Pusing merupakan kondisi di mana seseorang merasakan ketidakseimbangan antara tubuh dan otak serta sensasi mengambang atau kepala terasa berat yang dapat mengakibatkan mual. Pusing identik sebagai gejala penyakit ringan yang umum dirasakan oleh setiap orang seperti masuk angin, demam dan sakit kepala biasa. 

Meski sering disebut seperti itu, tetapi jangan menghiraukanya begitu saja jika hal tersebut berlangsung selama terus menerus. Ada beberapa penyakit berbahaya yang dapat muncul hanya ditandai dengan pusing kepala saja, seperti 5 penyakit dibawah ini. 

1. Vertigo

Vertigo merupakan kondisi seseorang yang mengalami pusing kepala secara terus menerus dalam rentan waktu satu sampai dua jam dan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Kondisi ini membuat seseorang merasakan bahwa dirinya dan lingkungan sekitar berputar-putar. 

Gejala pusing vertigo ini dapat diatasi dengan membiarkan seseorang untuk duduk dan rileks saat kambuh. Penangan vertigo dinilai cukup mudah jika sudah diketahui gejala awalnya, yaitu segerakan periksakan kedokter untuk didiagnosa lebih lanjut. Jika mendapatkan penanganan secara cepat makan vertigo dapat diatasi sebelum berlanjut pada tingkat berbahaya. 

Sering Merasa Pusing? Bisa Jadi Kamu Terkena 5 Penyakit Inipowerofpositivity.com

2. Meningitis

Meningitis merupakan peradangan yang terjadi pada selaput pelindung otak dan tulang belakang manusia. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus, bakteri dan jamur. Selain pusing kepala gejala lain yang dapat dirasakanya dapat berupa demam, muntah, linglung dan kaku pada leher. 

Sebelum berlanjut pada tingkat keparahan yang dapat menyebabkan kematian, sebaiknya segera periksakan dirimu saat sudah mengetahui gejalanya terutama saat pusing kepala yang dirasa tak kunjung sembuh. 

3. Tumor otak

Tumor otak merupakan penyakit yang menyerang otak manusia yang diakibatkan oleh tumbuhnya jaringan dalam sel otak yang nilai tidak normal. Tidak hanya dari jaringan otak saja, penyakit tumor otak dapat diakibatkan juga oleh sel kanker dari organ lain yang menyebar hingga sampai pada jaringan otak. 

Selain itu tumor otak dapat disebabkan pula oleh faktor keturunan dalam diri seseorang. Penyakit tumor otak dapat dibedakan menjadi dua yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Penanganan yang dilakukannya pun berbeda-beda, oleh sebab itulah jika kamu sudah menemukan gejala pusing yang tak normal dan memiliki riwayat penyakit tumor otak pada genmu segera periksakan pada dokter spesialis terdekat. 

4. Radang otak

Radang otak merupakan penyakit yang menyerang otak manusia yang disebabkan oleh bakteri dan virus yang berbahaya. Selain itu penyakit ini bisa saja diakibatkan oleh gangguan atas sistem imun yang ada pada diri manusia. 

Seseorang yang mengalami radang otak dapat merasakan kebingungan dan sakit kepala yang sangat parah. Hal yang lebih parahnya seseorang yang mengidap penyakit radang otak ini dapat mengalami keperibadian yang berubah-ubah. Oleh sebab itulah ketika kita sudah merasakan gejala pusing kepala yang tidak normal dan terjadi dalam waktu yang lama segera periksakan dirimu untuk mendapat penanganan yang lebih awal. 

Sering Merasa Pusing? Bisa Jadi Kamu Terkena 5 Penyakit Inirefinery29.com

5. Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan kondisi tubuh manusia di mana kadar gula dalam darah berada di bawah angka normal pada umumnya yakni 70mg/dL. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang merasa lemas dan tidak bersemangat dalam beraktivitas seperti biasanya. 

Hipoglikemia yang tidak cepat ditangani dapat menyebabkan penyakit yang sangat serius dan berbahaya.Tanda jika penyakit ini sudah mencapai tahap serius dapat menyebabkan pengelihatan terlihat kabur, hilang kesadaran dan kejang-kejang. 

Nah, itulah penyakit berbahaya yang ditandai dengan gejala awal pusing kepala. Jika tak ingin semua itu terjadi padamu segera periksakan diri ke dokter spesialis terdekat terutama saat pusing kepala itu terjadi dalam waktu lama dan tak kunjung sembuh juga. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Penyakit Berbahaya yang Diawali dengan Gejala Pusing"

Baca Juga: 10 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat