Kamu ingin mencoba tampil feminin dalam pesta dengan mengenakan gaun sleeveles atau tube yang menampilakan bahu dan lenganmu namun terkendala ketiak yang hitam? Pastinya sedih, ya Bela. Kamu pun jadi takut jika mengangkat tanganmu tinggi-tinggi di kendaraan umum karena ketiak hitammu. 

Penyebab ketiakmu menjadi hitam bisa bermacam-macam. Mulai dari iritasi ketika mencukur, penumpukan sel kulit mati, menggunakan pakaian yang terlalu ketat, sampai hiperpigmentasi pada kulit ketiakmu. 

Nah, setelah mengetahui penyebabnya, lalu bagaimana cara mencerahkannya dengan cepat dan mudah? Berikut cara mencerahkan ketiak hitam secara alami yang bisa kamu ikuti!

1. Kentang

Tampil Pede, Ini 7 Cara Mencerahkan Ketiak Hitampexels.com/ Pixabay

Tahukah kamu? kentang memiliki sifat memutihkan yang alami, lho! Oleh karena itu ini bisa jadi cara mencerahkan ketiak hitam. Caranya, ambil kentang yang sudah diiris tipis dan pijat pada bagian ketiakmu selama 5-7 menit. Jika sudah, bilas dengan air dan ulangi 2-3 kali seminggu.

2. Lemon dan baking soda

Tampil Pede, Ini 7 Cara Mencerahkan Ketiak HitamPexels.com

Cara mencerahkan ketiak hitam lainnya adalah dengan menggunakan lemon dan baking soda. Lemon adalah bahan pembersih wajah yang sangat bagus. Dengan mencampurkannya bersama baking soda, kamu dapat membuat masker yang bagus untuk menyingkirkan ketiak hitammu. 

Caranya, campurkan sedikit baking soda dan perasan jeruk lemon. Oleskan pada area ketiakmu dan biarkan selama 2-3 menit. Jika sudah, bila dengan air bersih. Lakukan ini 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

3. Scrub gula dan minyak kelapa

Tampil Pede, Ini 7 Cara Mencerahkan Ketiak HitamDrbronner.com

Penumpukan sel kulit mati dapat menyebabkan area kulitmu tampak gelap. Nah, untuk mengatasinya coba Cara mencerahkan ketiak hitam dengan scrub dari gula dan minyak kelapa menghilangkan kulit mati di area ketiakmu. Caranya, campurkan 1 sendok teh gula dengan sedikit minyak kelapa dan oleskan di area ketiakmu. Gosok selama beberapa saat dan bersihkan.

4. Minyak kelapa

Tampil Pede, Ini 7 Cara Mencerahkan Ketiak HitamDailynexus.com

Menjaga agar kulit ketiakmu tetap lembap sangat penting ketika kamu mencoba menyingkirkan bercak hitam di sekitarnya. Minyak kelapa adalah pelembab alami yang sangat bagus karena mengandung vitamin E yang dapat membantu mencerahkan area gelap di ketiakmu. Oleskan minyak kelapa di area ketikmu selaman 15 menit. Kemudian, bilas dengan air sampai bersih. Mudah kan cara mencerahkan ketiak hitam yang satu ini?

5. Waxing

Tampil Pede, Ini 7 Cara Mencerahkan Ketiak HitamGroupon.com

Waxing menghilangkan semua rambut dari akar dan menarik kulit mati. Cobalah melakukan waxing untuk mendapatkan hasil ketiak yang lebih cerah.

6. Tea tree oil

Tampil Pede, Ini 7 Cara Mencerahkan Ketiak HitamAsaorganics.com.ng

Campurkan 5 tetes minyak pohon teh dengan 8 ons air dalam botol semprotan kecil. Semprotkan ini pada ketiakmu dan biarkan mengering secara alami. Gunakan ini setiap hari setelah mandi.

7. Mentimun

Tampil Pede, Ini 7 Cara Mencerahkan Ketiak HitamMillennialshow.com

Selain dapat dikonsumsi, mentimun juga bermanfaat untuk mencerahkan ketiakmu, lho. Caranya, iris tipis mentimun lalu tempelkan pada area ketiakmu. Diamkan selama 10 menis dan bilas dengan air dingin. 

Itu dia cara mencerahkan ketiak hitam secara alami. Kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan di atas dan menggunakannya di rumah. Dengan mencobanya secara rutin, ketiakmu akan lebih cerah, lho. Selamat mencoba!

Baca Juga: Nggak Pede Gara-gara Ketiak Hitam? Coba 10 Cara Alami Ini