Memiliki wajah yang sehat dan mulus pastinya jadi impian banyak perempuan. Tapi sayangnya bagaimana jika ternyata kamu harus berhadapan dengan bruntusan nakal di wajahmu? Hal ini pastinya sangat merepotkan. Selain membuat tampilan wajahmu terlihat kasar, makeup-mu pun jadi terlihat tidak maksimal karena adanya bruntusan ini. Lalu, bagaimana ya acara menghilangkan bruntusan yang tepat? Simak di bawah ini, ya!

1. Oatmeal

6 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mengatasi Bruntusan Medicalnewstoday.com

Nah, bahan yang satu ini terbukti ampuh untuk mengusir bruntusan. Caranya juga mudah. Campurkan 1sdm oatmeal dengan 2sdm air. Aduk sampai  bertekstur agak creamy, lalu  aplikasikan pada wajah yang bruntusan. Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini selama 3 kali seminggu, ya!

2. Kayu manis

6 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mengatasi Bruntusan Healthline.com

Bahan ini pastinya dapat kamu temukan dengan mudah di dapur. Kayu manis adalah bahan alami yang ampuh mengusir bruntusan. Bahan aktif di dalamnya dapat mengatasi ruam hingga bruntusan pada wajah. Caranya, campurkan 1sdm air lemon denngan 1 sdm bubuk kayu manis. Aduk sampai rata dan sapukan pada wajah selama 10-20 menit hingga kering, lalu bilas dengan air bersih. Ingin hasil yang maksimal? Lakukan perawatan ini sebanyak 1-3 kali seminggu.

3. Lemon

6 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mengatasi Bruntusan ellensimone.com

Kandungan dalam lemon berfungsi sebagai antiseptik dan anti-peradangan sehingga bisa meredakan gatal dan peradarangan para bruntusanmu. Cara menggunakannya mudah. Iris tipis lemon dengan pisau bersih lalu tempelkan pada wajah yang bruntusan. Diamkan selama 10-20 menit dan bilas dengan air bersih. Kamu mungkin akan merasakan sensasi perih dan gatal, tapi nggak perlu panik, karena itu merupakan hal yang normal. 

4. Lidah buaya

6 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mengatasi Bruntusan organicfacts.net

Ini dia tumbuhan sejuta manfaat, lidah buaya! Dengan penggunaaan bahan ini, kamu bisa mengatasi bruntusanmu yang mengganggu. Hal ini karena lidah buaya mengandung vitamin E yang berfungsi untuk meredakan iritasi. Caranya, haluskan gel lidah buaya hingga bertekstur cair. Sapukan gel lidah buaya pada wajahmu dan tunggu sekitar 15-30 menit. Jika sudah mengering, bilas dengan air bersih. Mudah, kan?

5. Minyak cengkeh

6 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mengatasi Bruntusan Leaf.tv

Kamu bisa mengatasi bruntusan dengan menggunakan minyak esensial. Salah satu minyak esensial yang bisa kamu gunakan adalah minyak cengkeh. Hal ini karena minyak cengkeh mengandung eugenol yang bisa mengatasi iritasi, peradangan, dan gatal pada kulit. Caranya, oleskan minyak cengkeh pada kulitmu sebelum tidur. Lakukan ini sebanyak 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal. 

6. Putih telur

6 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mengatasi Bruntusan 

Kamu pastinya tahu dong kalau putih telur memiliki manfaat yang besar untuk kecantikan kulitmu. Ya, putih telur bisa membuat kulitmu lebih kencang, menyingkirkan komedo yang bersarang pada kulitmu dan pastinya mengatasi bruntusan membandel. Caranya, kocok putih telur sampai berbusa. Sapukan putih telur ini pada kulit wajahmu dan diamkan sampai mengering. Jika sudah, bilas dengan air bersih.

Nah, itu dia 6 bahan alami yang dapat mengatasi bruntusan yang membandel pada kulit wajah. Kamu mau coba bahan yang mana dulu, nih?