Jam Makan untuk Diet yang Tepat, Efektif Turunkan Berat Badan

Jangan sampai lewat jamnya, ya!

Jam Makan untuk Diet yang Tepat, Efektif Turunkan Berat Badan

Jam makan untuk diet menjadi satu hal penting selain memperhatikan menu makanannya. Sebab, mengonsumsi makan pada waktu yang sembarangan bisa memengaruhi metabolisme tubuh menjadi terganggu.

Jika metabolisme terganggu, gula darah pun bisa meningkat dan membuat lemak dalam tubuh makin menumpuk. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa waktu makan memiliki dampak pada penurunan berat badan lebih besar. 

Lalu, kapan waktu paling tepat untuk makan saat sedang diet? Meski setiap individu mungkin berbeda, tetapi waktu berikut ini adalah saat yang paling efektif untuk bisa menurunkan berat badan. 

1. Rekomendasi jam makan untuk diet

Jam Makan untuk Diet yang Tepat, Efektif Turunkan Berat Badan

Penurunan berat badan bukan sekadar memperhatikan kalori saja, tetapi juga kualitas makanan yang akan dikonsumsi. Namun, selain memperhatikan nutrisi pada makanan, variabel lainnya yang perlu diperhatikan adalah waktu makan. 

Melansir Eatingwell, waktu makan memiliki pengaruh besar pada keberhasilan penurunan berat badan. Jam makan untuk diet ini memang mungkin berbeda setiap individu. 

Namun, ada rekomendasi umum waktu makan yang menurut penelitian paling efektif untuk menurunkan berat badan. Sebelumnya, kamu perlu mengetahui bahwa makan digunakan untuk mengisi energi. 

2. Jam untuk sarapan pagi

Sarapan paling menentukan jam makan untuk diet. Sebab, orang yang sehat setidaknya memberikan jeda 12 jam antara makan malam terakhir dengan makan pertama hari berikutnya atau sarapan. Hal itu akan berpengaruh positif pada kesehatan dan penurunan berat badan. 

Misalnya, saat kamu mengakhiri makan pada pukul 7 malam, maka sebaiknya kamu memakan sarapan pada pukul 7 pagi. Namun, pastikan setidaknya terdapat jeda 12 jam istirahat antara makan malam dengan waktu makan berikutnya. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sarapan secara teknis mengacu pada saat kamu berbuka puasa dari hari sebelumnya. Namun yang terpenting, isilah tubuh dengan makanan kaya nutrisi saat sarapan agar tubuh berenergi. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here