Nggak cuma sebagai penambah cita rasa dalam masakan, ternyata kunyit bisa dijadikan ramuan minuman menyehatkan, lho. Dengan mengolahnya menjadi minuman seperti teh  dan rutin mengonsumsinya setiap pagi, kamu akan merasakan khasiat yang menakjubkan bagi tubuh kamu.

Ini karena kunyit memiliki segudang zat dan vitamin yang baik bagi tubuh. Mulai dari anti peradangan sampai mencegah kanker, semuanya bisa kamu dapetin dari segelas air kunyit.

1. Anti peradangan

Khasiat pertama yang bakal kamu dapetin setelah mengonsumsi air kunyit setiap paginya adalah mengurangi rasa nyeri pada tubuh dan anti peradangan. Yup, kunyit memang sudah dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki anti-inflamasi yang cukup kuat.

Penelitian juga sudah membuktikkan bahwa air kunyit mampu mengatasi masalah pencernaan. Dengan rajin meminum air kunyit setiap pagi, terbukti dapat menyembuhkan radang usus dan dapat melndungi pencernaan dari peradangan usus.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Khasiat kedua dari rutin mengonsumsi air kunyit di pagi hati adalah dapat membuat jantung kita semakin sehat. Kandungan curcumin yang ada pada kunyit dipercaya ampuh membantu menghilangkan plak dari pembuluh darah dan dapat juga mencegah penggumpalan darah di jantung. So, semakin sering kita mengonsumsinya, semakin bertambah sehat pula jantung kita.

7 Khasiat Rutin Minum Air Kunyit di Pagi Hari, Coba Deh!refinery29.com

3. Meredakan diare

Nggak cuma daun jambu biji yang terkenal ampuh menangani diare, ternyata air kunyit juga bisa menjadi obat alami untuk meredakan diare. Dengan meminum ramuan herbal teh kunyit, diare yang menyerang bakal cepat pergi nih. Ini karena kandungan curcumin pada kunyit mampu melawan bakteri ataupun virus yang menyebabkan diare.

Selain itu, kandungan magnesium dan kalium pada kunyit juga dapat membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat serangan diare.

4. Anti-aging alami

Siapa bilang perawatan wajah itu butuh modal yang mahal? Eits, sekarang kamu nggak perlu lagi repot-repot ke salon dan mengeluarkan biaya yang super mahal. Karena dengan rajin mengonsumsi air kunyit kamu bakal mendapatkan wajah yang fresh dan awet muda. Hal ini disebabkan karena zat curcumin pada kunyit juga digadang-gadang bisa menjadi anti-aging alami bagi kulit terutama wajah.

Selain curcumin, kandungan antioksidan yang cukup banyak pada kunyit juga bisa membuat kulit terbebas dari berbagai radikal bebas yang ada pada tubuh dan bisa memperlambat proses penuaan pada kulit.

Kamu juga bisa mengolah kunyit sebagai masker untuk mendapatkan wajah yang cerah, dengan mencampurkan pasta atau bubuk kunyit dengan tepung beras atau bahan alami lainnya.

7 Khasiat Rutin Minum Air Kunyit di Pagi Hari, Coba Deh!refinery29.com

5. Melindungi hati dari kerusakan

Air kunyit ternyata bisa juga melindungi hati dari berbagai bakteri dan racun yang mematikan lho. Zat dan vitamin yang terkandung dalam kunyit mampu mengendalikan dan melindungi hati dari berbagai racun. Nggak cuma itu, air kunyit juga mampu meregenerasi sel-sel hati yang rusak.

6. Mengendalikan gula darah

Buat kamu yang punya penyakit diabetes, kamu bisa menggunakan campuran air kunyit dengan asam jawa untuk menyembuhkannya. Sifat anti-inflamasi pada kunyit inilah yang diduga mampu menurunkan gula darah.

7 Khasiat Rutin Minum Air Kunyit di Pagi Hari, Coba Deh!yahoo.com

7. Sebagai anti kanker

Terakhir, khasiat dari air kunyit adalah dapat mencengah penyakit kanker. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada kunyit dipercaya mampu menjadi penangkal dari  berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan juga dapat melindungi sel-sel dari kerusakan.

Banyak banget kan khasiat dari mengonsumsi air kunyit bagi tubuh. Satu lagi yang perlu kamu tahu, air kunyit juga bisa meredakan rasa nyeri saat haid lho. So, tunggu apalagi, mulai hari ini rajin-rajin, deh minum air kunyit.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "7 Khasiat Rutin Minum Air Kunyit di Pagi Hari, Coba Deh!"

Baca Juga: 7 Manfaat Masker Kunyit untuk Kesehatan Kulit Wajah