti wadah penyimpanan maksimal tiga bulan sekali, ya!

So, itu dia lima tips mencuci softlens di rumah yang mudah. Yuk, selalu jaga kesehatan matamu dengan rutin membersihkan softlens

Baca Juga: Aman untuk Mata, Ini 7 Cara Memilih Softlens yang Bagus

Baca Juga: 7 Tips Memakai Softlens agar Tetap Bersih dan Nyaman

Baca Juga: Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Menggunakan Softlens Yuk!