Keputihan memiliki fungsi yang penting dalam sistem reproduksi wanita. Cairan ini dibuat oleh kelenjar di dalam vagina dan leher rahim yang membawa sel-sel mati dan bakteri. Hal ini menjaga vaginamu tetap bersih dan membantu mencegah infeksi. 

Jangan panik ya, keputihan sangat normal, kok kamu alami. Namun, kadar, bau dan warna (yang bisa berkisar dari yang jernih sampai putih susu) bisa bervariasi. Tergantung pada waktu dalam siklus menstruasimu, Bela. Misalnya, cairan keputihanmu akan lebih banyak saat kamu berovulasi, menyusui, atau terangsang secara seksual. Baunya pun akan berbeda ketika misalnya kamu sedang hamil.

Perubahan pada cairan keputihanmu memang wajar terjadi, namun kamu tetap harus wapada. Terutama jika konsistensi, warna, dan bau sangat berubah dari biasanya. Selain itu, jika kamu merasakan gatal-gatal atau rasa terbakar, itu bisa saja diartikan sebagai tanda bahwa vaginamu infeksi atau kelainan lainnnya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi keputihan yang mudah? Simak di bawah ini ya!

1. Jaga kebersihan vagina.

Mudah! Ini 6 Cara Mengatasi Keputihan yang Bisa DicobaMsutoday.msu.edu

Cucilah area vaginamu dengan sabun lembut dan air hangat secara lembut.

2. Jangan pernah gunakan sabun dengan pewangi, spray kewanitaan dan produk kewanitaan lainnya

Mudah! Ini 6 Cara Mengatasi Keputihan yang Bisa DicobaScroll.in

Hal ini dikarenakan vagina dapat membersihkan dirinya sendiri secara alami. Penggunaan produk kewanitaan dengan kandungan kimia dapat merusak jaringan didalamnya.

3. Gunakan tisu bayi

Mudah! Ini 6 Cara Mengatasi Keputihan yang Bisa DicobaLelong.my

Tisu bayi tidak banyak mengandung bahan kimia yang keras. Bahan ini cocok digunakan untuk membersihkan vaginamu setelah dari toilet. Bersihkan dari bagian depan ke belakang, bukan sebaliknya.

4. Kenakan celana dalam dengan bahan 100% katun dan hindari pakaian yang terlalu ketat

Mudah! Ini 6 Cara Mengatasi Keputihan yang Bisa Dicobapinterest.com

Penggunaan celana dalam dengan bahan ketat dan keras dapat membuat vaginamu lembap dan rawan infeksi. Penggunaan celana dalam berbahan katun dapat membuat aliran udara masuk dan mencegah vaginamu menjadi lembap.

5. Konsumsi yoghurt

Mudah! Ini 6 Cara Mengatasi Keputihan yang Bisa DicobaGlutenfreehomestead.com

Yoghurt mengandung probiotik. Probiotik dapat bermanfaat untuk kesehatan usus dan vaginamu.

6. Rutin mengganti celana dalam

Mudah! Ini 6 Cara Mengatasi Keputihan yang Bisa DicobaCleanipedia.com

Gantilah celana dalam dan pembalutmu secara rutin. Gantilah celana dalammu minimal 2 kali sehari dan pembalutmu 3 kali sehari.

Nah, itu dia penjelasan mengenai penyebab, jenis, dan cara mengatasi keputihan. Bela, hindari kebiasaan yang dapat membuat keputihanmu menjadi tidak normal ya, agar kamu dapat kembali percaya diri dan nyaman beraktivitas. Semoga bermanfaat!