Kamu pasti pernah mengalami sariawan, bukan? Bagaimana rasanya, Bela? Tentu hal ini membuat mulutmu sangat tidak nyaman. Selain membuat bau mulut, sariawan juga membuat kita merasa tidak enak dan sakit saat makan atau berbicara.

Memang, sariawan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan secara khusus. Namun, ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika ingin sembuh lebih cepat, kamu bisa menggunakan obat sariawan yang kini banyak ditemukan di toko obat atau apotik.

Apa saja rekomendasi obat sariawan terbaik dan harganya? Simak daftarnya berikut ini.

1. Mix Saga

Bikin Mulut Sehat, 10 Rekomendasi Obat Sariawan dan Harganyadok. internet

Selain dapat menyembuhkan sariawan, Mix Saga juga dapat mengobati batuk. Sehingga, obat ini sangat direkomendasikan untuk dimiliki di rumah karena manfaatnya yang cukup banyak.

Terbuat dari bahan-bahan alami, yakni ekstrak daun saga, daun sirih, pegagan dan campuran madu, Mix Saga juga tergolong aman jika dikonsumsi untuk anak-anak.

Harga: mulai dari Rp12.500

2. Obat Kumur Betadine

Bikin Mulut Sehat, 10 Rekomendasi Obat Sariawan dan Harganya

Untuk menyembuhkan sariawan lebih cepat, salah satu caranya adalah dengan selalu menjaga kebersihan mulut. Kamu bisa menggunakan Obat Kumur Betadine untuk membersihkan rongga mulut agar bakteri di dalamnya hilang, sehingga luka akibat sariawan menjadi lebih cepat sembuh.

Merek obat luka ini menghadirkan obat kumur yang memiliki kandungan 1% povidon Iodine. Kandungan ini berfungsi untuk mengobati pembengkakan pada mulut, serta membersihkan bakteri.

Harga: mulai dari Rp10.000

3. Taiso Patch

Bikin Mulut Sehat, 10 Rekomendasi Obat Sariawan dan Harganyadok. internet

Jika sedang mengalami sariawan, mulut rasanya sangat tidak nyaman. Terlebih lagi jika sariawan tersebut tak sengaja tersenggol lidah atau tergigit saat makan dan berbicara, pasti rasanya perih. Kamu bisa menggunakan Taiso Patch untuk menutupinya. Sehingga, jika secara tak sengaja tersenggol, sariawanmu tidak lagi terasa sakit.

Cara kerja Taiso Patch mirip dengan Acne Patch. Kamu hanya tinggal menutup sariawan dengan Taiso Patch ini selama beberapa jam dan sariawanmu akan jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Tapi, ingat, ya, jangan sampai tertelan karena produk asal Jepang ini memiliki kandungan yang cukup berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

Harga: mulai dari Rp125.000

4. Aloclair Spray

Bikin Mulut Sehat, 10 Rekomendasi Obat Sariawan dan Harganya

Cara kerja dari Aloclair Spray hampir mirip dengan Taiso Patch. Bedanya, Aloclair Spray berbentuk spray yang harus kamu semprotkan pada mulut yang mengalami sariawan. Kandungan polyvinylpyrrolidone pada Aloclair Spray akan membentuk selaput tipis yang akan melindungi sariawan dari gesekan saat makan atau berbicara. Sehingga, sariawan dapat sembuh lebih cepat.

Namun, untuk menggunakannya jangan terlalu lama. Semprotkan Aloclair Spray dan diamkan selama dua menit saja. Lalu, bersihkan dengan berkumur.

Harga: mulai dari Rp95.000

5. Aloclair Kumur

Bikin Mulut Sehat, 10 Rekomendasi Obat Sariawan dan Harganyadok. internet

Masih dari brand yang sama dengan poin sebelumnya, Aloclair juga memiliki varian obat kumur yang lebih praktis untuk mengobati jerawat. Obat kumur satu ini memiliki kandungan glycyrrhetinic acid, lidah buaya dan sodium hyaluronate yang berfungsi sebagai anti-bakteri yang mampu membersihkan mulut dan mengobati sariawan.

Aloclair tidak mengandung alkohol, sehingga kamu tidak akan merasakan sensasi tajam dan menyengat saat mencobanya. Obat kumur ini juga bisa digunakan untuk anak-anak karena memiliki rasa manis.

Harga: mulai dari Rp88.000

6. Enkasari

Bikin Mulut Sehat, 10 Rekomendasi Obat Sariawan dan Harganyadok. internet

Jika kamu menyukai bahan-bahan herbal untuk obat sariawan, Enkasari bisa menjadi pilihan tepat, nih. Terbuat dari ekstrak daun sirih, Enkasari bukan cuma mampu menghilangkan bakteri penyebab sariawan, tapi juga menghilangkan bau mulut. Pas banget untuk selalu disediakan di rumah.

Harga: mulai dari Rp15.500

7. Gentian Violet

Bikin Mulut Sehat, 10 Rekomendasi Obat Sariawan dan Harganya

Mungkin kamu pernah melihat juga, Bela, obat sariawan yang memberikan efek ungu pada mulut dan bibir? Jika pernah, tenang saja, itu bukan keracunan, kok. Melainkan efek dari obat Gentian Violet yang mampu membunuh bakteri dan jamur penyebab sariawan. Kamu tak perlu khawatir, warna ungu pada bibir dapat hilang dengan berkumur. 

Harga: mulai dari Rp15.000

8. Plester Sariawan Ulceloocin

Bikin Mulut Sehat, 10 Rekomendasi Obat Sariawan dan Harganya

Jika Taiso Patch kurang aman jika tertelan, Plester Sariawan Ulceloocin memiliki kandungan yang aman jika tidak sengaja tertelan. Obat sariawan ini ampuh menyembuhkan sariawan dengan bekerja melindungi luka sekaligus membersihkan bakteri penyebab sariawan.

Harga: mulai dari Rp29.000

9. Efisol Liquid

Bikin Mulut Sehat, 10 Rekomendasi Obat Sariawan dan Harganyadok. internet

Obat sariawan selanjutnya adalah Efisol Liquid. Obat ini memiliki dua cara untuk menggunakannya, yakni dengan dioleskan atau dilarutkan dalam air sebagai obat kumur. Dua cara tersebut sama-sama ampuh untuk mengatasi jerawat, kok.

Efisol Liquid mengandung dequalinium chloride yang ampuh sebagai antiseptik. Sehingga, bakteri dan kuman di mulut hilang, membuat sariawan cepat pulih. 

Harga: mulai dari Rp27.500

10. Kuldon Sariawan

Bikin Mulut Sehat, 10 Rekomendasi Obat Sariawan dan Harganya

Rekomendasi obat sariawan lainnya adalah Kuldon Sariawan. Berbeda dengan obat sariawan yang sudah disebutkan sebelumnya, Kuldon Sariawan digunakan dengan cara dihisap. Dengan akar alang, daun saga dan thymi, Kuldon Sariawan memberikan sensasi segar di mulut sekaligus mengobati sariawan.

Harga: mulai dari Rp2.000

Itu tadi daftar rekomendasi obat sariawan terbaik dan harganya yang ampuh untuk kamu gunakan. Supaya sariawan cepat reda, selalu sedia obat-obat di atas di kotak obatmu, ya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Obat Sakit Kepala dan Harganya

Baca Juga: 9 Rekomendasi Merek Obat Jerawat di Apotek dan Harganya 

Baca Juga: 6 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit, Mengobati Jerawat hingga Anti-aging