Memilki tubuh ideal dan tinggi pastinya impian semua orang ya, Bela. Namun, tidak semua orang dilahirkan dengan tubuh tinggi. Banyak orang yang mencoba meninggikan badan berolahraga sampai meminum obat-obatan peninggi badan yang mahal namun memiliki efek samping yang tidak bisa dianggap remeh. 

Umumnya, pertumbuhan tinggi badan kita berhenti setelah awal pubertas atau ketika plat di tulang tubuh kita telah menyatu. Namun, pertumbuhan masih bisa berlanjut untuk beberapa orang bahkan pada usia 22-25. Jadi, kamu masih berkemungkinan menambah beberapa inci tinggimu setelah tahap ini dengan berolahraga.  

Yuk, simak jenis-jenis olahraga yang bisa meninggikan badanmu di bawah ini!

1. Cobra stretch

Mudah Dilakukan, Ini 8 Olahraga untuk Meninggikan BadanYogauonline.com

Olahraga yang termasuk kedalam yoga ini dimaksudkan untuk meregangkan tulang belakangmu. Hal ini agar tulang belakangmu lentur dan fleksibel dan bermanfaat untuk pertumbuhan tulang rawan di antara tulang belakangmu yang menyebabkan peningkatan tinggi badan.  

Berbaringlah di lantai dengan wajah menghadap ke bawah dan telapak tangan di lantai di bawah bahumu Lengkungkan tulang belakang ke atas dan arahkan dagumu untuk membentuk sudut yang lebih tinggi. Melengkung ke belakang sejauh mungkin. Ulangi minimal 3-4 kali dengan durasi 5-30 detik. 

2. Dry land swing

Mudah Dilakukan, Ini 8 Olahraga untuk Meninggikan BadanMudrsoc.com

Latihan menendang ini berfokus pada punggung bagian bawah. Kamu bisa memulainya dengan berbaring secara telungkup. Renggangkan tubuhmu di area yang luas. Letakkan tangan lurus di depan dengan telapak tangan menghadap ke bawah ke lantai. Kemudian angkat lengan kirimu lebih tinggi dari lengan kanan. Jaga agar kaki tetap lurus, lalu angkat kaki kanan sejauh mungkin dari tanah ke udara. Tetap dalam posisi ini minimal 4 detik kemudian ulangi dengan kaki dan tangan lainnya.  

Setidaknya, kamu harus bisa menahan posisi ini sampai 20 detik. Menambahkan bobot di pergelangan tangan dan pergelangan kaki akan lebih bermanfaat karena akan mengencangkan otot punggung bagian bawah dan meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Pilates Role Over

Mudah Dilakukan, Ini 8 Olahraga untuk Meninggikan BadanVerywellfit.com

Latihan ini membantu meregangkan tulang belakang dan menambah panjang tubuh bagian atas mu. Latihan Ini juga dapat meregangkan dan memanjangkan tulang belakang lehermu. Mulailah dengan berbaring telentang dengan lengan di samping dan telapak tangan menghadap ke bawah. 

Tahan kedua kakimu dan rentangkan lurus ke atas mengarah ke langit-langit dan tekuk ke belakang agar menyentuh lantai. Menyentuh lantai dengan cara ini mungkin tampak sulit pada awalnya, tetapi dengan latihan hal ini akan menjadi lebih mudah. Semakin kamu meregangkan tubuh, semakin panjang tulang belakangmu.

4. Forward spine stretch

Mudah Dilakukan, Ini 8 Olahraga untuk Meninggikan BadanSworkit.com

Duduk tegak dengan kaki diluruskan ke depan. Renggangkan kakimu selebar bahu dan lenturkan. Tarik napas dan rentangkan tanganmu ke depan. Saat melakukannya, tekuk tubuh ke depan dan coba untuk menyentuh ujung jari kakimu. Jika kamu dapat menyentuh ujung jari kaki, maka kamu dapat mencoba melakukan peregangan lebih banyak lagi agar tulang belakangmu tertekuk sampai batas maksimum. Ini mungkin tampak sulit pada awalnya, tetapi dapat dilakukan dengan latihan rutin.

5. Forward bend

Mudah Dilakukan, Ini 8 Olahraga untuk Meninggikan BadanYogajournal.com

Ini adalah latihan yang terkenal dan banyak diikuti untuk meningkatkan tinggi badan, lho. Caranya,  berdiri tegak dengan kedua kakimu terbuka lebar. Rentangkan tanganmu lurus ke atas, tekuk ke bawah dan sentuh lantai dengan tanganmu, tanpa menekuk lutut. Kemudian, kembali ke posisi awal. 

6. Spot jump

Mudah Dilakukan, Ini 8 Olahraga untuk Meninggikan BadanGethealthaccess.com

Gerakan satu ini sangatlah mudah. Caranya, buka kakimu selebar bahu. Sekarang, mulailah melompat dengan tangan lurus ke atas di udara selama minimal 2 menit. 

7. Rope skipping

Mudah Dilakukan, Ini 8 Olahraga untuk Meninggikan BadanUnsplash.com

Setelah latihan-latihan di atas, ternyata lompat tali tidak kalah penting dari latihan lainnya. Lompat tali sangat bermanfaat untuk membuat badanmu menjadi lebih tinggi karena gerakan melompatnya. Lakukan selama 10 menit perhari dan lakukan dengan rutin.

8. Basket

Mudah Dilakukan, Ini 8 Olahraga untuk Meninggikan BadanDailynorthwestern.com

Basket adalah salah satu olahraga yang melatih semua otot dan membantu dalam pertumbuhan tinggi badan. Olahraga ini mengintegrasikan lompatan yang membantu dalam pertumbuhan otot dengan meningkatkan ketegangan otot. Olahraga basket juga membantu dalam meningkatkan fokus dan melancarkan suplai darah ke berbagai bagian tubuh.

Latihan peregangan diatas bisa membantu meninggikan badanmu jika dilakukan secara teratur dan secara bertahap akan menambah tinggi badanmu. Kamu juga perlu mengiringinya dengan diet yang tepat, serta nutrisi yang baik. Latihan-latihan ini juga akan meningkatkan kekebalan tubuhmu dan merangsang pertumbuhan tubuh. Dan yang paling penting, jangan lupa lakukan pemanasan  terlebih dahulu, ya. Selamat mencoba!