Apa kamu pernah merasakan mulutmu menjadi bau? Entah itu ketika kamu baru bangun tidur maupun setelah mengonsumsi makanan dengan bau menyengat. Setiap orang pasti pernah mengalami bau mulut, kok. Tapi bagaimana ya jika kamu bau mulut ini sampai mengganggu aktivitas sehari-harimu? Pastinya kamu jadi sangat terganggu dan kehilangan rasa percaya diri. Apalagi, jika orang-orang di dekatmu ikut menciumnya. Hmm, gawat!

Tenang, ada banyak cara kok untuk menghilangkan bau mulutmu. Yuk, ikuti cara-caranya di bawah ini!

1. Lebih sering menggosok gigi dan lakukan flossing

Bukan Cuma dengan Berkumur, Ini 10 Cara Mengatasi Bau MulutGrovesdentalcare.com

Plak yang menumpuk pada gigimu dapat mengumpulkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Makanan yang terperangkap di sela-sela gigi juga menambah masalah pada mulutmu. Oleh karenanya, cara mengatasi bau mulut yang bisa kamu lakukan adalah sikat gigi minimal dua kali setiap hari, dan lakukan flossing setidaknya 1 kali dalam sehari. Jika kamu memiliki masalah bau mulut, lebih seringlah menyikat gigimu sehabis makan dan lakukan flossing. Namun, jangan terlalu berlebihan agar email pada gigimu tidak rusak. 

2. Gunakan obat kumur

Bukan Cuma dengan Berkumur, Ini 10 Cara Mengatasi Bau MulutAnninhthudo.vn

Selain menyegarkan napas, cara mengatasi bau mulut dengan obat kumur juga menambah perlindungan ekstra dengan menyingkirkan bakteri. Rasa minty yang segar bisa membuatmu merasa lebih segar. Tapi, pastikan obat kumur yang kamu pilih membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut ya, jangan hanya menutupi bau saja. 

3. Sikat lidahmu

Bukan Cuma dengan Berkumur, Ini 10 Cara Mengatasi Bau MulutMyorthodontists.info

Lapisan putih yang biasanya terbentuk di lidahmu bisa menjadi sarang bakteri yang menyebabkan bau. Untuk menghilangkannya, gosok lidahmu dengan lembut menggunakan sikat gigi. Jika sikat Anda terlalu besar untuk mencapai bagian belakang lidah Anda dengan nyaman, cobalah scraper. Dengan scraper, kotoran dan kulit mati yang menempel pada lidahmu dapat terangkat dengan bersih. Mudah kan cara mengatasi bau mulut yang satu ini?

4. Hindari makanan yang menyebabkan bau mulut

Bukan Cuma dengan Berkumur, Ini 10 Cara Mengatasi Bau Mulut3thanwong.com

Cara mengatasi bau mulut lainnya adalah menghindari konsumsi aneka bawang seperti bawang merah dan bawang. Menyikat gigi setelah mengonsumsinya tidak akan cukup. Hal ini karena zat-zat yang menyebabkan bau masuk ke aliran darahmu dan masuk lebih jauh ke paru-paru, tempat kamu menghirupnya. Cara terbaik  adalah jangan memakannya atau setidaknya hindari memakannya sebelum pergi beraktivitas. 

5. Berhenti merokok

Bukan Cuma dengan Berkumur, Ini 10 Cara Mengatasi Bau Mulutsaga.com

Selain menyebabkan kanker, merokok juga dapat merusak gusi, gigi, dan membuatmu bau mulut, lho. Jadi, pastikan untuk melakukan cara mengatasi bau mulut yang satu ini ya.

6. Kunyah permen karet bebas gula

Bukan Cuma dengan Berkumur, Ini 10 Cara Mengatasi Bau MulutNewscientist.com

Cara mengatasi bau mulut selanjutnya, cobalah mengunyah permen karet rendah atau bebas gula setelah makan. Jangan mengonsumsi permen dengan kandungan mint namun tinggi gula. Bakteri di mulutmu menyukai gula, mereka menggunakannya untuk membuat asam. Asam dapat merusak gigimu dan menyebabkan bau mulut. 

7. Pastikan mulutmu tidak kering

Bukan Cuma dengan Berkumur, Ini 10 Cara Mengatasi Bau MulutSkinnyms.com

Gigimu bisa rusak dan menyebabkan bau mulut jika kamu tidak cukup banyak memproduksi air liur. Jika mulutmu kering, minumlah banyak air di siang hari. Kamu juga bisa mengunyah permen karet tanpa gula untuk memproduksi air liur yang cukup.

8. Ganti sikat gigimu secara rutin

Bukan Cuma dengan Berkumur, Ini 10 Cara Mengatasi Bau MulutNearsay.com

Sikat gigi juga bisa menjadi tempat menumpuknya bakteri, lho. Jika sikat gigimu telah usang, itu juga bisa melukai gigimu dan menyebarkan bakteri didalam gusi. Kalau sudah begini, bau mulut pun bisa terjadi.

9. Kunyah lemon

Bukan Cuma dengan Berkumur, Ini 10 Cara Mengatasi Bau MulutPexels.com

Kunyah sepotong lemon atau jeruk untuk rasa yang menyegarkan. Asam sitrat akan merangsang kelenjar air liur dan menjadi cara mengatasi bau mulut yang cukup ampuh.

10. Kunyah segenggam cengkeh, biji adas, atau adas manis

Bukan Cuma dengan Berkumur, Ini 10 Cara Mengatasi Bau MulutTheexchange.com

Kualitas antiseptik yang terkandung di dalamya dapat membantu melawan bakteri penyebab halitosis. Ini menjadi cara mengatasi bau mulut yang cukup mudah.

Dengan melakukan cara-cara di atas, dijamin kamu bisa terbebas dari bau mulut yang mengganggu. Selamat mencoba!