Sarapan umumnya dilakukan saat pagi hari antara pukul 8.00 WIB sampai pukul 9.00 WIB. Orang-orang biasanya mengkonsumsi berbagai jenis makanan waktu sarapan untuk energi beraktivitas seharian. Karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi sarapan yang sehat di pagi hari agar tubuh tetap bugar dan bebas dari penyakit.

Namun sayangnya, banyak orang mengabaikan pentingnya sarapan dan melewatkannya dari rencana makan sehari-hari sehingga dapat menimbulkan penyakit. Berikut 10 efek paling merugikan dari melewatkan sarapan yang perlu kamu ketahui.

1. Memengaruhi kesehatan jantung

9 Efek Buruk untuk Kesehatan Jika Kamu Malas Sarapan, Pahami Ya!pinterest.com

Melewatkan sarapan menghasilkan peningkatan tekanan darah tinggi dan stres yang kemudian seiring dengan perjalanan waktu dapat melahirkan masalah jantung serta penyumbatan pembuluh darah. Melewatkan sarapan sesering mungkin juga dapat membuat tubuh kamu rentan terhadap komplikasi jantung kronis.

2. Menyebabkan rambut rontok

9 Efek Buruk untuk Kesehatan Jika Kamu Malas Sarapan, Pahami Ya!hellosehat.com

Melewatkan sarapan juga buruk bagi kesehatan rambut karena dapat mengurangi pembentukan keratin yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut. Sarapan diperlukan untuk kesehatan rambut karena menawarkan nutrisi lengkap dan kekuatan untuk folikel rambut yang pada gilirannya membuat akar rambut kuat. Oleh karena itu disarankan bagi pria maupun wanita untuk sarapan dengan makanan kaya protein tepat waktu agar dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga folikel rambut dari masalah kerontokan.

3. Menurunkan metabolisme

9 Efek Buruk untuk Kesehatan Jika Kamu Malas Sarapan, Pahami Ya!Toptier.id

Melewatkan sarapan juga buruk untuk metabolisme dan menurunkan tingkat kekebalan tubuh. Menghindari sarapan sesering mungkin dapat membuat hati lemah dengan merusak sel-sel hati. Kemudian hal itu berakibat pada gangguan hati yang kompleks seperti penyakit kuning serta komplikasi kesehatan lainnya seperti anemia. Studi membuktikan bahwa orang yang sarapan secara teratur umumnya memiliki metabolisme yang lebih tinggi.

4. Menyebabkan diabetes

9 Efek Buruk untuk Kesehatan Jika Kamu Malas Sarapan, Pahami Ya!versanthealth.com

Melewatkan sarapan juga mengarah ke penyakit diabetes tipe 2 dan umumnya wanita karena mereka biasanya memiliki kebiasaan melewatkan sarapan karena jadwal sibuk di dapur. Oleh karena itu, wanita harus mengkonsumsi makanan sehat dalam jumlah cukup di pagi hari sebagai sarapan untuk melindungi tubuhnya dari kondisi kesehatan yang parah.

5. Menyebabkan kanker

9 Efek Buruk untuk Kesehatan Jika Kamu Malas Sarapan, Pahami Ya!singaporeguidebook.com

Melewatkan sarapan juga meningkatkan resiko kanker, terutama di antara orang-orang yang kelebihan berat badan dan mengikuti rencana penurunan berat badan tertentu. Melewatkan sarapan dapat memicu sel kanker berbahaya yang seiring berjalannya waktu bisa mengancam kehidupan.

6. Memengaruhi fungsi kognitif

9 Efek Buruk untuk Kesehatan Jika Kamu Malas Sarapan, Pahami Ya!Dok.Internet

Melewatkan sarapan juga memengaruhi fungsi kognitif terutama di kalangan anak muda dan remaja yang tidak punya cukup waktu untuk sarapan dalam jadwal sibuk mereka. Fungsi kognitif yang tidak tepat umumnya meningkatkan risiko masalah kesehatan kompleks pada ginjal dan paru-paru.

7. Kenaikan berat badan yang tidak terduga

9 Efek Buruk untuk Kesehatan Jika Kamu Malas Sarapan, Pahami Ya!hellosehat.com

Kedengarannya aneh, tetapi kadang-kadang melewatkan sarapan bagi seseorang yang mengikuti program penurunan berat badan, pada umumnya justru meningkatkan keinginan makanan berlemak dan bergula saat makan siang maupun makan malam. Melewati sarapan bukanlah solusi untuk mencapai penurunan berat badan secara cepat karena biasanya mengganggu asupan kalori setiap hari yang direkomendasikan oleh ahli gizi.

8. Menurunkan tingkat energi

9 Efek Buruk untuk Kesehatan Jika Kamu Malas Sarapan, Pahami Ya!Dok.Internet

Melewatkan sarapan memiliki efek buruk pada suasana hati dan tingkat energi seseorang. Orang yang memiliki kebiasaan seperti itu biasanya menyadari kelelahan sejak awal dan kurang konsentrasi saat melakukan tugas rutinitas sehari-hari. Melewatkan sarapan sesering mungkin juga memberi tekanan pada pikiran dengan membuat saraf otak lelah.

9. Menyebabkan migrain

9 Efek Buruk untuk Kesehatan Jika Kamu Malas Sarapan, Pahami Ya!Dok.Internet

Melewatkan sarapan juga dapat membuat tubuh rentan terhadap masalah terkait otak seperti migrain sehingga meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Gejala awal migrain termasuk sakit kepala dan hipoglikemia yang terutama bertanggung jawab atas komplikasi tersebut.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "9 Efek Buruk untuk Kesehatan Jika Kamu Malas Sarapan, Pahami Ya!"

Baca Juga: Jangan Dilewatkan, Ini 7 Manfaat Sarapan Pagi bagi Kesehatan