Untuk mendapatkan ssegenggam kesegaran yang memiliki sejuta manfaat, kamu bisa dapatkan semuanya dalam buah lemon yang terbukti kaya akan zat anti bakteri, anti virus dan mampu meningkatkan stamina karena kandungan asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoid, pektin, dan limonene yang mampu menjaga kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Tidak hanya itu, lemon juga dikenal sebagai penurun berat badan secara alami karena dapat memperlancar pencernaan dan membersihkan organ hati. Selain itu, lemon juga dapat digunakan sebagai pemutih wajah alami. Coba simak 7 manfaat dari segenggam lemon bagi kesehatanmu di sini!

Dapatkan 7 Manfaat Kesehatan dengan Mengonsumsi Segenggam Lemon

Air perasan jeruk lemon ternyata kaya akan vitamin C yang baik untuk mencegah dan mengobati flu. Tidak hanya itu, kandungan kalium yang terkandung dalam lemon mampu merangsang fungsi otak dan syaraf. Lemon di sini dapat berperan dalam mengontrol tekanan darah. Asam karbonat dalam lemon juga juga merupakan buah anti radang atau memberikan efek anti inflamasi. Air perasan lemon juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi serta mengandung saponin yang bersifat anti mokroba.

Dapatkan 7 Manfaat Kesehatan dengan Mengonsumsi Segenggam Lemon

Asam karbonat yang terkandung dalam air perasan jeruk ternyata mengandung serat pektin yang berperan penting dalam memberikan rasa anti lapas untuk memperkuat gigimu. Selain itu, dengan mengonsumsinya secara berkala dapat mempercepat proses penurunan tubuh.

Dapatkan 7 Manfaat Kesehatan dengan Mengonsumsi Segenggam Lemon

Air perasan jeruk lemon ternyata dapat merangsang saluran pencernaan dan gerak peristaltik dalam dinding usus sehingga membantu mengeluarkan sampah secara lebih efisien, dan menyembuhkan sembelit. Vitamin C di dalamnya juga membantu penurunan risiko tukak lambung disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori. Lemon juga dapat membantu meringankan masalah pencernaan bila dicampur dengan air hangat, termasuk di antaranya mual, mulas dan asam lambung naik ke kerongkongan.

Dapatkan 7 Manfaat Kesehatan dengan Mengonsumsi Segenggam Lemon

Vitamin C dalam air perasan jeruk lemon memiliki fungsi sebagai anti penuaan, menghilangkan kerutan dan komedo. Bila dioleskan pada daerah bekas luka maka akan dapat menyamarkan bekas luka tersebut serta flek hitam akibat paparan sinar UV. Air perasan jeruk lemon juga selain kaya akan vitamin C, juga kaya akan antioksidan sehingga jika kamu mengomsumsi lemon secara rutin dapat melawan keriput akibat radikal bebas serta membersihkan noda pada kulit dari dalam, tidak hanya itu anti bakteri yang terkandung dalam air perasan jeruk lemon dapat mengurangi timbulnya jerawat.

Dapatkan 7 Manfaat Kesehatan dengan Mengonsumsi Segenggam Lemon

Asam sitrat pada air perasan jeruk lemon yang hangat dapat memaksimalkan fungsi enzim yang merangsang kinerja organ hati sehingga memaksimalkan proses detoksifikasi tubuh secara keseluruhan melalui air seni. Air perasan lemon dapat membantu melarutkan asam urat dan racun lainnya yang ada dalam hati. Selain itu mampu meluruhkan batu empedu dan meringankan demam yang disebabkan malaria. Kandungan kalium yang tinggi dapat membantu menyembukan gejala gangguan hati yang bisa menyebabkan sembelit, pusing, muntah dan kehilangan nafsu makan.

Dapatkan 7 Manfaat Kesehatan dengan Mengonsumsi Segenggam Lemon

Air perasan jeruk lemon juga mengandung mineral dalam jumlah banyak yang dapat membantumu terhindar dari bahaya dehidrasi. Saat tubuh mengalami dehidrasi, organ tubuh tidak dapat melakukan semua fungsinya dengan optimal sehingga menyebabkan penumpukan racun, stres, sembelit dan masalah kesehatan lainnya.

Dapatkan 7 Manfaat Kesehatan dengan Mengonsumsi Segenggam Lemon

Jika tubuh memiliki ketidakseimbangan asam basa tubuh, maka akan rentan terserang penyakit. Meski lemon merupakan buah asam tapi adalah buah yang bagus untuk memastikan keseimbangan pH dalam tubuh. Lemon membantu membuat alkali dalam tubuh, dengan mengembalikan keseimbangan pH dalam tubuhmu.

Perasan air lemon dengan tambahan es bisa dijadikan opsi minuman segar untuk hari ini, Bela. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Cek 5 Makanan Penuh Nutrisi yang Ternyata Ada Dalam Isi Kulkasmu