Lemon adalah salah satu jenis buah jeruk yang paling populer dan serbaguna. Rasa dan wanginya yang segar menjadikannya banyak digemari untuk dikonsumsi menjadi minuman maupun sebagai pelengkap bumbu pada masakan. Selain itu, lemon juga kaya akan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan lho.

Lemon kaya akan vitamin C yang sepertiga lebih banyak dari jeruk nipis. Mengonsumsi 100 gram lemon dapat memberikan 88% nilai harian asupan vitamin C yang direkomendasikan untuk tubuhmu. 

Vitamin C bersifat antibakteri dan antivirus sehingga dapat meningkatkan kekebalan. Selain itu, air lemon juga bertindak sebagai agen pencernaan dan detoksifikasi serta membantu membersihkan hati sehingga pencernaanmu menjadi lancar dan sehat. 

Apalagi sih dampak baiknya? Berikut manfaat minum air lemon di pagi hari yang wajib kamu tahu!

1. Meningkatkan sistem imunmu

Bikin Tubuh Makin Sehat, Ini 9 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi Haricapovelvo.com

Manfaat minum air lemon di pagi hari yang pertama adalah dapat melawan masuk angin atau flu. Kok bisa sih? Ternyata, lemon yang  mengandung vitamin C telah terbukti meningkatkan produksi sel darah putih. Sel-sel darah putih itu adalah sel-sel kekebalan yang menjaga serangan bakteri dan virus yang masuk ke tubuh. 

Vitamin C juga dapat menjaga sel-sel kekebalan yang ada lebih sehat dan lebih mampu menghasilkan cukup banyak jenis antibodi yang menempel pada virus dan bakteri untuk menandai mereka untuk selanjutnya dihancurkan.

2. Lemon sangat bagus untuk kerja otak

Bikin Tubuh Makin Sehat, Ini 9 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi HariLakehealthyliving.com

Lemon kaya akan kalium. Kalium berfungsi untuk merangsang fungsi otak dan saraf. Satu lemon mengandung 80 miligram kalium yang juga penting untuk fungsi sel dan otot dasar serta menjaga keseimbangan cairan tubuhmu. Hebat kan manfaat minum air lemon di pagi hari yang satu ini!

3. Air lemon dapat menyeimbangkan pH tubuh

Bikin Tubuh Makin Sehat, Ini 9 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi HariKriscarr.com

Saat ini, banyak orang yang mulai mengurangi keasaman tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman beralkali atau dengan pH basa. Faktanya, jus lemon bersifat asam di luar tubuh. Namun, efeknya bersifat alkali setelah sepenuhnya di metabolisme. Artinya, minum air hangat dari lemon di pagi hari dapat meningkatkan pH tubuhmu. 
Hal itu dapat meningkatkan fungsi dan struktur sel yang sehat dan menciptakan lingkungan yang kurang ramah bagi bakteri dan virus didalam tubuh.

4. Membantu proses penurunan berat badan

Bikin Tubuh Makin Sehat, Ini 9 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi HariQuickanddirtytips.com

Manfaat minum air lemon di pagi hari lainnya adalah bisa membantu melawan rasa lapar jika kamu mengonsumsinya secara utuh. Penelitian menemukan bahwa polifenol dalam jus lemon memiliki kekuatan untuk menekan akumulasi lemak tubuh. Senyawa yang sama dalam lemon juga secara signifikan mengurangi kenaikan berat badan, bahkan jika kamu makan berlebihan.

5. Air lemon membantu proses pencernaan

Bikin Tubuh Makin Sehat, Ini 9 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi HariTheculturetrip.com

Manfaat minum air lemon di pagi hari selanjutnya yaitu membantu mengeluarkan senyawa yang tidak diperlukan oleh tubuh. Hal ini mendorong hati untuk memproduksi empedu yang merupakan asam yang diperlukan untuk pencernaan. Hal ini penting karena menurut penelitian, lebih dari 30% pria dan wanita di atas usia 60 tahun menderita gastritis atrofi, suatu kondisi yang ditandai oleh sedikit atau tidak adanya asam lambung. 

Minum air lemon hangat dapat membantu sistem pencernaanmu bergerak di pagi hari tanpa beban yang berlebih. Plus, pencernaan yang efisien mengurangi mulas dan sembelit. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tentang asam dalam lemon yang bisa saja membuatmu mulas.

6. Air lemon bersifat diuretik

Bikin Tubuh Makin Sehat, Ini 9 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi HariPetermlotzemd.com

Diuretik adalah senyawa yang dapat menambah kecepatan pembentukan urin. Minum air lemon hangat sepanjang hari akan meningkatkan tingkat urinmu dan kamu akan lebih sering buang air kecil. Hal ini bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuhmu dengan lebih cepat. Hasilnya, saluran kemihmu akan tetap sehat.  

Lebih dari itu, asam sitrat dalam lemon bahkan dapat membantu mencegah batu ginjal dengan membuat mengurangi keasaman dalam urin dan memberi tubuhmu sitrat yang dibutuhkan untuk memecah atau membersihkan batu ginjal kecil. 

7. Lemon dapat membuat kulit bersih

Bikin Tubuh Makin Sehat, Ini 9 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi HariIrim.org.my

Kandungan vitamin C dalam lemon membantu mengurangi kerutan dan noda pada kulit. Air lemon membersihkan racun dari darah yang membantu menjaga kulit tetap jernih. Selain meminumnya, air lemon sebenarnya bisa dioleskan langsung ke bekas luka untuk membantu mengurangi bekasnya. Kamu akan mendapatkan kulit yang sehat dan cantik luar dan dalam dengan mengonsumsi air lemon saja!

8. Air lemon bermanfaat untuk kesehatan mulut

Bikin Tubuh Makin Sehat, Ini 9 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi HariEveningstandard.com

Manfaat minum air lemon di pagi hari juga membuat napasmu menjadi lebih segar, tetapi juga bisa membantu meredakan sakit gigi dan radang gusi. Tapi, kamu harus hati-hati ketika ingin menyikat gigi setelah mengonsumsi air lemon hangat di pagi hari. Asam sitrat dalam jus lemon dapat mengikis enamel gigi, jadi kamu harus berhati-hati, ya. 

9. Air lemon bermanfaat untuk kerja hati

Bikin Tubuh Makin Sehat, Ini 9 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi HariTimesofindia.indiatimes.com

Manfaat minum air lemon di pagi hari yang terakhir adalah membantu hati melakukan pekerjaannya lebih baik untuk menyaring racun keluar dari tubuhmu. Flavonoid dalam lemon dapat melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh racun serta mengurangi lemak di hati.