Pada bulan Juli 2022 lalu sebagai bentuk memperingati Hari Buah Sedunia, PT Unilever Indonesia, Tbk. melalui Buavita membuat kampanye #AyoMinumBuah untuk mengedukasi dan mendorong masyarakat meningkatkan konsumsi harian buah bagi kesehatan dan daya tahan tubuh. 

Menghadirkan instalasi "Giant Fruit Buavita" di area Gelora Bung Karno selama 15 – 17 Juli 2022, sebanyak 9.992 orang telah mendapatkan berbagai bentuk edukasi mengenai buah sambil menikmati kesegaran Buavita sebagai pelengkap gaya hidup sehat merek. 

Melanjutkan kampanye #AyoMinumBuah, Buavita mengadakan acara dengan turut mengundang dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK, Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Institut Pertanian Bogor, serta Nirina Zubir, Aktris dan pegiat gaya hidup sehat. Apa saja pesan yang disampaikan? Simak terus artikel berikut ini!

Selaras dengan upaya Kementerian Kesehatan RI

Kampanye #AyoMinumBuah Ajak Masyarakat Meningkatkan Konsumsi Buah Popbela.com/NabilaDamaan

Rata-rata jumlah konsumsi buah masyarakat Indonesia di tahun 2020, hanya sebesar 88,56 gram/kapita/perhari, turun sebesar 1,4% dibandingkan di tahun 2019. Di mana jumlah konsumsi buah masyarakat Indonesia masih cukup dari rekomendasi WHO dan Kemenkes RI, yaitu 150 gram/kapita/perhari. Data tersebut disampaikan dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. 

Apalagi, selama 2 dekade terakhir, kemunculan penyakit infeksi baru berupa wabah penyakit menular terus meningkat secara signifikan. Menyikapi hal tersebut, Buavita dengan brand purpose ‘Delightful Nutrition, Powered by Fruits’, menukung upaya pemerintah meningkatkan kesadaran mengonsumsi buah lewat kampanye #AyoMinumBuah. 

“Melihat berbagai isu kesehatan yang terus berkembang di tengah masyarakat, dan percaya akan kekuatan buah bagi kesehatan dan daya tahan tubuh, kali ini Buavita meluncurkan kampanye #AyoMinumBuah untuk mengedukasi mengenai proporsi konsumsi buah yang ideal kepada masyarakat sehingga mereka terdorong untuk melengkapi kebutuhan harian buah demi daya tahan tubuh yang lebih terjaga, salah satunya dibantu dengan minum jus buah setiap hari,” ungkap Ari Astuti, Head of Marketing Nutrition Indonesia, PT Unilever Indonesia, Tbk

Penyebab kurangnya kesadaran konsumsi buah pada masyarakat Indonesia

Kampanye #AyoMinumBuah Ajak Masyarakat Meningkatkan Konsumsi Buah unsplash.com/Jacopo Maia

Konsumi buah yang anjurkan adalah 1/6 dari jumlah lauk yang ada di dalam piring. Menurut dr. Diana konsumsi buah yang ideal adalah minimal 2-3 porsi sehari. "Itu jumlah minimal, lho. Bahkan dari jumlah minimal tersebut masih banyak yang belum tercapai," jelas Dr. Diana.

Kesadaran masyarakat Indonesia masih sangat rendah terhadap mengonsumsi buah, padahal banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari buah yang kita konsumsi. Tentunya kurangnya kesadaran masyarakat terhadap buah disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah edukasi tentang berbagai jenis buah serta manfaatnya.

"Dari berbagai survei yang dilakukan, masih banyak masyarakat yang berpresepsi bahwa makanan itu cukup kenyang saja tanpa memperhatikan komposisi seperti karbohidrat, protein, sayur dan buah itu harus ada, banyak yang masih lupa memenuhi itu semua. Kedua, akses masyarakat terhadap daya beli buah. Ketiga, penyajian buah yang cukup ribet (harus segar) faktor ketidakpraktisan juga menjadi salah satu penyebab minimnya kesadaran masyrakat terhadap konsumsi buah," papar Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Institut Pertanian Bogor.   

Tantangan 21 hari konsumsi buah

Kampanye #AyoMinumBuah Ajak Masyarakat Meningkatkan Konsumsi Buah Popbela.com/NabilaDamaan

Sebagai latar belakang, kampanye ini terinspirasi dari hasil studi yang dilakukan Buavita bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor terhadap 100 orang ibu Indonesia. Studi ini dilakukan selama 21 hari secara online dengan mengikutsertakan 100 ibu-ibu milenial sekitar Jabodetabek. Studi yang dikepalai  Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, ini ingin melihat perubahan pengetahuan, sikap, dan praktik konsumsi buah terhadap 100 orang ibu yang terlibat.  

Pada acara yang berlangsung pada (01/08/22) Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan berkesempatan memaparkan hasil studinya yang menunjukan perubahan yang cukup signifikan terhadap pengetahuan dan perilaku responden terhadap konsumsi buah.

"Antara lain: rata-rata pengeluaran rumah tangga responden untuk membeli buah (per minggu) telah meningkat sebesar 40%; lebih dari 90% responden yang tadinya hanya mengonsumsi 1 porsi buah per hari telah meningkatkan konsumsi buah hariannya; dan 97,8% responden telah terdorong untuk mewajibkan anak mengonsumsi buah. Hasilnya, jumlah porsi buah yang dikonsumsi anak mereka pun jadi meningkat.”

Cara Nirina Zubir ajak anak kenali buah

Kampanye #AyoMinumBuah Ajak Masyarakat Meningkatkan Konsumsi Buah Popbela.com/NabilaDamaan

Turut pula mengundang Nirina Zubir untuk membagikan pengalaman memperkenalkan buah kepada anak-anaknya sejak dini. Dirinya mengaku ingin menularkan kebiasaan baik kepada orang-orang terdekatnya terutama sang buah hati. 

"Anak adalah peniru ulung, untuk itu untuk menularkan kebiasaan baik, harus dari aku terlebih dahulu. Memberikan contoh dan menikmati buah di depan anak-anak dilakukan supaya anak-anakku juga tertarik," cerita Nirina dengan antusias.

Selain mencontohkan dan menikmati buah di depan anak-anak. Banyak cara yang dilakukan Nirina agar anak-anaknya lebih melek lagi terhadap konsumsi buah. Salah satunya adalah membuat permainan interaktif seputar buah-buah, dan mengkreasikan sajian buah di rumah dengan Buavita.

"Misal, setiap kita beli buah, karena jarak rumah ke toko cukup dekat aku ajak mereka untuk jalan kaki ke sana. Sesampainya di toko kita biasanya akan main tebak-tebakan buah, karena jujur anak-anak saya juga masih minim pengetahuan tentang buah, dengan cara ini aku bisa memperkenalkan buah dengan cara yang seru," lanjut Nirina.

Dalam waktu dekat, Buavita juga akan mengadakan kunjungan ke sejumlah Sekolah Dasar di wilayah Jabodetabek untuk membantu menanamkan kebiasaan mengonsumsi buah setiap hari sejak usia dini. Dengan adanya kampanye #AyoMinumBuah diharapkan masyarakat dapat terlindungi dari berbagai macam penyakit, sehingga bisa menikmati hidup yang berkualitas hingga nanti. 

Baca Juga: Sajian Segar, Resep Pineapple Sorbet dengan Potongan Buah

Baca Juga: Ternyata Cocok Jadi Dessert, ini 5 Fakta Buah Pala Papua

Baca Juga: ‘Fruit Hack’ Untukmu yang Suka Banget Makan Buah-buahan